1.500 UMKM di Banten Sudah Bergabung Kelompok Binaan Airlangga Hartarto

Senin, 18 Oktober 2021 – 10:35 WIB
Spanduk dengan foto wajah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto terpasang di sejumlah warung di Tangerang. Foto: dok pribadi for jpnn

jpnn.com, TANGERANG - Asal usul spanduk bergambar Menko Perekonomian Airlangga Hartarto di Tangerang akhirnya terungkap.

Alat peraga yang terpasang di sejumlah warung dan tempat usaha kecil itu ternyata milik UMKM usAHA, kelompok pemberdayaan masyarakat yang fokus pada pelatihan UMKM.

BACA JUGA: Menko Airlangga Serahkan Bantuan Tunai Kepada 65 PKL di Kota Mataram

"Jadi, kenapa ada wajahnya Pak Airlangga di spanduk ini, karena beliau itu sebagai pembina dari UMKM usAHA. Ini merupakan inisiatif kami, karena beliau memiliki kepedulian terhadap masyarakat, salah satunya dengan membina UMKM yang bisa mendorong pemulihan ekonomi di Indonesia. Apalagi ekonomi Indonesia kan lagi terdampak pandemi," jelas Koordinator UMKM usAHA Hellen Noys kepada wartawan di Tangerang, Minggu (17/10).

Perempuan berusia 21 tahun ini mengatakan, UMKM usAHA ini bukanlah program pemerintah atau bagian dari kegiatan kampanye partai.

BACA JUGA: Golkar Berjaya di Era Akbar, Memalukan Jika Keok di Masa Airlangga

Helen mengatakan, ada 520 UMKM di Tangerang yang telah mengikuti pelatihan dan bergabung dalam komunitas UMKM usAHA.

Sementara untuk wilayah Banten totalnya ada 1506 UMKM, yang tersebar di Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan.

BACA JUGA: Peluang Besar Sandiaga Jadi Pendamping Airlangga, Begini Syaratnya

Selain melakukan pelatihan wirausaha dan membentuk komunitas, UMKM usAHA juga telah merencanakan beberapa program lain.

"Ke depan ada beberapa program lain seperti usAHA bantu usaha, itu upaya membantu pelaku usaha super mikro yang benar-benar membutuhkan untuk menjalankan usaha. Misalnya ada yang gerobaknya rusak sehingga tidak bisa jualan, itu kita bantu secara swadaya. Program ini baru akan jalan bulan ini, kemarin sih ujicoba nya di Solo udah berjalan," terang Helen. (dil/jpnn)


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler