12 Manfaat Wortel, Ampuh Melawan Penyakit Ini

Senin, 06 Februari 2023 – 04:37 WIB
Wortel. Foto: Ilustrasi

jpnn.com, JAKARTA - WORTEL merupakan sayuran dengan warna oranye yang cukup menarik perhatian.

Wortel sering dikonsumsi dalam berbagai hidangan, baik itu gurih dan manis.

BACA JUGA: 7 Manfaat Jus Wortel, Nomor 4 Ajaib Banget

Salah satu manfaat wortel yang populer adalah ampuh menjaga kesehatan mata Anda.

Hal ini karena wortel vitamin A, vitamin C, zat besi, protein, kalsium, vitamin D, dan lainnya.

BACA JUGA: 5 Manfaat Bawang Putih, Penyakit Ganas Ini Langsung Ambyar

Wortel mungkin paling dikenal karena pasokan nutrisi antioksidannya yang kaya, beta-karoten, yang sebenarnya dinamai menurut namanya.

Namun, umbi-umbian yang lezat ini tidak hanya menjadi sumber beta-karoten, tetapi juga berbagai macam antioksidan dan nutrisi penunjang kesehatan lainnya.

BACA JUGA: 10 Khasiat Yoghurt, Cegah Serangan Penyakit Kronis Ini

Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Curejoy.com.

1. Asidosis

Unsur alkalin organik vital dalam wortel memurnikan dan merevitalisasi darah membantu menyeimbangkan rasio asam basa dan gula darah secara keseluruhan.

2. Melawan Anemia

Struktur molekul wortel sangat mirip dengan molekul hemoglobin Anda sehingga membuatnya efektif untuk memproduksi dan mempertahankan tingkat yang sehat dari unsur vital ini dalam darah Anda.

3. Antipenuaan

Vitamin C membantu produksi kolagen, sejenis protein penting untuk menjaga elastisitas dan kekenyalan kulit, serta mencegah keriput dan pigmentasi.

Antioksidan beta karoten (diubah menjadi Vitamin A oleh tubuh Anda) menyerang radikal bebas untuk membalikkan atau menunda tanda-tanda penuaan.

4. Antiseptik

Wortel memiliki kualitas antiseptik yang sangat baik dan karenanya digunakan sebagai obat pencahar, vermisida dan sebagai obat untuk kondisi hati.

5. Mencegah Aterosklerosis

Kalium dalam wortel merupakan vasodilator yang melemaskan pembuluh darah dan arteri, meningkatkan aliran darah, sirkulasi, fungsi organ secara keseluruhan, dan mengurangi tekanan pada sistem kardiovaskular.

Tekanan darah tinggi juga terkait langsung dengan aterosklerosis, penyakit stroke, dan serangan jantung.

6. Meringankan Hipertensi

Karotenoid mengatur gula darah dan potasium membantu menyeimbangkan kadar natrium yang tinggi yang menyebabkan hipertensi, dan mengontrol tekanan darah.

Kumarin yang ditemukan dalam wortel juga dikaitkan dengan penurunan hipertensi dan melindungi kesehatan jantung Anda.

7. Antikarsinogenik

Antioksidan poly-acetylene, falcarinol (pestisida alami untuk melindungi akarnya dari serangan jamur) dan falcarindiol, melawan kanker dengan menghancurkan sel-sel pra-kanker pada tumor sehingga mengurangi risiko kanker paru-paru, kanker payudara, dan kanker usus besar.

8. Sumber Kalsium

Wortel mengandung kalsium yang sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang pada anak-anak dan wanita.

9. Kardiovaskular

Studi membuktikan bahwa kombinasi unsur-unsur karotenoid, beta-karoten, alfa-karoten dan lutein, berlimpah dalam wortel melindungi jantung dari penyakit.

Wortel mengurangi kadar kolesterol karena serat larut dalam wortel mengikat asam empedu dan mengeluarkannya dari sistem. Juga pektin dalam wortel menurunkan kadar kolesterol serum.

10. Meredakan Hidung Tersumbat

Jus wortel sangat efektif dalam menghilangkan lendir dari daerah telinga, hidung dan tenggorokan, meredakan hidung tersumbat, sinusitis, dahak dan gangguan serupa lainnya.

11. Melawan Diabetes

Karotenoid melawan resistensi insulin, mengatur jumlah insulin dan glukosa yang digunakan dan dimetabolisme oleh tubuh, mencegah fluktuasi kadar gula darah yang tidak sehat.

12. Kesehatan Gigi

Wortel mengikis plak dan partikel makanan, merangsang gusi, dan memfasilitasi pembentukan air liur yang membantu menyeimbangkan bakteri pembentuk asam dan pembentuk gigi berlubang.

Mineral yang ada pada wortel membunuh kuman berbahaya di mulut dan mencegah kerusakan gigi.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany Elisa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
wortel   penyakit   Anemia   antiseptik  

Terpopuler