18 Petugas Haji Pendahulu Berangkat 1 Oktober

Minggu, 26 September 2010 – 19:49 WIB

JAKARTA – Sebanyak 18 petugas haji akan diberangkatkan pada 1 Oktober 2010Mereka menjadi tim pendahulu dari total petugas haji dan kesehatan yang jumlahnya mencapai 3.500 orang.

“Petugas yang lebih dulu diberangkatkan sebanyak 18 orang

BACA JUGA: Ketua PPATK Cium Politik Uang di Munas Kadin

Mereka terbang ke tanah suci tanggal 1 Oktober
Selanjutanya, ratus petugas lainnya diberangkatkan 6 Oktober, dan ada pula yang terbang 9 Oktober

BACA JUGA: Demi Bintang Jasa, Kapolri ke Singapura

Ribuan petugas lainnya berangkat bareng jemaah,” kata Sektetaris Direktorat Jenderal Haji Kemenerian Agama, Abdul Ghafur Djawahir kepada JPNN, Minggu (26/9).

Rencananya, sekitar 600 petugas non-kloter akan diberangkatkan dari Jakarta, sementara 5 kelompok petugas yang masing-masing beranggotakan 489 orang akan diberangkatkan bersama-sama dengan jemaah dari berbagai embarkasi di tanah air
“Pemberangkatkan perdana bagi jemaah dimulai 11 Oktober

BACA JUGA: Kapolda Bantah 7 Faksi Teroris Ada di Aceh

Dimajukan sehari dari jadwal semula, karena ada jadwal baru dari MekkahHal itu disebabkan adanya penambahan jumlah kuota haji untuk Indonesia,” kata Djawahir.

Empat embarkasi yang pertama kali memberangkatkan jemaah itu ialah embarkasi Banjarmasin, Makassar, Medan, dan AcehEmbarkasi lainnya, Padang, Batam, Palembang, Jakarta, Solo, Surabaya, dan Balikpapan, akan memberangkatkan jemaah untuk pertama kalinya pada 12 Oktober, atau tetap sesuai dengan jadwal semula.

“Pemberangkatan 12 Oktober itu sesuai jadwal semulaSemua jemaah diberangkatkan dalam dua gelombangTahap pertama 11 Oktober-4 NovemberMereka akan mendarat di bandara internasional King Abdul Aziz Jeddah dan bandara internasional Amir Mohammad MadinahJemaah dari Jeddah tidak langsung ke Mekkah, mereka ke Madinah dulu untuk menunaikan ibadah shalat arbain (shalat 40 waktu)," sebutnya.

Jemaah calon haji yang akan diberangkatkan pada gelombang kedua dilakukan pada 27 Oktober hingga 10 NovemberRute terbangnya dari tanah air menuju Jeddah, kemudian diteruskan ke MekkahWukuf sebagai puncak ibadah haji diperkirakan jatuh pada Senin, 15 November 2010.

“Kami berpesan kepada para jemaah untuk menjaga kesehatanSuhu di tanah suci saat ini sudah mulai dinginKesehatan sangat dibutuhkan untuk kekhusyukan ibadah,” saran Ghafur.(gus/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Yusril Belum Pastikan Ladeni Penyidikan Sisminbakum


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler