1.949 Petugas Gabungan Kawal Aksi Demo di Sekitar Patung Kuda

Rabu, 31 Juli 2024 – 10:33 WIB
Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Polisi Susatyo Purnomo Condro di Jakarta, Rabu (31/7/2024). (ANTARA/HO-Polres Metro Jakarta Pusat)

jpnn.com, JAKARTA - Aparat kepolisian mengerahkan sebanyak 1.949 personel gabungan untuk mengawal unjuk rasa dari Badan Koordinasi Pembentukan Kabupaten Cilangkahan dan beberapa elemen massa di Patung Kuda, Monas, Gambir, Jakarta Pusat, pada Rabu.

"Untuk pengamanan aksi dari Badan Koordinasi Pembentukan Kabupaten Cilangkahan dan beberapa elemen massa, kami melibatkan 1.949 personel gabungan," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro di Jakarta.

BACA JUGA: Sopir Jaklingko Demo di Balai Kota, Anies Banggakan Masanya

Personel gabungan tersebut berasal dari Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, TNI, Pemda DKI dan instansi terkait. Personel ditempatkan di sejumlah titik sekitar Patung Kuda, Monumen Nasional (Monas).

Selain itu, pengamanan juga dilakukan untuk mengantisipasi dengan menyiapkan sejumlah personel untuk melakukan pengamanan dan mencegah massa aksi masuk ke Istana Negara.

BACA JUGA: Diusung Demokrat, Ramlan-Ibnu Asis Tak Khawatir Melawan Petahana di Bukittinggi

Sedangkan pengalihan arus lalu lintas di sekitar Patung Kuda Monas dan beberapa lokasi lain bersifat situasional, melihat jumlah massa di lapangan.

Apabila jumlah massanya tidak banyak, lalu lintas normal seperti biasa. "Kami lihat nanti jumlah massanya, bila nanti di sekitaran Patung Kuda Monas itu massanya cukup banyak dan eskalasi meningkat, maka arus lalu lintas yang akan mengarah ke Jalan Merdeka Barat akan dialihkan," katanya.

Selain itu, Susatyo mengingatkan kepada seluruh personel yang terlibat pengamanan selalu bertindak persuasif, tidak memprovokasi dan terprovokasi, mengedepankan negosiasi, pelayanan yang humanis serta menjaga keamanan dan keselamatan.

Susatyo juga mengimbau kepada para koordinator lapangan (korlap) dan orator untuk melakukan orasi dengan santun dan tidak memprovokasi massa.

"Lakukan unjuk rasa dengan damai, tidak memaksakan kehendak, tidak anarkis dan tidak merusak fasilitas umum. Hormati dan hargai pengguna jalan yang lain yang akan melintas di sekitar Patung Kuda Monas dan beberapa lokasi lain," kata Susatyo.

Susatyo juga berpesan, personel yang terlibat pengamanan juga tidak ada yang membawa senjata api. "Hormati dan hargai saudara kita yang akan menyampaikan pendapatnya di muka umum dengan humanis dan profesional," katanya. (antara/jpnn)

BACA JUGA: Demi Pembangunan IKN, Pemerintah Memodifikasi Cuaca Selama 24 Jam

BACA ARTIKEL LAINNYA... Haidar Alwi: Ada yang Ingin Gagalkan Pelantikan Prabowo dengan Menyusupi Demo Mahasiswa


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler