2 Tahun Fokus Benahi Infrastruktur, Sidoarjo Mulai Percantik Wajah Kota

Jumat, 17 November 2023 – 21:30 WIB
Revitalisasi Alun-Alun Sidoarjo. Foto: Pemkab Sidoarjo

jpnn.com - SIDOARJO - Pemerintah Kabupaten Sidoarjo mulai memperindah wajah kota setelah dalam dua tahun terakhir ini berkonsentrasi ke pembangunan infrastruktur.

“Mulai betonisasi jalan, pembangunan jembatan, flyover, hingga rumah sakit, Puskesmas dan SMP Negeri," ujar Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali.

BACA JUGA: Dirjen Yankes Kemenkes Apresiasi Bupati Sidoarjo menjadi Satu-satunya Kabupaten yang Memiliki RS Kelas A

"Di akhir tahun ini kami sedikit demi sedikit membenahi perwajahan kota,” imbuhnya.

Kepala daerah yang akrab disapa Gus Muhdlor itu menuturkan beberapa pekerjaan sedang dilakukan dalam rangka mempercantik wajah Sidoarjo.

BACA JUGA: Kemiskinan dan Stunting di Sidoarjo Turun Drastis, Gus Muhdlor: Kami Sangat Bersyukur

Itu antara lain revitalisasi Alun-Alun Sidoarjo dan jalur pedestrian (trotoar) di sepanjang Jalan Raya Ponti hingga GOR Delta Sidoarjo.

Selain itu, belasan taman di seantero Sidoarjo juga sedang ditata ulang dan dipercantik.

BACA JUGA: Dipimpin Gus Muhdlor, Angka Kemiskinan di Sidoarjo Turun hingga 6,54 Ribu Jiwa di 2023

Gus Muhdlor menjelaskan Alun-Alun Sidoarjo dipercantik dengan penambahan taman bunga, air mancur, dan juga taman bermain anak.

Revitalisasi Alun-Alun Sidoarjo dilakukan di sisi timur, tepatnya di sepanjang Jalan A. Yani dari sisi utara sampai selatan Monumen Jayandaru.

Pengerjaannya tengah dilakukan dan ditarget selesai akhir tahun ini.

Revitalisasi juga dilakukan di jalur pedestrian sepanjang Jalan Raya Ponti sisi barat hingga selatan GOR Delta Sidoarjo sepanjang 1.210 meter.

Pengerjaannya mencakup perbaikan trotoar yang akan diganti lantainya menggunakan granit, perbaikan saluran air, penambahan taman di samping trotoar, penambahan lampu, serta penggantian pohon kota.

"Selain itu, masih ada belasan taman yang mulai diperbaiki, dipercantik," ujar Gus Muhdlor.

Tujuannya agar masyarakat bisa menikmati ruang terbuka hijau yang lebih nyaman serta bisa menjadi alternatif rekreasi murah meriah bagi warga masyarakat, di samping bisa menjadi pengungkit pergerakan ekonomi di sekitarnya.

Pria kelahiran Sidoarjo, 11 Februari 1991 itu menjelaskan, meski ada banyak pekerjaan besar untuk memperbaiki wajah kota, tetapi pembangunan infrastruktur juga tidak ditinggalkan.

Di akhir tahun ini, ada banyak pekerjaan betonisasi jalan di berbagai wilayah Sidoarjo yang sedang dikerjakan. Selain itu, pembangunan flyover di Aloha, Krian, dan Tarik juga terus dikebut.

“Kami ingin pembangunan infrastruktur dan revitalisasi wajah kota dilakukan secara bersamaan agar masyarakat makin nyaman beraktivitas dan berkegiatan,” kata Gus Muhdlor. (*/jpnn)


Redaktur & Reporter : Mufthia Ridwan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler