18 Tewas Akibat "Bom Harian" di Karbala

Selasa, 25 Januari 2011 – 15:19 WIB
BAGHDAD - Para peziarah Syiah kembali menjadi target kekerasan di IraqSetidaknya 18 orang dilaporkan tewas akibat ledakan dua bom mobil terpisah di luar Kota Karbala kemarin (24/1)

BACA JUGA: Bandara Moskow Dibom, 31 Tewas

Mereka sedang memperingati hari Arbaeen, yakni 40 hari meninggalnya cucu Nabi Muhammad, Hussein
Itu adalah rangkaian bom bunuh diri yang menghajar Iraq, setidaknya tiap hari dalam empat hari terakhir.

"Enam orang tewas dan 10 lainnya terluka akibat bom mobil

BACA JUGA: Bocoran Al Jazeera Panaskan Palestina

Semua korban adalah peziarah Syiah," jelas kepolisian setempat sambil menyebutkan bahwa ledakan pertama terjadi di dekat pemberhentian bus untuk peziarah di timur Karbala, seperti dilansir AFP.

Bom pertama tersebut meledak sekitar pukul 08.30 waktu setempat di sebuah terminal bus di wilayah Al-Ibrahimi, 20 kilometer timur Kota Karbala
Belum ada yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan itu

BACA JUGA: Dialog Nuklir Iran Gagal

Bom kedua ditemukan di dekat lokasi pertamaUntungnya, bom bisa dijinakkan sebelum meledak.

Lebih dari empat jam berikutnya, bom mobil kedua meledak dan menewaskan 12 orang di ujung selatan KarbalaSepuluh di antara korban adalah peziarah dan dua lainnya tentaraLedakan dahsyat tersebut juga melukai 21 orang lainnya.

Dalam serangan lainnya, dua ranjau bom di pinggir jalanan Baghdad meledak dan menewaskan seorang tentara IraqSementara itu, seorang anggota intelijen dan delapan warga sipil juga menjadi korban luka.

Sebelumnya, Kamis (20/1), tiga bom mobil meledak di pinggiran Kota Karbala yang menewaskan 45 orang dan melukai 150 lainnyaTiga bom meledak hampir bersamaan dalam kurun waktu sekitar 20 menit.

Di antara serangkaian ledakan di Karbala tersebut, salah satunya adalah bom bunuh diri di dekat jalur masuk menuju kotaLedakan tersebut langsung disusul meledaknya dua mobil berisi bom sekitar 15 kilometer selatan Kota Karbala.

Serangan bom di Iraq meningkat seiring banyaknya peziarah Syiah yang datang dari dalam maupun luar negeri untuk memperingati hari ArbaeenPuncak peringatan tersebut terjadi kemarin (24/1).

Di Baghdad, sebuah bom produksi rumahan meledak dan menewaskan Brigadir Jenderal Thamer Hasan Saleh yang bekerja untuk sejumlah lembaga di bawah kantor perdana menteri kemarinBom tersebut diledakkan di dekat rumah sang jenderal di Distrik Ghzaliyah di Baghdad BaratLedakan itu juga melukai seorang anggota intelijen.

Di perkampungan Al-Shuala, barat laut Baghdad, delapan orang terluka akibat ledakan bom sederhana di dekat stasiun pengisian bahan bakar.

Jumat (21/1) polisi Iraq menyatakan telah menangkap seorang komandan milisi anti-Qaeda dari kelompok Suni dan pembantu dekatnya terkait dengan keterlibatannya dalam tiga ledakan bom di KarbalaDua pria yang tidak diketahui identitasnya tersebut ditangkap di Desa Al Hamiyah, Provinsi Babil, selatan Baghdad(cak/c6/dos)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pejabat Malaysia Wajib Cek Kesehatan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler