24 Pemain Lolos Seleksi Timnas U-23

Joey Suk Batal Ikut Naturalisasi

Minggu, 31 Juli 2011 – 05:21 WIB
Sesi seleksi timnas U-23. Foto: Dok. JPNN.
KOTA BATU - Setelah menggelar seleksi sejak 25 Juli lalu, pelatih Rahmad Darmawan akhirnya memilih 24 pemain yang berhak mengikuti persiapan Timnas U-23Namun, nama-nama pemain yang lolos seleksi tersebut belum tentu memperkuat Timnas U-23 di SEA Games 2011

BACA JUGA: Boleh Main di Pertandingan Antarkampung

Pasalnya, tim pelatih masih membuka peluang masuknya pemain lain, plus memberlakukan promosi dan degradasi (promdeg) selama pemusatan latihan (training center).

Seleksi yang berlangsung di Kota Batu itu awalnya diikuti 42 pemain
Mereka disaring hingga menjadi 24 pemain saja

BACA JUGA: Pemain Kembali Libur Panjang

Di antara 24 penggawa itu, mayoritas didominasi pemain dari Indonesia Super League (ISL) maupun divisi utama
Adapun Liga Primer Indonesia (LPI) menyumbang dua nama, yakni Kim Jeffrey Kurniawan (Persema) dan Juned Hardianto (Ksatria XI Solo FC).

Namun, 24 nama itu belum termasuk enam pemain Timnas U-23 yang juga memperkuat timnas senior

BACA JUGA: Rematch Final Liga Champions

Mereka adalah Kurnia Meiga Hermansyah (Arema), Egi Melgiansyah (Pelita Jaya), Gunawan Dwi Cahyo (Sriwijaya FC), Ferdinand Sinaga (Persiwa), Oktavianus Maniani (Sriwijaya FC), dan Irfan Bachdim (Persema)Enam pemain tersebut otomatis lolos dan tidak perlu mengikuti seleksi"Khusus pemain di timnas senior, mereka akan bergabung usai agenda Pra-Piala Dunia 2014 berakhir September nanti," jelas Rahmad.

Pelatih yang disapa RD itu mengungkapkan bahwa tim pelatih juga masih memberikan kesempatan kepada empat pemain untuk mengikuti seleksi susulanMereka adalah Patrick Wanggai (Persidafon), Andik Vermansyah (Persebaya 1927), Marcelino Mandagi (Bontang FC), dan Fery Bayu Thomas (Persela U-21)Keempat pemain tersebut tidak bisa mengikuti agenda seleksi karena sakit dan cedera.

Bukan hanya ituRD dan tim pelatih juga masih menunggu kedatangan sejumlah pemain naturalisasi seperti Diego Michiels, Joey Suk, dan Ruben WuarbanaranJuga dua pemain SAD yang tengah magang di klub Uruguay: Syamsir Alam dan Zainal Haque"Kami masih menunggu izin dari klub mereka," kata pria yang pernah sukses ketika membesut Persipura dan Sriwijaya FC itu.

RD berharap, para pemain yang diberi kesempatan seleksi susulan itu bisa bergabung pada pemusatan latihan yang akan digelar mulai 3 Agustus hingga menjelang Lebaran"Kami berlakukan promosi dan degradasi, hingga nanti akan menjadi 22 pemain saja," ujar diaKe-22 pemain itulah yang nanti akan membela Indonesia di SEA Games 2011.

Sementara, obsesi Kim Jeffrey Kurniawan mengenakan kostum timnas Indonesia terwujudNamun, Kim tidak puas sampai lolos seleksi sajaDia bertekad lolos memperkuat Timnas U-23 di SEA Games 2011"Saya senang bisa masuk timnasTapi saya harus terus berjuang," ucap adik kandung Jennifer Kurniawan - istri Irfan Bachdim - ini.

Sementara itu pula, kabar kurang bagus disampaikan Deputy Bidang Teknik Badan Tim Nasional (BTN) Iman ArifKepada media ini kemarin, Iman menyatakan bahwa salah satu calon pemain naturalisasi Joey Suk membatalkan keinginannya untuk menjadi warga negara Indonesia (WNI)Padahal, paspor gelandang Goa Ahead Eagles (tim Divisi I Liga Belanda) itu selangkah lagi tuntas.

Awalnya, bersama dua pemain keturunan lainnya, Diego Michiels dan Ruben Wuarbanaran, Joey Suk akan ikut seleksi di skuad timnas U-23"Joey Suk sudah menghubungi sayaDia menyatakan membatalkan diri untuk dinaturalisasiAlasannya, ya karena setelah melihat perkembangan sepakbola di sini," kata Iman Arif.

"Ruben dan Diego sebentar lagi datang, dan akan diambil sumpahnya sebagai warga negara IndonesiaMereka juga sudah teken kontrak dengan Pelita Jaya," sambung Iman Arif pula(ali)

Daftar Pemain yang Lolos Seleksi:

Penjaga Gawang
1Rifky Mokodompit (Persita)
2Andretani Adyaksa (Persija)
3Johan Angga Kusuma (Persijap)

Pemain Belakang
4Abdurrahman (Pelita Jaya)
5AA Ngurah Wahyu Trisnajaya (Persija)
6Septyahadi (PSPS)
7Irfan Raditya (Arema)
8Joko Sidik (Bontang FC)
9Stevie Bonsapia (Persipura)
10Hasyim Kipuw (Persija)
11Hendro Siswanto (Persela)

Pemain Tengah
12Johan Juansyah (Persijap)
13Joko Sasongko (Pelita Jaya)
14Mahardika Lasut(Sriwijaya FC)
15Juned Hardianto Wibowo (Solo FC)
16Dendi Santoso (Arema)
17Ramdani Lestaluhu (Persija)
18Kim Jeffry Kurniawan(Persema)
19Zulham Zamrun (Persela)

Pemain Depan
20Yongky Aribowo (Arema)
21Titus Bonai (Persipura)
22Jajang Mulyana (Sriwijaya FC)
23Lucas Mandowen (Persipura)
24Fauzi Rishaldi (Persita)

Pemain di Timnas Senior:
1Kurnia Meiga (Arema)
2Egi Melgiansyah (Pelita Jaya)
3Gunawan Dwi Cahyo (Sriwijaya FC)
4Ferdinand Sinaga (Persiwa)
5Oktavianus Maniani (Sriwijaya FC)
6Irfan Bachdim (Persema)

Pemain Ikut Seleksi Susulan:
1Patrick Wanggai (Persidafon)
2Andik Vermansyah (Persebaya 1927)
3Marcelino Mandagi (Bontang FC)
4Fery Bayu Thomas (Persela U-21)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Serena Tantang Sharapova di Standford


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler