212, 30 KA Diberhentikan di Jatinegara, nih Daftarnya

Kamis, 01 Desember 2016 – 07:01 WIB
Penumpang kereta api. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Aksi damai 212 langsung diantisipasi oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI).

Perjalanan sejumlah kereta api (KA) dari Jakarta melalui stasiun Gambir pada Jumat (2/12) esok akan diberhentikan di stasiun Jatinegara.

BACA JUGA: Jadi Bidikan Investor Asing, Saham Pakuwon Catat Rekor

Senior Manager Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Sapto Hartoyo menuturkan, rekayasa keberangkatan KA jarak jauh dilakukan lantaran lokasi demo berdekatan dengan stasiun Gambir.

Seperti diketahui, aksi damai 212 akan dipusatkan di Monumen Nasional (Monas).

BACA JUGA: Layani Feri Jarak Jauh, ASDP Siapkan 5 Unit Kapal

”KAI memperkirakan akses menuju Stasiun Gambir akan sedikit terganggu. Untuk itu perlu dilakukan antisipasi keberangkatan KA dari Stasiun Gambir,” tuturnya di Jakarta, kemarin (30/11).

Adapun bentuk antisipasi yang dilakukan KAI DAOP 1? Jakarta adalah memberhentikan KA jarak jauh di stasiun Jatinegara.

BACA JUGA: Radana Finance Diversifikasi Usaha Pembiayaan Multiguna

Kebanyakan, KA yang diberangkatkan melalui stasiun Gambir merupakan KA kelas bisnis dan eksekutif.

”Jadi penumpang KA yang kesulitan untuk menuju ke Gambir bisa naik dari Stasiun Jatinegara, dimana biasanya KA keberangkatan Stasiun Gambir tidak berhenti di Stasiun ini. Hal ini demi memudahkan pelayanan penumpang,” jelasnya.

Dia menyampaikan, rekayasa keberangkatan KA jarak jauh ini berlaku mulai keberangkatan KA 20 (Argo Parahyangan) dengan jadwal keberangkatan pukul 05.00 WIB sampai dengan KA 58 (Purwojaya) pada pukul 22.15 WIB.

“Dengan demikian, total ada 30 KA yang diberhentikan di Jatinegara. Jumlah tersebut terdiri dari 27 KA Reguler dan 3 KA Tambahan.

”Seluruhnya tetap berangkat dari Gambir sesuai jadwal. namun ada penyesuaian pola operasi di Stasiun Jatinegara sehingga juga berhenti di sana,” tegas Sapto. Untuk mengantisipasi perpindahan ini, pihaknya sudah menyiapkan petugas guna membantu dan mengarahkan calon penumpang.

PT KAI pun menghimbau para penumpang untuk mengantisipasi dan memperkirakan waktu keberangkatan KA-nya sehingga  tidak tertinggal.

Sapto juga meminta agar calon penumpang memastikan nama yang tertera pada tiket/kode booking sesuai dengan nama yang tertera pada kartu identitas. Agar, proses check in lebih lancar.

Adapun daftar KA yang berangkat dari stasiun Gambir dan juga akan berhenti luar biasa (blb) di Stasiun Jatinegara adalah KA 20 (argo parahyangan), KA 40a (Argo jati tambahan), KA 14 (Argo Muria), KA 10 (argo dwipangga), KA 22 (argo parahyangan), KA 52 (taksaka), KA 64a (tegal bahari), KA 2 (argo anggrek), KA 16a (argo jati), KA 24 (argo parahyangan), KA 66a (tegal bahari), KA 68a (cirebon ekspres), KA 34 (argo parahyangan), KA 56 (bangunkarta), KA 26 (argo parahyangan).

Kemudian, KA 12 (argo sindoro), KA 44 (bima), KA 18 (argo jati), KA 42 (gajayana), KA 28 (argo parahyangan), KA 48 (sembrani), KA 70a (tegal bahari), KA 30 (argo parahyangan), KA 8 (argo lawu), KA 72a (cirebon ekspres tambahan), KA 54 (taksaKA), KA 8f (argo lawu tambahan), KA 4 (argo anggrek), KA 62a (cirebon ekspres) dan KA 58 (purwojaya). (tyo/wan/byu/mia/dod/sam/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Buat yang Naik Kereta pada 2 Desember, Tolong Perhatikan ini ya


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler