217 Ribu Warga Kepri Diprediksikan Mudik via Kapal Laut

Senin, 21 Juli 2014 – 16:35 WIB

jpnn.com - BATAM - Arus mudik lebaran tahun 2014 ini meningkat 5 hingga 8 persen dari tahun sebelumnya. Sekitar 217 Ribu  warga Kepulauan Riau (Kepri) diperkirakan akan mudik melalui angkutan laut pada lebaran kali ini.

Kepala Kantor pelabuhan Batam di Batuampar, Hari Setyobudi menuturkan, penumpang kapal laut untuk mudik kali ini diperkirakan mencapai 217 ribu pemudik.

BACA JUGA: Sambut Lebaran, Sepatu Bermerek Sale Besar-besaran

Sebanyak 10.672 penumpang mudik melalui Pelabuhan Domestik Sekupang, 3.913 penumpang di Pelabuhan Beton Sekupang, 17.575 penumpang di Pelabuhan Domestik Telagapunggur dan 2.757 penumpang di Pelabuhan Domestik Harbour Bay.

Untuk persiapan arus mudik ini, Kanpel Batam menyiapakan 133 kapal. Dan jauh sebelum hari hal, pihaknya sudah melakukan pemeriksaan terhadap armada kapal yang akan melayani lonjakan penumpang tersebut.

BACA JUGA: 16 Posko Mudik Lebaran Dibangun di Bekasi

“Semua kapal yang akan melayani penumpang ini nanti sudah ada sertifikat berlayara. Pemeriksaan kelayakan kapal meliputi uji keselamatan, kontruksi dan nakhoda serta ABK kapal,” tuturnya.

Untuk pelabuhan Domestik Sekupang dikatakan Hari, ada 39 armada yang terdiri dari 25 kapal tetap dan 14 armada tambahan.

BACA JUGA: Amankan Pemudik, Polda Jabar Terjunkan 500

Sementara Untuk mengangkut penumpang di Pelabuhan Beton Sekupang, PT Pelni telah mempersiapkan KM Kelud yang siap mengangkut 2.652 penumpang.

Selain itu, PT Pelni juga telah menyiapkan satu armada tambahan, KM Sinabung untuk tujuan Tanjungpriok, Jakarta pada 25 Juli mendatang dan diperkirakan ada sebanyak 2.652 penumpang.

Di Pelabuhan Domestik Telagapunggur, sebanyak 19 armada kapal telah disiapkan untuk tujuan Tanjungpinang, Tanjunguban dan Lobam yang bisa mengangkut 2.514 penumpang. ”Kami juga sediakan penambahan 9 armada kapal yang siap membawa 1.337 penumpang,” ujar Hari

Untuk penyeberangan menggunakan kapal Roro telah dipersiapkan sebanyak 5 armada. Satu armada kapal siap membawa 925 penumpang, 95 unit mobil dan 280 unit sepeda motor.

Pelabuhan Harbour Bay, Kanpel juga telah menyiapkan 5 armada kapal yang siap mengangkut 960 penumpang perhari.

“Tahun 2013 lalu tercatat sebanyak 197.987 penumpang. Diperkirakan tahun ini naik sebesar 10 persen menjadi 217.786 penumpang,” jelasnya.

Selain itu Kanpel juga telah mempersiapkan posko mudik di empat pelabuhan, Pelabuhan Domestik Sekupang, Pelabuhan Beton Sekupang, Pelabuhan Domestik Telagapunggur dan Pelabuhan Domestik Harbour Bay.

Untuk pengamanan sendiri, Kanpel Batam melibatkan ratusan personil gabungan dari Polri, TNI AL, TNI AD, Kanpel Batam, Ditpam Batam, Dishub Pemko Batam.

“Ada juga pelayanan kesehatan disiapkan 12 dokter dan 30 tenaga medis, 8 personil dari Jasa Raharja dan 4 unit mobil ambulan,” tutup Hari. (eja)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pemudik Lebih Pilih Kendaraan Pribadi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler