12 Momen Tak Terlupakan di Oscars dari Masa ke Masa

Kamis, 01 Maret 2018 – 06:17 WIB
Piala Oscar. Foto: CNN

jpnn.com - Puncak award season tahun ini, The Oscars, bakal digelar di Dolby Theater Minggu malam atau Senin pagi WIB (5/3). Itu adalah Academy Awards Ke-90. Artinya, sudah 89 kali ajang penghargaan buat insan-insan perfilman Hollywood tersebut digelar.

Tentu ada ratusan momen yang terjadi. Namun, hanya sedikit yang layak dikenang. Termasuk kekacauan salah sebut pemenang Best Picture tahun lalu. Berikut di antaranya. (USA Today/Harper’s Bazaar/fam/c18/na)

BACA JUGA: A Wrinkle In Time Mencuri Perhatian Jelang Oscars

 

1969

BACA JUGA: Get Out Diunggulkan Raih Skenario Terbaik Oscars

Pemenang Ganda

Pemenang Oscar didasarkan pada vote anggota Academy of Motion Pictures Arts and Sciences (AMPAS). Bagaimana kalau hasil voting-nya sama? Itu pernah terjadi. Yakni, pada edisi 1969. Barbra Streisand (Funny Girl) dan Audrey Hepburn (The Lion in the Winter) sama-sama meraih 3.030 suara. Keduanya juga dinobatkan sebagai Aktris Terbaik. Sayang, dalam kemenangan ganda itu, Hepburn absen. Sepanjang sejarah The Oscars, pernah terjadi enam kemenangan kembar.

BACA JUGA: Kejutan Oscars: Wonder Woman Kecele, Logan Bikin Sejarah

 

1972

Sejarah Charlie Chaplin

Dalam The Oscars 1972, aktor film bisu Charlie Chaplin meraih penghargaan Lifetime Achievement Award. Sebelum naik panggung, aktor asal Inggris itu mendapat standing ovation. ’’Kata-kata terasa tanpa makna, sangat lemah. Aku hanya bisa bilang terima kasih atas kehormatan diundang di sini,’’ ucap Chaplin yang saat itu berusia 82 tahun. Kehadirannya merupakan yang pertama di Amerika Serikat. Chaplin dilarang masuk negara tersebut pada 1952 karena dituduh bersimpati terhadap gerakan komunisme. Total, audiens memberikan standing ovation selama 12 menit buat Chaplin.

 

1973

Tolak Oscar

Siapa aktor yang begitu berani menolak Piala Oscar? Jawabnya, Marlon Brando. Aktor The Godfather tersebut meraih piala Aktor Terbaik pada 1973. Namun, Brando tak datang. Dia diwakili Sacheen Littlefeather, aktivis Native American. ’’Dia tidak mau menerima penghargaan ini. Alasannya adalah perlakuan terhadap suku Indian di industri film saat ini,’’ kata Littlefeather yang kala itu mengenakan busana tradisional suku Apache.

 

1988

Kostum Minimalis Cher

Cher yang memenangkan Aktris Terbaik lewat film Moonstruck hadir dengan mengenakan dress transparan karya Bob Mackie.

 

2002

Kemenangan Halle Berry

Untuk kali pertama dalam sejarah Academy Awards, piala Aktris Terbaik dimenangkan oleh seorang African-American. Berry meraih trofi lewat aktingnya di Monster’s Ball. ’’Momen ini tidak cuma berarti buatku. Ini kudedikasikan untuk setiap perempuan nonkulit putih yang sekarang punya kesempatan. Karena malam ini, pintu tersebut sudah terbuka,’’ ucap Berry sambil sesenggukan. Namun, harapan itu sulit terwujud. Hingga kini, belum ada lagi perempuan kulit hitam yang memenangi Best Actress.

 

2007

Akhirnya Menang (1)

Martin Scorsese sudah lima kali masuk nominasi Sutradara Terbaik. Yakni pada 1981, 1989, 1991, 2003, dan 2005. Nah, baru pada 2007 dia akhirnya menang lewat The Departed. Piala tersebut diserahkan oleh trio sutradara keren –Steven Spielberg, George Lucas, dan Francis Ford Coppola. Saking gembiranya, dia sampai tidak percaya. ’’Bisakah kalian mengecek lagi amplopnya? Aku benar-benar kaget dan terhormat menerima piala ini, sekaligus terhormat karena diberikan oleh para sahabat lamaku,’’ ujarnya.

 

2009

Posthumous Oscar

Heath Ledger menerima piala Oscar pertama sekaligus terakhirnya, 13 bulan setelah meninggal dunia. Pemeran Joker di The Dark Knight itu meninggal akibat overdosis. Trofi Aktor Pendukung Terbaik diterima oleh saudara Ledger, Kate. ’’Kami tahu, kamu menciptakan karakter Joker yang luar biasa spesial dan bahkan ngobrol tentang ada di panggung Oscars,’’ ucap Kate.

 

2010

Jadi Avatar

Saat membacakan nominasi sekaligus pemenang Best Makeup, aktor sekaligus komedian Ben Stiller benar-benar menghayati perannya. Dia mengenakan riasan biru, lengkap dengan rambut berkepang dan telinga mencuat ala penduduk Planet Na’vi seperti di film Avatar.

 

2013

J.Law Terpeleset

Jennifer Lawrence dengan bungah melangkah ke panggung untuk menerima piala Aktris Terbaik. Tiba-tiba, di tangga, dia jatuh. Rupanya, aktris Silver Linings Playbook itu terserimpet ekor gaun Dior Haute Couture-nya yang superpanjang. Namanya J.Law, dia santai saja. ’’Kalian cuma berdiri, merasa kasihan karena aku jatuh. Itu memalukan banget,’’ katanya pura-pura ngambek. Penanggung jawab dan desainer produksi Oscars Derek McLane deg-degan setengah mati. Sudah empat kali dia menangani acara ini dan belum pernah ada masalah. ’’Aku berpikir, ada seseorang yang menumpahkan sesuatu. Tapi, ternyata sepatunya nyangkut di dress. Untunglah dia baik-baik saja,’’ kata McLane sebagaimana dikutip Harper’s Bazaar.

 

2014

Selfie Ellen

Ellen DeGeneres, Brad Pitt, Meryl Streep, Jennifer Lawrence, Bradley Cooper, Jared Leto, dan Angelina Jolie ada di satu layar. Itu terjadi di sela The Oscars 2014. Ellen, sang host, iseng ber-selfie dengan beberapa orang di baris depan. Eh, banyak yang ikut. Ellen langsung mengunggahnya ke Twitter. Dalam beberapa jam berikutnya, foto itu sudah dibagikan 37 juta kali! Foto tersebut juga masuk daftar foto paling berpengaruh majalah Time 2014. Aksi selfie itu sebenarnya ’’pesan sponsor’’. Samsung menghabiskan dana USD 20 juta (Rp 275 miliar) untuk nongol di The Oscars.

 

2016

Akhirnya Menang (2)

Selama 27 tahun berkarir di Hollywood, Leonardo sudah mengantongi banyak nominasi Oscar. Yakni sebagai Aktor Pendukung Terbaik pada 1994 serta Aktor Terbaik pada 2005, 2007, dan 2014. Baru setelah bersusah payah tidur dalam perut kuda di The Revenant, anggota AMPAS akhirnya menganugerahkan piala Aktor Terbaik buat dia. Kemenangannya dirayakan dengan jutaan meme mengingat betapa seringnya dia dikecewakan oleh Academy.

 

2017

Moonlight, Bukan La La Land

Ini nih yang paling epik. Dua presenter Best Picture, Warren Beatty dan Faye Dunaway, menyebut pemenangnya adalah La La Land. Ketika seluruh cast dan produser film musikal itu berpidato di panggung, stage manager The Oscars memberi tahu bahwa pemenangnya salah. Yang benar adalah Moonlight. Usut punya usut, itu adalah kesalahan rekanan senior Pricewaterhouse Coopers (firma akuntan yang menangani penghitungan suara Oscar) Brian Cullinan. Dia memberikan amplop Aktris Terbaik –yang bertulisan Emma Stone, La La Land– kepada Beatty di belakang panggung. Cullinan telah dilarang perusahaannya untuk terlibat di pergelaran Academy Awards.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Jimmy Kimmel Masih Belum Terbiasa Jadi Seleb


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler