2 Tahun Pembunuhan PNS Bapenda Kota Semarang Masih Misteri, Ada Kaitan dengan Kasus Korupsi?

Selasa, 23 Juli 2024 – 16:52 WIB
Lokasi penemuan jenazah Iwan Boedi di kawasan Pantai Marina Semarang. FOTO: Wisnu Indra Kusuma/JPNN.com.

jpnn.com, SEMARANG - Tim Polda Jawa Tengah (Jateng) belum menemukan adanya tidnak pidana korupsi (tipikor) terkait hibah lahan kepada Pemkot Semarang, yang pengusutannya bersamaan dengan pembunuhan PNS bernama Paulus Iwan Boedi Prasetijo pada 2022.

Pembunuhan Iwan Boedi, PNS Bapenda Kota Semarang yang tewas dibakar bersama sepeda motor dinasnya pada Agustus 2022 juga masih misteri.

BACA JUGA: 2 Tahun Berlalu, Kasus Kematian PNS Semarang Belum Terungkap, Polda Jateng Bilang Begini

Paulus Iwan Boedi Prasetjo (51), pejabat Bapenda Kota Semarang yang hilang sejak Rabu (24/8/2022) ditemukan tewas dibakar. FOTO: Dokumen keluarga.

Sebelum ditemukan tewas, Iwan Boedi lebih dulu dinyatakan hilang sehari sebelum diperiksa polisi sebagai saksi kasus dugaan korupsi di Pemkot Semarang itu.

BACA JUGA: Iptu Rudiana Disudutkan di Kasus Vina & Eky, Elza Syarief Bakal Lakukan Somasi

"Sampai saat ini kami belum menemukan adanya unsur pidana tipikor," kata Direktur Reserse Kriminal Khusus (Direskrimsus) Polda Jateng Kombes Pol Dwi Subagio, Selasa (23/7).

Polisi juga belum menemukan benang merah antara kesaksian Iwan Boedi soal dugaan korupsi di Pemkot Semarang pada 2010, dengan pembunuhan yang menimpa korban.

BACA JUGA: Merasa Berdosa, Dede Siap Masuk Penjara Menggantikan 7 Terpidana Kasus Vina

"Memang sampai saat ini kami belum bisa menemukan ada kaitannya dengan pembunuhan," ucapnya.

Hingga saat ini polisi mengaku terus mengumpulkan keterangan sejumlah pihak untuk membongkar dugaan penyalahgunaan lahan milik Bukit Semarang Baru (BSB) City di Kecamatan Mijen yang dihibahkan kepada Pemkot Semarang itu.

"Masih penyelidikan, soal tipikor di kami, soal pidana pembunuhan di krimum (Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jateng, red)," katanya.

Seperti diketahui, dua tahun lalu atau pada 25 Agustus 2022, Iwan Boedi sedianya diperiksa Subdit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Ditreskrimsus Polda Jateng.

Iwan rencananya akan diperiksa sebagai saksi ihwal dugaan korupsi hibah delapan bidang tanah di Kecamatan Mijen dari Perumahan Bukit Semarang Baru (BSB), yang dikelola PT Karyadeka Alam Lestari kepada Pemkot Semarang. Dugaan penyalahgunaan hibah tersebut terjadi pada 2010.

Namun, sehari sebelum menjadi saksi atau bertepatan akan menjadi narasumber sebuah acara di Hotel Grasia Kota Semarang, Iwan Boedi sudah tidak diketahui keberadaannya.

Pihak keluarga pun melaporkan hilangnya Iwan Boedi kepada polisi. Kemudian, pada 8 September 2022, korban ditemukan tewas secara mengenaskan di Kawasan Marina Kota Semarang.

Kondisi PNS Kota Semarang itu 100 persen hangus terbakar dan kepalanya hingga sekarang belum ditemukan.(mcr5/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Redaktur : M. Fathra Nazrul Islam
Reporter : Wisnu Indra Kusuma

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler