12 Manfaat Jeruk yang Tidak Terduga, Baik untuk Penderita Penyakit Kronis Ini

Sabtu, 11 Februari 2023 – 02:10 WIB
Ilustrasi jeruk. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - APAKAH Anda suka mengonsumsi buah jeruk? Jeruk termasuk keluarga citrus.

Buah citrus sinensis dianggap jeruk manis, sedangkan buah citrus aurantium dianggap jeruk pahit.

BACA JUGA: Anda Suka Makan Jeruk, Ini 4 Manfaatnya untuk Tubuh yang Tidak Terduga

Jeruk adalah hibrida, kemungkinan antara jeruk bali (Citrus maxima) dan mandarin (Citrus reticulata), yang telah dibudidayakan sejak zaman kuno.

Varietas manis yang populer termasuk Valencia, Navel, varietas Persia, dan jeruk darah.

BACA JUGA: 12 Manfaat Kacang Almond, Bikin Penyakit Kronis Ini Tidak Berdaya

Jeruk pahit (Citrus aurantium) sering digunakan untuk membuat selai atau selai jeruk, dan kulitnya berfungsi sebagai penyedap minuman keras seperti Grand Marnier dan Cointreau.

Namun, buah jeruk manis tentu saja telah lama terkenal akan manfaat sehatnya yang luar biasa.

BACA JUGA: 7 Manfaat Brokoli, Bantu Lawan Penyakit Kronis Ini

Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Curejoy.com.

1. Antikanker

Jeruk memiliki campuran kuat antioksidan super seperti vitamin A (karotenoid) dan C dan limonoid jeruk yang menghambat dan mencegah radikal bebas, menghancurkan sel-sel tubuh, menangkal penyakit kronis kanker perut, mulut, laring, usus besar, kulit, paru-paru, payudara, dan hati .

2. Membantu Metabolisme

Jeruk mengandung senyawa yang merangsang proses metabolisme Anda, membantu membakar lemak, serta menstabilkan kadar gula darah dan insulin tubuh.

3. Penambah Kekebalan Tubuh

Studi menunjukkan bahwa kelimpahan polifenol dalam buah jeruk, termasuk jeruk, melindungi terhadap infeksi virus dan gejala seperti flu biasa.

4. Tingkat Gula Darah yang Sehat

Serat sehat dalam jeruk mencegah penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah, menghindari lonjakan gula darah yang menyebabkan masalah besar bagi penderita penyakit kronis diabetes.

5. Kesehatan Jantung

Kalium dalam jeruk, mineral elektrolit yang bertanggung jawab untuk fungsi jantung yang sehat, kekurangannya berkontribusi terhadap berbagai komplikasi kardiovaskular termasuk aritmia yang fatal, kondisi irama jantung yang tidak normal.

6. Penglihatan yang Jelas

Susunan yang kaya dan jumlah senyawa karotenoid dalam jeruk diubah menjadi vitamin A oleh sel-sel tubuh.

Vitamin A adalah komponen vital untuk kesehatan mata dan mencegah degenerasi otot mata dan kondisi seperti degenerasi makula terkait usia.

7. Membantu Sistem Pencernaan

Jeruk menawarkan serat yang menyeimbangkan metabolisme Anda, menenangkan saluran pencernaan, membantu kelancaran pembuangan limbah dari usus besar, dan merangsang cairan pencernaan untuk meredakan sembelit.

8. Menstabilkan Tekanan Darah

Banyak potasium, magnesium dan flavonoid hesperidin, hadir dalam jeruk, membantu mengatur tekanan darah tinggi, hipertensi, penyakit jantung dan stroke.

9. Kesehatan Tulang

Kalium berperan penting dalam menjaga kepadatan tulang dan mencegah timbulnya penyakit tulang seperti osteoporosis dan athritis.

10. Antiinflamasi

Studi menempatkan sifat antiinflamasi jeruk pada bahan kimia yang disebut hesperidin, membantu mencegah penyakit jantung, kanker, radang sendi, dan kondisi fatal lainnya.

11. Membantu Fungsi Ginjal

Minum jus jeruk secara teratur mencegah penyakit ginjal dan mengurangi kemungkinan pembentukan batu ginjal.

12. Antioksidan

Jeruk mengandung antioksidan vitamin C tingkat tinggi yang dikenal mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah stres oksidatif pada sel tubuh serta bisa membantu mencegah penyakit jantung dan penuaan dini dengan menetralkan radikal bebas.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany Elisa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler