15 Negara Ini Masih Bersih dari Virus Corona, Silakan Baca...

Kamis, 23 April 2020 – 13:25 WIB
Sampel virus corona yang diperlihatkan oleh salah seorang dokter. Foto: ANTARA

jpnn.com - Coronavirus disease 2019 (COVID-19) telah menjangkiti lebih dari 200 negara dan teritori. Hingga Kamis (23/4), jumlah kasus COVID-19 di seluruh dunia mencapai lebih dari 2,6 juta dengan angka kematian 184.248 jiwa.

Namun, masih ada negara yang belum terjangkiti virus corona. Data Johns Hopkins University memperlihatkan 15 negara  masih steril dari virus mematikan itu.

BACA JUGA: Selamat, Iran Berhasil Tangani Pandemi Corona

Negara-negara yang belum terjangkiti virus corona itu tersebar di Afrika, Asia dan Oceania. Dari 15 negara itu ada yang letaknya terpencil, ada pula yang memang terkungkung dan jarang dikunjungi warga dari negeri lain.(alarabiya/ara/jpnn)

Berikut ini adalah daftar 15 negara tanpa virus corona:

BACA JUGA: Tiongkok Diduga Memanipulasi Angka Kematian Akibat Corona, Nih Indikasinya

1. Comoros
Negara kepulauan di pantai timur Benua Afrika ini merupakan salah satu negeri yang paling jarang dikunjungi pelancong. Jumlah kedatangan turis asing di Comoros hanya 36 ribu per tahun. Pihak berwenang di Comoros juga telah menangguhkan seluruh penerbangan internasional hingga pemberitahuan selanjutnya.

2. Kiribati
Negeri ini terpencil di Samudra Pasifik. Akses menuju Kiribati sangat sulit dan tingkat kedatangan warga asing di negeri yang beribu kota di Tarawa itu hanya 6.000 per tahun.

BACA JUGA: Australia Luar Biasa, Semoga Cepat Menular ke Indonesia, agar Kita Bisa Bebas ke Mana Saja

3. Lesotho
Negeri kerajaan tanpa wilayah laut (landlocked) ini belum melaporkan satu pun kasus COVID-19. Namun, hal itu diragukan mengingat tetangganya, Afrika Selatan memiliki ribuan kasus COVID-19 dan memberlakukan lockdown.

4. Kepulauan Marshall
Lokasi Kepulauan Marshal benar-benar terpencil di Samudra Pasifik. Meski demikian pihak berwenang di Kepulauan Marshall telah melakukan langkah-langkah untuk mencegah virus corona masuk, termasuk dengan melarang penerbangan internasional.

5. Federasi Mikronesia
Negara federasi di Samudra Pasifik ini memiliki 607 pulau di wilayah yang membentang sejauh 1.678 mil laut. Mikronesia terdiri dari empat negara bagian, yakni Yap, Chuuk, Pohnpei dan Kosrae.

6. Nauru
Negeri tetangga Federasi Mikronesia ini hanya berpopulasi sekitar 10 ribu jiwa. Nauru merupakan negeri kecil yang hanya memiliki satu rumah sakit tanpa ventilator.

Dalam setahun cuma sekitar 200 turis asing yang pelesiran di Nauru. Oleh karena itu tak mengherangkan bahwa hingga saat ini Nauru masih bersih dari virus corona.

7. Korea Utara
Negeri komunis ini dikenal tertutup dan mengaku tak memiliki kasus COVID-19. Namun, klaim itu diragukan banyak kalangan karena Korut berbatasan dengan Tiongkok dan Rusia yang juga terimbas virus corona.

8. Palau
Sebuah negeri kecil tetangga Indonesia ini telah melakukan langkah antisipatif agar tak kemasukan virus corona. Palau melarang semua pelancong yang tiba dari Tiongkok, Macau ataupun Hong Kong.

9. Samoa
Negeri di Samudra Pasifik ini memiliki populasi 198.413 dan terus berupaya steril dari virus corona. Namun, Samoa pada 20 Maret lalu mengumumkan kondisi gawat darurat dan melarang seluruh penerbangan internasional.

10. Kepulauan Solomon
Belum ada kasus COVID-19 di negeri yang terletak di kawasan Oceania ini. Sejak 23 Maret lalu, Kepulauan Solomon melarang semua warga negara asing (WNA) memasuki wilayahnya.

11. Tajikistan
Sampai saat ini Tajikistan mengklaim belum memiliki kasus COVID-19. Namun, klaim itu diragukan mengingat Tajikistan memiliki perbatasan darat dengan Tiongkok.

12. Tonga
Negeri kerajaan di Samudra Pasifik ini tak memiliki satu pun kasus COVID-19. Negara yang beribu kota di Nuku?alofa itu telah menutup semua perbatasannya bagi pelancong dan memberlakukan jam malam.

13. Turkmenistan
Negeri di Asia Tengah ini mengklaim masih bersih dari virus corona. Namun, klaim itu juga diragukan karena negara yang beribu kota di Ashgabat ini memiliki perbatasan darat dengan Iran dan Tiongkok, dua negeri yang terpukul akibat pandemi global tersebut.

14. Tuvalu
Dalam setahun hanya ada 2.000 warga asing yang mengunjungi Tuvalu. Oleh karena itu tak mengherankan negeri tetangga Kerajaan Tonga itu masih bersih dari virus corona.

15. Vanuatu
Negeri kepulauan di Samudra Pasifik ini hanya memiliki 307.145 penduduk. Tak satu pun warga Vanuatu terjangkiti COVID-19.


Redaktur & Reporter : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler