15 Manfaat Jambu Biji, Bantu Lawan Penyakit Kronis Ini

Senin, 13 Februari 2023 – 02:20 WIB
Jambu biji. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - BANYAK orang suka mengonsumsi jambu biji karena manfaat sehatnya yang luar biasa.

Diklasifikasikan sebagai buah beri oleh sebagian besar ahli botani, setiap buah jambu biji ditutupi oleh kulit hijau kasar yang berubah menjadi kuning saat matang.

BACA JUGA: 4 Khasiat Jambu Biji, Bikin Penyakit Kronis Ini Kabur

Daging buah di dalamnya berwarna putih, merah muda, atau merah dengan banyak biji kecil yang bisa dimakan semi-keras, terkonsentrasi terutama di tengahnya.

Buahnya lunak saat matang dengan aroma musky yang manis dan tekstur yang creamy.

BACA JUGA: 10 Manfaat Mangga yang Tidak Terduga, Ampuh Lawan Penyakit Kronis Ini

Buah jambu biji yang matang memiliki rasa yang kaya dengan rasa asam manis.

Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Curejoy.com.

BACA JUGA: 3 Manfaat Jus Jambu Biji yang Luar Biasa

1. Meredakan Diare dan Disentri

Astringen, dalam jambu biji, bersifat basa dan memiliki sifat desinfektan dan antibakteri, menghambat pertumbuhan mikroba dan menghilangkan lendir ekstra dari usus.

Nutrisi lain seperti vitamin-C, Karotenoid dan potasium, memperkuat dan mengencangkan sistem pencernaan.

2. Perawatan Mata

Vitamin A atau retinol memperlambat munculnya katarak, degenerasi makula, dan mencegah penurunan penglihatan dan rabun senja.

3. Kesehatan Otak

Jambu biji mengandung vitamin B3 dan Vitamin B6 (niasin dan piridoksin), yang membantu dalam meningkatkan sirkulasi darah ke otak, mengendurkan saraf dan merangsang fungsi kognitif.

4. Mengatur Tiroid

Jambu mengandung elemen tembaga yang mengatur metabolisme tiroid, membantu mengontrol produksi dan penyerapan hormon.

5. Obat Diabetes

Kaya serat dan indeks glikemik rendah, jambu biji membantu mengatur penyerapan gula oleh tubuh dan bisa dikonsumsi untuk pencegahan dan penyembuhan pada penderita penyakit kronis diabetes tipe 2.

6. Pencahar yang Efektif

Sembelit disebabkan ketika makanan tersangkut di usus besar kita. Jambu biji, sangat kaya serat, membantu tubuh menahan air dan membersihkan usus dan sistem ekskresi secara menyeluruh.

7. Relaksasi Saraf

Jambu biji adalah makanan kaya magnesium yang bertindak sebagai pelemas saraf. Ini membantu mengendurkan otot dan saraf tubuh.

8. Ibu Hamil

Jambu biji mengandung asam folat, atau Vitamin B-9, yang direkomendasikan untuk wanita hamil karena bisa membantu mengembangkan sistem saraf janin dan melindungi bayi baru lahir dari gangguan saraf.

9. Kesuburan

Jambu biji mengandung Folat dalam jumlah yang baik yang membantu meningkatkan kesuburan pada manusia.

10. Mempercepat Penyerapan

Kaya akan mangan, jambu membantu tubuh dengan cepat menyerap nutrisi penting seperti biotin, vitamin, mineral dari makanan yang kita makan.

11. Penguat Kekebalan

Vitamin C memberikan dorongan besar dalam antioksidan, yang merupakan garis pertahanan utama terhadap proliferasi radikal bebas dalam tubuh.

12. Pengendalian Infeksi

Meredakan batuk dan pilek dengan mengurangi lendir, mensterilkan saluran pernapasan, tenggorokan dan paru-paru, serta menghambat aktivitas mikroba dengan sifat astringennya.

13. Membantu Menurunkan Berat Badan

Jambu biji sangat kaya akan vitamin, protein, serat dan mineral serta tidak mengandung kolesterol dan jumlah karbohidrat yang bisa dicerna sangat rendah.

14. Penyembuhan Kanker

Kaya akan vitamin C dan antioksidan seperti likopen, makan jambu biji bisa melindungi sel-sel Anda dari kerusakan dan mengurangi kemungkinan kanker prostat, payudara, dan kanker mulut.

15. Perawatan Kulit

Vitamin, mineral, dan nutrisi, bersama dengan sifat astringen jambu biji, membantu menjaga kulit tetap kencang, terhidrasi, meningkatkan elastisitas, menghilangkan noda, flek hitam, komedo, kerutan, dan jerawat.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany Elisa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler