1.979 Tenaga Kesehatan di Kubu Raya Menerima Vaksin Moderna

Sabtu, 07 Agustus 2021 – 05:59 WIB
Kegiatan vaksinasi bagi nakes di Kubu Raya (Antara/Rendra Oxtora)

jpnn.com, KUBU RAYA - Dinas Kesehatan Kubu Raya, Kalimantan Barat, sudah melakukan vaksinasi booster atau vaksinasi dosis ketiga bagi tenaga kesehatan. 

Kepala Dinkes Kubu Raya Marijan pihaknya melakukan vaksinasi booster kepada 1.979 tenaga kesehatan di wilayah setempat.

BACA JUGA: WHO Minta Pemberian Dosis Booster Vaksin Covid-19 Ditunda

Vaksinasi booster di Kubu Raya itu menggunakan vaksin Moderna

"Vaksin Moderna ini sudah kami terima dari Dinkes Kalbar sebanyak 141 vial untuk 2.000 lebih nakes, sedangkan jumlah nakes kami ada sebanyak 1.979 orang,” kata Marijan di Sungai Raya, Kubu Raya, Jumat (6/8).  

BACA JUGA: Daftar Merek Vaksin Covid-19, Produsen, dan Harganya

Dia menambahkan bahwa pelaksanaan vaksinasi booster tersebut sudah berjalan sejak Rabu. 

“Terus berlanjut sampai saat ini,” ujarnya. 

BACA JUGA: Inilah Sederet Varian Baru Corona setelah Wuhan

Marijan menjelaskan vaksinasi booster hanya diberikan kepada nakes, dan tenaga pendukung kesehatan yang telah mendapatkan vaksin Covid-19 dosis pertama dan kedua. 

Menurut Marijan, hal ini sesuai instruksi Kementerian Kesehatan, yang mana peruntukan booster tidak untuk khalayak umum mengingat keterbatasan pasokan vaksin. 

“Kami memohon agar publik dapat menahan diri untuk tidak memaksakan kepada vaksinator untuk mendapatkan vaksin ketiga, karena masih banyak saudara-saudara kita yang belum mendapatkan vaksin," kata Marijan.

Dia menambahkan sesuai  rekomendasi dari ITAGI (Indonesian Technical Advisory Group on Immunization), vaksinasi dosis ketiga saat ini dapat menggunakan platform yang sama atau berbeda.

"Untuk Indonesia, pemerintah telah menetapkan akan menggunakan vaksin Covid-19 Moderna untuk suntikan ketiga untuk tenaga kesehatan, dikarenakan kita tahu bahwa efikasi dari Moderna ini paling tinggi dari seluruh vaksin yang kita miliki saat ini," katanya.

Marijan menambahkan pelaksanaan vaksinasi booster ini difokuskan terlebih dahulu pada tenaga kesehatan yang ada di sekitar Dinas Kesehatan. Kemudian, pihaknya akan menyebar ke setiap puskesmas yang ada pada sembilan kecamatan di Kubu Raya. 

Menurutnya, pada Rabu kemarin, pihaknya melakukan secara simbolis vaksinasi kepada 15 nakes yang sudah didata dan memenuhi syarat penerima vaksin tahap ketiga ini di Dinkes Kubu Raya. 

Marijan mengimbau seluruh nakes segera divaksinasi tahap ketiga. 

Sebab, ujar dia, untuk melawan virus varian Delta yang telah bermutasi ini dibutuhkan imunitas kuat, terutama saat menghadapi pasien positif Covid-19 secara langsung.

Menurut dia, nakes berada di garis depan penanganan Covid-19.

Oleh karena itu, katanya, nakes harus lebih terlindungi karena nakes langsung berhadapan dengan pasien positif Covid-19. 

“Jadi, saya sarankan seluruh nakes jangan ragu-ragu, sesegera mungkin kalau ada kesempatan untuk dapat diimunisasi yang ketiga," ungkapnya. (antara/jpnn) 


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler