140 Sekolah tak Bisa Gelar UNBK Mandiri

Sabtu, 24 Desember 2016 – 14:03 WIB
140 Sekolah tak Bisa Gelar UNBK Mandiri. Foto Dokumen JPNN.com

jpnn.com - JPNN.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akhirnya menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) jenjang SMP/MTs dan SMA/MA/SMK untuk tahun ajaran 2017 mendatang.

Perbaikan mutu juga dilakukan dengan mewajibkan seluruh sekolah menggelar dengan sistem online.

BACA JUGA: Ini soal Tunjangan, Penting Diketahui Para Dosen

Sayang, dari 4000 sekolah penyelenggara di Jawa Timur, dipastikan ada 140 sekolah yang tidak bisa menggelar UNBK mandiri.

Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Jatim Saiful Rachman mengatakan bahwa ke-140 sekolah yang tidak bisa menyelenggarakan UNBK mandiri itu karena sekolah tersebut belum terakreditasi.

BACA JUGA: Sekolah Pungut Rp 10 Ribu per Siswa untuk Gaji Guru Honorer

”Meskipun sekolahnya punya peralatan komputer melebihi 20 unit, tapi karena belum akreditasi ya tidak bisa menggelar UNBK,” kata Saiful Rachman seperti yang dilansir Radar Surabaya (Jawa Pos Group), Sabtu (24/12).

Maka dari itu, ke-140 sekolah itu bisa menggabung dengan sekolah lain. Tak hanya sekolah yang belum terakreditasi, sekolah-sekolah di kepulauan yang jangkauannya jauh dari perkotaan juga sulit untuk menggelar UNBK.

BACA JUGA: Mata Pelajaran UN 2017 Tingkat SMA/SMK Berkurang

Kemungkinan sekolah di kepulauan akan menggelar UN manual atau tulis.

”Ini masih kami data. Minggu depan (awal Januari 2017, Red), pemetaan UNBK sudah diserahkan ke kemendikbud,” kata Saiful UNBK tahun ini dipastikan cukup berbeda dengan tahun sebelumnya.

Dari jadwalnya saja, pelaksanaan UNBK untuk jenjang SMK dan SMA/ MA berbeda hari. SMK tanggal 3-6 April 2017, sedangkan SMA/MA mulai 10-13 April 2017.

Jenjang SMP/MTs yang pada tahun sebelumnya hanya satu gelombang, maka pada tahun 2017 dirancang dalam dua gelombang.

Gelombang pertama dijadwalkan tanggal 2, 3, 4, dan 15 Mei. Dilanjutkan gelombang kedua pada 8, 9, 10, dan 16 Mei.

Adapun mata pelajaran (mapel) yang akan diujikan pada UN tahun 2017, untuk jenjang SMP/MTs di antaranya Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Untuk SMA/MA ditambahkan satu mata pelajaran sesuai dengan jurusan siswa. Sedangkan SMK ditambahkan uji teori kejuruan sesuai dengan bidangnya.

(jay/JPG/JPNN)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Lomba Karya Tulis Ilmiah ESQ Buktikan Eksistensi Ilmuwan Indonesia


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
UNBK   Unbk 2016  

Terpopuler