160 Serdadu Kodam XII Cenderawasih Trinveksi HIV/AIDS

Senin, 16 Agustus 2010 – 10:41 WIB
SORONG- Tentara di Papua tidak hanya mendapatkan ancaman MalariaTetapi juga ancaman  terinveksi HIV/AIDS.   Belakangan terkuak Kasus HIV-AIDS yang menimpa anggota Kodam XVII/Cenderawasih  cukup mencengangkan

BACA JUGA: Jalan Exxon Mobil Undang Maut

Sesuai data yang dirilis dari Kesdam XVII/Cenderawasih, hingga tahun 2010 ini ditemukan 160 kasus HIV-AIDS.

Komandan Korem (Danrem) 171/PVT Kol Inf Heronimus Guru mengakui, dari 160 anggota Kodam XVII/Cenderawasih yang positif HIV-AIDS, 26 orang diantaranya merupakan anggota yang tersebar di jajaran Korem 171/PVT
“Anggota yang sudah terkena HIV positif tidak kita pisahkan dari kesatuan yang lama, jadi mereka sama kegiatannya seperti anggota yang lain,”ujar Danrem kepada  Radar Sorong usai tatap muka dengan purnawirawan TNI di Aula Makorem.

 Menyikapi anggota yang positif HIV-AIDS tersebut, pihaknya kata Danrem sudah memberitahukan kepada pihak kelurga dari anggota tersebut untuk bisa mengambil sikap

BACA JUGA: Wisata Religi di Jabar Perlu Didorong

Artinya dalam penanganan kesehatannya dari pengobatan sampai dengan proses kelahiran bayi (bagi yang istrinya sedang hamil) agar dipantau berdasarkan ketentuan dokter, supaya penyakit berbahaya yang mematikan itu  tidak menyebar ke anak.

 Sedangkan untuk tugasnya sebagai anggota TNI AD, prajurit yang positif HIV tersebut tetap melaksankan tugas seperti biasanya
“Tidak dipisahkan dari rekan-rekan mereka yang lainnya,”tandas Danrem.

 Agar kasus HIV-AIDS tidak menyebar luas di lingkup anggota Korem, pihaknya kata Danrem juga gencar melancarkan sosilisasi  menganai HIV-AIDS dan bahayanya bagi anggota beserta istrinya.
 Menyinggung penyebab anggota terinfeksi HIV-AIDS, Danrem tidak menampik jika penyebabnya karena melakukan hubungan seks bebas.

“Memang ada aturan tentara itu tidak boleh ke tempat lokalisasi, melakukan sek bebas

BACA JUGA: Cara Pendataan Honorer Harus Diumumkan ke Publik

Tetapi namanya juga manusia dan mungkin juga dari kebiasaan atau prilaku yang tidak baik itu yang menyebabkan terkena HIV-AIDS,”ujar Kol Inf Heronimus Guru seraya menambahkan bahwa selaku komandan dirinya selalu mengingatkan dan ingin merubah perilaku yang tidak baik dari oknum anggota.

Seperti dilansir Koran ini sebelumnya, Kepala Kesehatan Kodam (Kesdam) XVII/Cenderawasih, Letkol CKM Edi Purwanto mengungkapkan data terakhir per Juli 2010 menujukkan total kasus HIV-AIDS di jajaran Kodam XVII/Cenderawasih  mencapai 160 kasus, 4 kasus diantaranya per Juli 2010 iniDan dari 160 kasus itu 35 kasus sudah meninggal dunia.

Dari 160 kasus itu, terdiri dari 103 ODHA parjurit, 8 ODHA PNS, keluarga 13 ODHA yang terbagi menjadi 11 orang istri dan 2 orang anakDan ini tentunya tertular melalui suaminya"Ini sebetulnya kemungkinan besarnya khususnya para prajurit itu sudah terinfeksi dibawah tahun 2005, karena tahun 2005  baru dikeluarkan kebijakan untuk dilakukan pemeriksaan HIV-AIDS itu.

"Untuk ODHA prajurit semuanya masih dalam kondisi prima karena setiap saat kami pantau perkembangan mereka, baik untuk di periksa kesehatannya setiap bulan sekali dengan diberikan f Abdurrahman menerima sketsa atau renncangan monumen tugu Trikora dari Ayub Kafiar.(dik)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Janji Tindak Polisi yang Bekingi Pembalak


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler