27 Atlet Diangkat jadi PNS, Yayuk Basuki: Baru di Era Pak Jokowi

Senin, 17 Juli 2023 – 07:21 WIB
Legenda tenis Indonesia Yayuk Basuki mengetakan baru di era pemerintahan Presiden Jokowi atlet berprestasi diangkat jadi PNS. Ilustrasi Foto: Dokumen DPP PDIP

jpnn.com - JAKARTA – Pemerintah telah resmi mengangkat 27 atlet berprestasi menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di di Kementerian Pemuda dan Olahraga pada 5 Juli 2023.

Dua dari 27 atlet yang diangkat menjadi PNS lewat jalur atlet berprestasi ialah Aldila Sutjiadi dan Christopher Rungkat yang merupakan atlet dari cabang olahraga tenis.

BACA JUGA: Letjen Richard Tampubolon, Pengalaman Tempur & Ide Membentuk Atlet Bermental Petarung

Legenda tenis Indonesia Yayuk Basuki mengaku senang atlet-atlet berprestasi di Indonesia mendapatkan dukungan nyata dari pemerintah, yakni mereka diangkat menjadi PNS.

“Sebetulnya sebagai ASN pun bagian sangat kecil, tapi paling tidak ada apresiasi dari pemerintah sekarang. Jadi tidak hanya sebatas bonus, tetapi masa depan mereka harus dipikirkan,” ucap Yayuk ketika ditemui awak media saat mengikuti acara nonton bareng final Wimbledon di OPPO Gallery, Gandaria City, Jakarta, Minggu (16/7) malam.

BACA JUGA: Honorer Tua jadi PPPK Part Time, Bukan PNS, Alasan Pemerintah Bikin Heran

“Ini yang saya rasa sedikit demi sedikit, mudah-mudahan bisa membantu atlet-atlet yang senior yang mungkin dari masa berbeda,” kata Yayuk.

Mantan petenis yang dijuluki “The Jaguar of Asia” ini lalu bercerita bagaimana dia dahulu menjadi salah seorang yang memperjuangkan program ini sejak 2014.

BACA JUGA: RUU ASN: Ini Pasal Honorer Diangkat jadi PNS, Wajib!

“Saya perjuangkan dari 2014, tetapi memang baru bisa masuk dan masuk ke sistem direvisi di undang-undang olahraga yang baru, ini baru masuk,” ucap perempuan kelahiran 30 November 1970 itu.

Dia mengatakan, kehidupan atlet setelah pensiun patut diberi perhatian oleh pemerintah dan oleh karena itu program pengangkatan atlet berprestasi menjadi PNS Kemenpora ini muncul.

“Jadi life after sport-nya atlet harus dipikirkan, kebetulan saya waktu itu salah satu yang ada di dalam sistem. Saya coba nge-push, ini mereka harus diapresiasi, paling tidak apa pun tapi harus tertera di situ,” kata wanita 52 tahun itu.

“Atlet yang dulu, bukan atlet yang hanya juara SEA Games, enggak. Dia juara Asian Games, Olympics, ini perlu perhatian lagi. Bayangin mereka cedera, mereka harus biaya sendiri, mereka mesti operasi dan lain-lain,” tambahnya.

“Bayangin dulu perjuangan mereka buat Indonesia yang begitu luar biasanya, pemerintah belum mampu mengapresiasi, baru di era pemerintahan Pak Jokowi ini atlet-atlet ini diapresiasi,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Christo yang saat ditemui awak media berada di sebelah Yayuk juga sangat senang.

Hal ini dikarenakan sebagai atlet, kerja keras dan prestasinya mendapat dukungan nyata dari pemerintah yang kini sedang dipimpin Presiden Jokowi.

“Bukti nyata dukungan dari pemerintah. Itu merupakan apresiasi yang luar biasa yang sudah dicanangkan Presiden,” kata Christo.

Daftar Nama 27 Atlet Diangkat jadi PNS Kemenpora

1. Aldila Sutjiadi (Tenis)

2. Christopher Benjamin Rungkat (Tenis)

3. Edgar Xavier Marvelo (Wushu)

4. Felda Elvira Santoso (Wushu)

5. Haris Horatius (Wushu)

6. Rifda Irfanaluthfi (Senam)

7. Sri Wahyu Agustiani (Angkat Besi)

8. Angga Pratama (Bulu Tangkis)

9. Edi Subaktiar (Bulu Tangkis)

10. Firman Abdul Kholik (Bulu Tangkis)

11. Fitriani (Bulu Tangkis)

12. Hafiz Faizal (Bulu Tangkis)

13. Ihsan Maulana (Bulu Tangkis)

14. Ni Ketut Mahadewi Istarani (Bulu Tangkis)

15. Debby Susanto (Bulu Tangkis)

16. Greysia Polii (Bulu Tangkis)

17. Tantowi Ahmad (Bulu Tangkis)

18. Lilyana Natsir (Bulu Tangkis)

19. Anthony Sinisuka Ginting (Bulu Tangkis)

20. Apriyani Rahayu (Bulu Tangkis)

21. Gregoria Mariska Tunjung (Bulu Tangkis)

22. Fajar Alfian (Bulu Tangkis)

23. Jonatan Christie (Bulu Tangkis)

24. Kevin Sanjaya Sukamuljo (Bulu Tangkis)

25. Marcus Fernaldi Gideon (Bulu Tangkis)

26. Mohammad Ahsan (Bulu Tangkis)

27. Muhammad Rian Ardianto (Bulu Tangkis). (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : Soetomo Samsu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler