19 Pelaku Bom Buku Dibekuk

Kamis, 21 April 2011 – 18:36 WIB

JAKARTA—Mabes Polri berhasil mengamankan 19 orang yang diduga pelaku bom buku berikut barang bukti di dua tempat berbedaKepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme, Ansyaad Mbai, meyakini bahwa seluruh pelaku merupakan orang yang juga merencanakan bom gereja di malam hari besar keagamaan.

‘’Semua yang ditangkap itu adalah tersangka bom buku yang sekaligus juga merencanakan bom di gereja,’’ kata Ansyaad kepada wartawan usai rapat bidang keamanan di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (21/4).

Ansyaad mengatakan saat ini investigasi hasil penangkapan terus dilakukan maksimal guna mengungkap pelaku dan dugaan bom lainnya

BACA JUGA: Kapolri Sebut Ada 19 Orang, SBY Sudah Dengar

Seluruh aparat keamanan dan elemen masyarakat pun telah diinstruksikan Presiden meningkatkan kewaspadaan hingga beberapa hari ke depan.

Diterangkan Ansyaad, pengembangan kasus di TKP masih berjalan
Namun bila ditarik motif pelaku, kemungkinan ada keterkaitan antara pelaku dengan kelompok bom bunuh diri yang dilakukan M Syarief di Cirebon pekan lalu.

‘’Karena ini kan gerakan radikal, ada korelasi, ada mainstrem yang besar

BACA JUGA: Tersangka Bom Buku jadi 6 Orang

Sejak tahun 1999, satu deret nama
Di tiap kasus sepertinya tidak ada hubungan, tapi tokoh-tokoh setiap kasus pasti ada kaitan dengan tokoh mainstream ini,’’ kata Ansyaad.

Kelompok radikal kata Ansyaad, bisa terbagi menjadi dua kelompok yakni teroris dan non teroris

BACA JUGA: Daerah Usulkan Kebutuhan CPNS 458.560 Orang

Tokoh-tokoh di belakangnya seperti Hambali dan Abu Bakar Basyir, sekilas disebut memang tidak terkaitNamun pada satu waktu, misalnya kasus di Aceh, ditemukan benang merah di antara mereka.

‘’Ini buktinya sudah ada di pengadilanSudah fakta, sudah muncul, sudah ada bom di gerejaAda kaitan sama mainstremnya,’’ kata Ansyaad yang juga menyebut Umar Patek yang kini telah ditangkap, sebagai salah satu tokoh mainstream terorisme yang kini masih berkembang di Indonesia.(afz/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Hakim Penggagas Grup Facebook Dicecar di MA


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler