Banyak pelajar internasional memulai perkuliahan di Australia bulan ini dan salah satu hal yang dapat menyulitkan adalah membiasakan diri dengan cara penggunaan Bahasa Inggris di Australia. Ikuti penjelasan berikut ini untuk memahami sejumlah kata-kata dan frasa yang umum digunakan di universitas di Australia.

Sebelum mahasiswa baru di Australia memulai perkuliahan mereka di universitas, mereka akan menjalani event 'O-week" yang merupakan singkatan dari 'pekan orientasi' atau 'Orientation Week'.

BACA JUGA: Anggota Parlemen Victoria Kembalikan Dana Tunjangan Tempat Tinggal Rp410 Juta

Ini merupakan waktu untuk menjejaki kehidupan sebagai mahasiswa dan bertemu teman-teman baru.

Sebagai mahasiswa internasional, anda bisa jadi akan menghabiskan banyak waktu di 'campus'. Kata 'Campus' merujuk kepada bangunan-bangunan dan ruang yang membentuk sebuah universitas.

BACA JUGA: Lompat dari Kapal Ingin Minta Suaka, Tiga Pelaut Pakistan Dideportasi

Jadi anda akan bertemu 'at the university' (di universitas)  atau 'on campus' (di kampus).

Sebagai pelajar internasional di Australia, anda akan menemukan sejumlah Bahasa Inggris Australia atau Bahasa gaul. Berikut adalah 10 ungkapan yang kemungkinan akan sering anda dengar digunakan di kampus:

BACA JUGA: Serba-serbi Legalisasi Ganja Obat di Australia

1. Flat out

Jika anda mengatakan anda tengah 'flat out', itu artinya anda sedang sangat sibuk.

“This is my first week at uni. I’m flat out. I’ll have to meet you another time.” (Ini merupakan minggu pertama di universitas. Saya amat sibuk. Saya harus bertemu anda lain waktu.) 2. I'm knackered

Anda mungkin akan mendengar seseorang mengatakan mereka 'knackered' itu dapat berarti mereka sangat lelah.

""I have had a massive day at uni, I'm completely knackered." (Hari saya di perkuliahan sangat sibu, saya benar-benar lelah)

Anda bisa juga mendengar orang mengatakan mereka sedang ‘broken’. Ungkapan ini bukan berarti mereka terbelah menjadi dua, tapi mereka sedang membicarakan tentang ‘sangat kelelahan’.3. Far out

Jika seseorang mengatakan 'far out', itu artinya mereka sangat terkejut.

"Far out! I left my phone at home and I only realised it when I got to uni." (Ya ampun! Ponsel saya tertinggal di rumah dan saya baru menyadarinya ketika tiba di kampus) Connie Li dan Seong-hun Kim di Hari Pasar di University of Queensland yang digelar selama pekan orientasi atau 'O-week."

612 ABC Brisbane: Blythe Moore 4. Right

Jika anda sedang terlibat percakapan bersama seseorang dan orang yang anda ajak berbicara terus mengatakan 'right', ini artinya mereka ingin anda tahu kalau mereka mendengarkan anda atau memahami apa yang anda sedang katakan.

"Student: I forgot to do the assignment so I didn’t bring it."(Mahasiswa: “Saya lupa mengerjakan tugas, sehingga saya tidak membawanya.)”

"Lecturer: Right. Bring it in tomorrow." (Dosen: Baiklah, bawa tugas itu besok.)

Jadi dosen tidak mengatakan 'anda benar' sebagaimana ungkapan ‘you are correct’. Tapi dosen tersebut hanya mengatakan 'OK, saya mendengarkan anda, terima kasih telah memberitahu saya."5. An all-nighter

Anda mungkin akan mendapati diri anda sibuk melakukan kegiatan ‘all-nighter’ di kampus secara teratur. Ini artinya anda terjaga hingga malam atau begadang untuk menyelesaikan tugas atau belajar untuk ujian.

"I can’t come to the party tonight, I forgot to do my assignment today so I’m chucking an all-nighter. My lecturer wants it by tomorrow." (Saya tidak datang ke pesta malam ini, saya lupa melakukan tugas saya hari ini jadi saya sibuk begadang. Dosen saya ingin tugas itu dikumpulkan besok.”) 6. Reckon

'Reckon' adalah kata kerja yang dapat merujuk pada sikap memikirkan atau meyakini sesuatu yang mungkin.

"I reckon we can finish this project by the end of week." (Saya pikir kita bisa menyelesaikan tugas ini pada akhir pekan.”) Connie Li dan Seong-hun Kim di Hari Pasar di University of Queensland yang digelar selama pekan orientasi atau 'O-week."

612 ABC Brisbane: Blythe Moore 7. Muck around

Jika seseorang dikatakan ‘mucking around’, itu artinya mereka sedang bercanda.

"Don't take them too seriously. They were just mucking around during the fair at uni." (Jangan tanggapi mereka terlalu serius, mereka hanya bercanda selama pameran di kampus) 8. Whinge

''Whinge' dapat merujuk pada mengeluh mengenai sesuatu, anda bisa 'have a whinge' mengenai sesuatu atau anda bisa 'whinge on about' mengenai sesuatu.

"I'll be alright. I'm just having a whinge. Don't mind me." (“Saya akan baik-baik saja, saya hanya mengeluh. Tidak usah pikirkan saya.”)

"They were whinging on about how far they had to travel to get to uni." (“Mereka mengeluhkan tentang bagaimana mereka harus bepergian menuju kampus.”) 9. Shout

Anda bisa 'shout' teman anda makan siang dan itu artinya anda menawarkan membayar makanan atau minuman mereka. Tidak berarti seseorang itu meneriaki anda. 'Shout' dapat digunakan sebagai kata kerja atau kata benda.

"Thanks for paying today. I will shout you lunch another time." (‘Terima kasih sudah membayarkan saya hari ini. Saya akan mentraktir anda makan siang lain waktu).

"A: Ok let’s go to the counter to pay for our meals." (A. Baiklah mari ke kasir untuk membayar makanan kita.”)

"B: No no don’t worry. It’s my shout!" (B: “Jangan khawatir, Saya traktir!”) International students at an Australian university.

612 ABC Brisbane: Blythe Moore 10. Good on ya

Ketika seseorang mengatakan 'good on ya', itu artinya 'well done' atau 'hebat!."

"You survived the first week of uni, good on ya!" (“Anda berhasil bertahan di pekan pertama di kampus. Hebat. Selamat!”)

Simak pelajaran dan tips mengenai percakapan sehari-hari dalam Bahasa Inggris dengan bergabung di Learn English Facebook page.

Lihat Artikelnya di Australia Plus

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pengalaman Keliling Australia 18 Bulan dengan Karavan

Berita Terkait