12 Manfaat Kacang Almond, Bikin Penyakit Kronis Ini Tidak Berdaya

Senin, 06 Februari 2023 – 04:13 WIB
Kacang Almond. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - APAKAH Anda suka mengonsumsi kacang? Kacang merupakan salah satu makanan sehat yang bisa Anda konsumsi.

Berbagai kacang sehat dan lezat tersedia untuk Anda, mulai dari kacang almond, kacang kenari, kacang tanah, dan lainnya.

BACA JUGA: 4 Manfaat Kacang Almond yang Luar Biasa

Lezatnya luar biasa, kacang almond telah lama dipuja sebagai lambang kesehatan dan kesehatan.

Kacang adalah salah satu sumber terkaya nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan yang penting untuk kesehatan optimal.

BACA JUGA: 8 Manfaat Jambu Biji, Hempaskan Penyakit Kronis Ini

Dalam beberapa tahun terakhir, ini dibudidayakan di banyak wilayah di dunia sebagai tanaman komersial yang penting.

Pelajari apa kekuatan penyembuhan dari proses kacang yang sederhana ini, seperti dikutip laman Curejoy.com.

BACA JUGA: 3 Resep Masker dari Kacang Almond Ini Patut Dicoba

1. Menurunkan Kolesterol

Almond meningkatkan kadar vitamin E, dalam plasma dan sel darah merah, yang merupakan antioksidan kuat yang melindungi sel Anda dari kerusakan dan mencegah oksidasi kolesterol yang menyumbat arteri.

2. Memiliki Sifat Antiinflamasi

Almond memiliki dua asam lemak yang sangat penting, baik asam linoleat dan linolenat yang mengurangi peradangan di seluruh tubuh dan juga membantu mengurangi kadar kolesterol "jahat" (kolesterol LDL) sekaligus meningkatkan kolesterol "baik" (HDL).

3. Memiliki Kualitas Antikanker

Kandungan serat almond yang tinggi meningkatkan pergerakan makanan melalui usus besar, membersihkan saluran pencernaan, sehingga mencegah penumpukan yang mengakibatkan timbulnya penyakit kronis kanker usus besar.

4. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Almond dengan komponen nonfat (protein dan serat), potasium, dan asam lemak tak jenuh tunggalnya, meningkatkan kadar lipid darah dan mengurangi dampak protein C-reaktif.

Flavonoid, dalam kulit almond, bekerja bersinergi dengan antioksidan vitamin E untuk melindungi dinding arteri dari kerusakan, sementara magnesium membantu aliran darah dan oksigen, membantu menghindari serangan jantung.

Asam folat membantu mengurangi kadar homocysteine, yang menyebabkan penumpukan plak lemak di arteri.

5. Memperkuat Tulang dan Gigi

Almond adalah sumber yang luar biasa dari banyak vitamin dan mineral, dengan fosfor memiliki dampak yang cukup besar pada kekuatan dan daya tahan tulang dan gigi, sekaligus mencegah timbulnya kondisi yang berkaitan dengan usia seperti osteoporosis.

6. Membantu Menurunkan Berat Badan

Lemak tak jenuh tunggal yang terkandung dalam almond meningkatkan kadar hormon cholecystokinin, yang dikaitkan dengan rasa kenyang yang memuaskan.

Serat makanan dalam almond berkontribusi pada pergerakan usus yang konsisten, yang membantu penurunan berat badan dan kesehatan tubuh secara umum melalui pembuangan racun.

7. Meningkatkan Fungsi Otak

Almond mengandung dua nutrisi otak yang penting, riboflavin dan L-carnitine, yang telah terbukti meningkatkan aktivitas otak, menghasilkan jalur saraf baru dan mengurangi terjadinya penyakit Alzheimer.

Almond juga mengandung fenilalanin, bahan kimia penguat otak yang membantu perkembangan fungsi kognitif kita yang sehat.

8. Memperkuat Imunitas

Almond adalah sumber yang bagus untuk bahan alkalin, yang dikenal untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, serta meningkatkan kemampuan untuk mencegah penyakit dan berbagai gangguan kesehatan.

Kandungan Vitamin E yang tinggi pada almond berkontribusi dalam memerangi dan menghilangkan radikal bebas dari sel-sel tubuh.

9. Mengobati Penyakit Alzheimer

Almond telah lama diketahui memiliki efek positif pada aktivitas saraf, merangsang jalur dan koneksi saraf baru, mencegah gangguan neoro-degeneratif seperti penyakit Alzheimer dan Parkinson.

10. Mengatur Kadar Gula Darah

Almond membantu memperlancar proses penyerapan dan pengolahan glukosa.

Almond juga membantu memodulasi kenaikan reaksioner dalam kadar glukosa dan insulin setelah makan, menawarkan perlindungan dari lonjakan gula darah berbahaya yang sering diderita penderita diabetes.

11. Memelihara Kulit

Minyak almond digunakan sebagai emolien yang melindungi kulit dari kekeringan dan penyakit terkait kulit lainnya.

Minyak almond adalah salah satu minyak yang paling dihormati dalam terapi aromaterapi.

12. Mengatasi Hipertensi

Kandungan potasium almond yang tinggi ditambah dengan kandungan sodium yang rendah membantu mengontrol tekanan darah yang fluktuatif.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany Elisa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler