157 Honorer K2 Batam Telah Jalani Tes PPPK, Selanjutnya Tes Wawancara

Minggu, 24 Februari 2019 – 13:13 WIB
Tes PPPK menggunakan sistem CAT. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, BATAM - Sebanyak 157 honorer kategori dua (K2) telah mengikuti tes seleksi untuk menjadi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) di lingkungan Pemerintah Kota Batam di Gedung SMKN 1 Batam, Batuaji, Sabtu (23/2).

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKP SDM) Batam Sahir mengatakan seleksi PPPK meliputi kompetensi teknis, kompetensi manajerial, sosial kultural dan tes wawacara.

BACA JUGA: Honorer K2 Siapkan Gugatan Uji Materi PP 48 Tahun 2005

Tes digelar berbasis ujian nasional berbasis komputer (UNBK). Peserta bisa mengetahui nilai ujian setelah menyelesaikan tes.

"Berbeda dengan CPNS lalu yang berbasis CAT. Ujian digelar dua sesi. Alhamdulillah semua berjalan dengan baik," kata dia usai memberikan pengarahan kepada peserta ujian.

BACA JUGA: Sandiaga Uno Undang Honorer K2 Hadir di Debat Ketiga Pilpres 2019

Dia menyebutkan honorer K2 terdiri dari profesi guru dan tenaga penyuluh pertanian yang akan ditempatkan di Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Batam nantinya. Untuk lolos seleksi harus mendapatkan nilai ambang batas paling rendah 65 untuk teknis, manajerial dan sosial kultural, sedangkan untuk kompetensi teknis paling rendah 42.

"Bila semua terpenuhi, peserta juga harus bisa meraih nilai paling rendah 15 untuk tes wawancara berbasis komputer," terangnya.

BACA JUGA: Ada Honorer K2 yang Meninggal Sebelum Ikut Tes Seleksi PPPK

Sahir menambahkan saat sesi pertama dimulai satu orang peserta tidak hadir tanpa keterangan. Untuk hasil ujian akan direkap terlebih dahulu menunggu pelaksanaan ujian selesai digelar.

"Kan dua sesi. Nanti sesi kedua mulai pukul 13.00 WIB. Total ada 100 soal yang harus diselesaikan dalam waktu kurang lebih dua jam," ujarnya.

Proktor SMKN 1 Batam, Sayid mengatakan ujian sesi pertama berjalan dengan lancar. Peserta bisa menyelesaikan soal dalam waktu yang ditentukan. Ujian digelar dalam dua sesi. Masing-masing ruangan disediakan 20 komputer. "Satu ruangan ada 20 orang peserta. Untuk sesi pertama ini ada enam ruangan yang digunakan," kata dia.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad mengatakan untuk pembayaran gaji tenaga PPPK ini nanti akan diusulkan pada anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) perubahan tahun ini. "Berapa yang lolos nanti akan dihitung kebutuhan gaji mereka," sebutnya.

Sebelumnya, Pemko Batam diberikan kuota PPPK sebanyak 336 orang. Namun sejak pendaftaran dibuka 17 Februari lalu, jumlah yang mendaftar hanya 157 pelamar. Mereka merupakan honorer K2 yang telah lolos seleksi CPNS tahun 2013 lalu namun belum diangkat.(jpg)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Inilah Passing Grade Nilai Kelulusan PPPK


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler