25 Orang Keracunan Setelah Makan di Acara Sunatan, Polisi Langsung Bergerak

Selasa, 06 Agustus 2024 – 00:21 WIB
Suasana sejumlah korban keracunan mendapat perawatan seusai menyantap makanan pada pesta hajatan sunatan di ruangan IGD RSUD Syekh Yusuf, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. ANTARA

jpnn.com, GOWA - Polres Gowa menyelidiki kasus keracunan makanan yang digelar tuan rumah dalam sebuah hajatan sunatan hingga mengakibatkan 25 orang korban harus dilarikan ke puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Syekh Yusuf Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

"Jadi, yang diperiksa untuk saat ini adalah pemilik hajatan. Pemilik hajatan inisial SY dan DM," kata Kasubsi PIDM Humas Polres Gowa Ipda Udin Sibadu kepada wartawan, Senin (5/8).

BACA JUGA: Oh Ternyata, Ini Alasan Edward Akbar tak Hadiri Panggilan Polisi Terkait Laporan Kimberly Ryder

Dari hasil pemeriksaan pengakuan dari pemilik hajatan makanan bukan dari katering untuk menjamu tamu undangannya, melainkan memasak dan memproduksi sendiri makanan tersebut.

Dia menjelaskan berdasarkan laporan kejadian keracunan makanan di pesta tersebut berada di Lingkungan Mapala, Kelurahan Pangka Binanga, Kecamatan Palangga, Kabupaten Gowa pada 4 Agustus 2024 sekitar pukul 16.00 WITA.

BACA JUGA: Buntut Siswa Keracunan Minuman, Kepsek SD 39 Palembang Imbau Siswa Bawa Bekal Makanan dari Rumah

Di pesta hajatan itu, kata dia, ada beberapa masyarakat yang mengalami keracunan. Di antaranya mereka kejang-kejang kemudian mengalami mual bahkan ada beberapa undangan yang muntah.

"Jadi di samping tamu undangan hajatan ini, juga didapat informasi bahwa anak dari yang punya hajatan itu dua orang kena muntah dan keracunan juga," papar Udin.

BACA JUGA: Diduga Keracunan Minuman, 5 Siswa SD di Palembang Dilarikan ke RS

Usai kejadian itu, anggota Polsek Pallangga ke Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan ke Puskesmas. Tim lalu mengambil 10 sampel makanan yang disajikan tuan rumah untuk diperiksa di Puskesmas. Tercatat, ada 25 korban keracunan dirawat di RSUD Syekh Yusuf dan Puskesmas Palangga.

"Para korban yang mengalami muntah-muntah tadi sudah dipulangkan ke rumahnya, karena sudah dirawat oleh pihak puskesmas dan rumah sakit. Hari ini, tinggal satu orang sementara di rawat," paparnya.

Saat ditanyakan kapan hasil pemeriksaan itu dikeluarkan, kata Udin, aturannya satu kali 24 jam dari Puskesmas untuk diberikan keterangan berkaitan dengan kasus keracunan itu.

"Jadi langkah hukumnya nanti setelah pihak penyidik Polsek Palangga melakukan penyelidikan, mengumpulkan barang bukti, menanyakan saksi-saksi yang ada di lokasi. Nanti ditentukan setelah proses penyidikan. Belum ditentukan (tersangka), karena kita minta informasi dari beberapa pihak," tuturnya.

Secara terpisah, Kepala IGD RSUD Syekh Yusuf Gowa Badollahi mengungkapkan, gejala yang dialami pasien korban seperti muntah, sakit perut dan sakit kepala. Seusai informasi yang didapatkan, penyebab keracunan itu dari makanan di pesta sunatan.

"Informasi dari orang tua pasien itu (makanan) seperti ayam suwir. Alhamdulillah, sampai saat ini pasien sudah berangsur baik dan banyak sudah dipulangkan. Ada pasien anak belum pulang, karena masih lemas, nyeri perutnya dan merasa mual, makanya masih dirawat," katanya. (antara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Keracunan Zat Kimia, WNA Asal Suriah Dievakuasi Tim Basarnas


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler