200 Motor BBM Disiapkan di Jalur Mudik

Senin, 04 Juni 2018 – 00:05 WIB
Kemacetan di Tol Cipali. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Guna menjamin pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) saat arus mudik dan balik lebaran tahun ini, Pertamina menyiapkan 200 motor penjual BBM yang ditempatkan di sekitar daerah rawan kemacetan. Sebanyak 40 motor di antaranya melayani penjualan di jalur tol Trans Jawa.

”Satu motor dapat membawa 50 liter. Total motor BBM yang disiapkan di jalur mudik Jawa dan Sumatera sekitar 200 motor untuk antisipasi kendaraan yang kehabisan BBM saat terjebak macet,” ujar Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan, saat meninjau Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di rest area tol Cipali, Sabtu (2/6).

BACA JUGA: Diskon Tarif Tol saat Mudik Sebesar 10 Persen

Pada kesempatan itu, Jonan juga sempat mencoba motor penjual BBM. Pada motor tersebut terdapat lima jirigen yang masing-masing dapat terisi 10 liter BBM. Dalam rangka mengantisipasi permintaan BBM jenis premium, akan ada tambahan sebanyak 571 SPBU di Jawa Madura Bali (Jamali) yang akan menjual Premium.

”Sesuai arahan bapak Presiden, sebisa mungkin Premium disediakan lebih merata. Jadi SPBU yang menjual Premium akan meningkat dari sekitar 1500 SPBU menjadi 2000 lebih SPBU di Jamali. Satu hari satu SPBU bisa suplai Premiun 8000 liter, itu cukup. Itu banyak lho,” bebernya.

BACA JUGA: Waspada, Tol Salatiga-Colomadu Belum Sempurna untuk Pemudik

Jonan menambahkan tambahan sebanyak 571 SPBU yang menjual Premium akan siap operasi bertahap paling lambat 6 Juni mendatang.

SPBU di tol Cipali km 57A ini merupakan satu dari tujuh titik fasilitas penyediaan BBM di jalur mudik Jakarta-Surabaya yang ditinjau Menteri Jonan pada hari Sabtu lalu (2/6). Dalam kunjungan lapangsn tersebut Menteri Jonan didampingi oleh Plt Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati beserta jajaran. (agf)

BACA JUGA: Jelang Mudik 2018, Polri Mulai Petakan Titik-titik Kemacetan

BACA ARTIKEL LAINNYA... BCA Siapkan Uang Tunai Rp 45 Triliun


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler