11 Manfaat Ubi Jalar, Ampuh Atasi Penyakit Kronis Ini

Senin, 13 Februari 2023 – 07:13 WIB
Ubi jalar. Foto: Hellosehat

jpnn.com, JAKARTA - UBI jalar merupakan salah satu makanan sehat yang bisa diolah dalam berbagai hidangan.

Anda biasanya mengonsumsi ubi jalar dalam bentuk hidangan kolak, dan gorengan.

BACA JUGA: Manfaat Dahsyat Ubi Jalar, Cocok untuk Penderita Diabetes dan Obesitas

Ubi jalar, meskipun penampilannya mirip dengan ubi atau kentang biasa, termasuk keluarga makanan yang sama sekali berbeda.

Jadi ketika Anda memilih ubi jalar sebagai sayuran akar diet, kamu mendapatkan jenis kentang yang benar-benar unik yang secara nutrisi berbeda dari jenis lainnya.

BACA JUGA: 12 Manfaat Jeruk yang Tidak Terduga, Baik untuk Penderita Penyakit Kronis Ini

Kulit dan daging ubi jalar yang terdiri dari 400 varietas aneh, mungkin hampir putih, krem, kuning, jingga, merah muda, atau ungu tua, meskipun daging putih atau krem ??dan kuning-oranye adalah yang paling umum.

Namun, jangan pernah Anda anggap remeh manfaat ubi jalar ini.

BACA JUGA: 6 Khasiat Ubi Jalar Ungu, Bikin Penyakit Kronis Ini Ambrol

Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Curejoy.com.

1. Makanan Diabetes

Manis alami, akar berserat ini telah lama dianggap sebagai makanan untuk penderita penyakit kronis diabetes yang cocok karena gula alami mereka perlahan-lahan dilepaskan ke dalam aliran darah, memastikan sumber energi yang seimbang dan teratur, mengatur gula darah, dan membantu menstabilkan dan menurunkan resistensi insulin.

2. Pencernaan yang Sehat

Ubi jalar kaya akan serat makanan, yang membantu mempromosikan saluran pencernaan yang sehat, meningkatkan sebagian besar tinja, memudahkan pembuangan limbah beracun, menghilangkan sembelit, dan juga membantu mencegah kanker usus besar.

3. Melawan Emfisema

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang merokok atau terpapar asap rokok menjadi korban kekurangan vitamin A.

Ubi jalar mengandung karotenoid-beta karoten yang diubah tubuh menjadi vitamin A, penting untuk kesehatan sistem pernapasan.

4. Sistem Kekebalan Tubuh

Ubi jalar adalah sumber vitamin D yang kuat, vitamin dan hormon yang penting untuk tingkat energi, suasana hati, dan potensi tubuh kita untuk membangun tulang, jantung, saraf, kulit, dan gigi yang sehat, serta mendukung fungsi kelenjar tiroid.

5. Perawatan Kardio

Kandungan kalium yang vital dalam ubi jalar meniadakan dampak natrium dan membantu menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit yang optimal dalam sel-sel tubuh, yang diperlukan untuk tekanan darah yang sehat dan fungsi jantung secara keseluruhan.

Juga vitamin B6 membantu mengurangi homocysteine kimia, terkait dengan penyakit degeneratif, termasuk serangan jantung dan stroke.

6. Kesehatan Otot dan Jaringan

Kalium adalah salah satu elektrolit terpenting yang membantu mengatur detak jantung dan sinyal saraf, memberikan energi instan, melemaskan kontraksi otot, mengurangi pembengkakan dan kram, serta melindungi dan mengontrol aktivitas ginjal.

7. Antioksidan

Ubi jalar mengandung karotenoid tinggi seperti beta karoten sehingga cocok dalam memerangi masalah peradangan seperti asma, radang sendi, asam urat menangkal kanker paru-paru, payudara dan melindungi dari efek penuaan.

8. Perkembangan Janin

Ubi jalar adalah sumber yang kaya folat yang diperlukan untuk perkembangan sel dan jaringan janin yang sehat dan untuk mencegah kelainan bawaan seperti spina bifida (kerusakan tulang belakang) dan cacat tabung saraf.

9. Anti Stres

Ubi jalar mengisi kembali simpanan potasium kita, yang terkuras oleh serangan stres, membantu menormalkan detak jantung, meningkatkan aliran oksigen ke otak, dan mengatur keseimbangan air tubuh.

Ubi jalar mengandung magnesium mineral relaksasi dan anti stres, yang diperlukan untuk kesehatan arteri, darah, tulang, jantung, otot, dan fungsi saraf.

10.Vitamin C

Ubi jalar kaya akan vitamin C, yang tidak hanya menangkal virus pilek dan flu biasa, tetapi sangat penting dalam pembentukan tulang dan gigi, pencernaan, pembentukan sel darah, penyembuhan luka, melindungi dari racun penyebab kanker, produksi kolagen, kunci elastisitas kulit , dan sangat penting untuk membantu kita mengatasi stres.

11. Melawan Anemia

Ubi jalar adalah sumber yang kaya akan zat besi mineral ajaib yang tidak hanya menyediakan energi yang cukup, tetapi juga memainkan peran penting dalam produksi sel darah merah dan putih, meningkatkan ketahanan terhadap stres, fungsi kekebalan tubuh yang baik, metabolisme protein, dan mencegah timbulnya penyakit anemia yang melemahkan.(fny /jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany Elisa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler