244 Kabupaten/Kota Terancam Tak Bisa Terima PNS Baru

Rabu, 09 Maret 2016 – 18:20 WIB
Yuddy Chrisnandi. Foto: JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi mengungkapkan, sebanyak 244 kabupaten/kota tak bisa merekrut pegawai negeri sipil lagi.

Sebab, belanja pegawai di 244 kabupaten/kota itu di atas 50 persen. Yang lebih miris, ada sejumlah daerah yang belanja pegawainya di atas 70 persen.

BACA JUGA: Mengenang Kelahiran untuk Menorehkan Tinta Emas

"Bagaimana bisa membangun daerah kalau belanja pegawainya saja di atas 50 persen, bahkan 70 persen.‎ Itu data belanja pegawai per Desember 2015, bisa jadi persentasenya bertambah lagi," kata Yuddy, Rabu (9/3).

Guru besar FISIP Unas ini memastikan, pihaknya tidak akan memberikan formasi kepada daerah-daerah yang belanja pegawainya di atas 50 persen. Dia khawatir, daerah-daerah itu kesulitan menggaji pegawai.

BACA JUGA: Waduh, Menpan RB dan Keluarga Dapat SMS Teror

"Daerah-daerah tersebut masuk dalam kategori tidak aman karena akan mengalami kesulitan dalam mendanai kebutuhan pembangunan. Pasti untuk bayar gaji pegawai sudah ngos-ngosan. Apalagi untuk mengangkut sampah, pasti tidak mampu. Kalau sudah begitu carut-marut kotanya," kata menteri asal Partai Hanura itu. (esy/jpnn)

BACA JUGA: Wonderful Indonesia Gaya Minangkabau Mengangkasa di Malaysia

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ditangkap karena Ancam Bantai Menteri, Honorer K2 Minta Maaf


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler