14 Tim Asing Ikuti Tour de Singkarak

Kamis, 02 April 2009 – 21:28 WIB

JAKARTA – Sebanyak 14 tim balap sepeda mancanegara menyatakan siap berlaga di Tour de Singkarak 2009 yang digelar atas kerjasama PB ISSI dengan Departemen Kebudayaan dan Pariwisata, serta Pemda Sumatera Barat.  Tour de Singkarak 2009 akan digelar mulai 29 April hingga 4 Mei mendatang.

“Sampai Rabu (2/4), sudah 14 tim sepeda mencanegara yang memberikan konfirmasi untuk ikut dalam event internasional berhadiah total US$60.000 tersebut,” kata Wakil Ketua Panitia Sofjan Ruzian, dalam keterangannya kepada wartawan di Jakarta, Kamis (2/4).

Sofjan yang juga Wakil Ketua Umum PB ISSI itu menyebutkan, keempat belas tim manca negara tersebut antara lain berasal dari Malaysia (2 tim), Thailand, Philipina, Australia, Newzeland, Maroco, Iran, Rusia, Kagaskhan, Qatar, dan Jepang (2 tim).

Sebenarnya, kata Sofyan, ada 17 tim dari 24 negara (1 tim bisa dari sejumlah negara) yang mendaftarTetapi pihak panitia membatasi hanya 15 tim untuk mancanegara dan 10 tim dari tuan rumah Indonesia

BACA JUGA: MU Bawa Skuad Utama ke Jakarta



Di tempat yang sama, Dirjen Pemasaran Departemen Kebudayaan dan Pariwisata, DR Sapta Nirwandar didampingi Wakil Gubernur Sumatera Barat, Marlis Rahman, mengatakan, Tour de Singkarak merupakan even balap sepeda internasional pertama yang digelar di Sumatera Barat
“Tour de Singkarak merupakan event yang memadukan kegiatan olahraga balap sepeda dengan wisata (sport tourism),” ujarnya.

Meski hanya menggelar event olahraga, kata Sapta, efeknya untuk kemajuan pariwisata Indonesia, khususnya Sumatra Barat yang memiliki keindahan alam, seni budaya yang unik dan kulinernya yang khas, akan sangat besar

BACA JUGA: Hamilton: McLaren akan Kesulitan

“Tahap pertama kita memang ingin memperkenalkan indahnya danau Singkarak, danau Diateh dan Danau Dibawah sebagai ikon pariwisata Ranah Minang
Tetapi pada gilirannya kita ingin memberitahu kepada dunia bahwa ada Padang, ada Lembah Anai, ada Sate Mak Syukur, ada Ngarai Sianok, ada Sawahluntodan lain-lainnya itu,” ujar Sapta antusias.

Sementara Wakil Gubernur Sumatera Barat Marlis Rahman, memastikan pelaksanaan event balap sepeda internasional dengan 4 etape tersebut sudah siap untuk digelar

BACA JUGA: Etoo Masih Kerasan di Nou Camp

Pemda Sumbar, kata Marlis, siap memuluskan kondisi jalan sepanjang 459 km yang bakal dilalui dalam tour tersebut“Insya Allah, sampai hari H semuanya sudah selesaiSekarang sudah 85 persen siap,” ujar Marlis.

Rencananya, hari ini dan besok, pihak PB ISSI bersama delegasi badan dunia balap sepeda Union Cycliste Internasional (UCI) akan melakukan gladi resik melibatkan 25 personil pengawalan lintasan (Patwal) dan Tim Pengawas Lintasan (Marshall).

Dia menambahkan, kondisi lintasan cukup bervariasiAda yang mendatar, tanjakan, turunan dan belokan tajamPetanya harus diinformasikan sedetail mungkin diberikan kepada para peserta“Ini akan sangat mengesankan pembalap dunia,” tuturnya.

Lomba balap sepeda ini akan dibuka pada 29 April, sedang stage race dilakukan Jumat (1/5) untuk menempuh etape pertama Padang-Bukittinggi sejauh 92,3 kmHari berikutnya menjelajahi etape 2 dan 3, yaitu antara Bukittinggi-Batusangkar-Sawahlunto sepanjang 85,1 km) dan Sawahlunto-Danau Singkarak (90 km), dan hari terakhir etape 4 Danau Singkarak-Danau Kembar (Danau Diateh dan Danau Dibawah)-keliling Singkarak sepanjang 188 km.

Ia mengakui bahwa tim balap yang akan tampil masih level divisi III dan IITetapi nantinya, bukan tidak mungkin akan naik kelasSekarang, Tour de Singkarak yang sudah terdaftar dalam calendar of event tahunan UCI ini masih berada dua tingkat di bawah Tour de France“Tour de Langkawi saja satu tingkat di bawah itu,” sebutnya.

Sapta Nirwandar dan Wakil Gubernur Sumbar memastikan event ini akan digelar setiap tahun“Jangan kuatirlah, kami akan berusaha menggelarnya setiap tahunKita juga sudah meminta Depbudpar mengagendakan untuk lima tahun kedepan,” tegas Marlis(fas/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Nadal Raih Gelar ATP Masters yang ke-13


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler