3 Film Spesial Sejarah Akan Tayang di tvOne September Ini

Jumat, 02 September 2022 – 19:47 WIB
3 Film Spesial Sejarah Akan Tayang bulan ini. Foto: tvOne

jpnn.com, JAKARTA - Stasiun televisi tvOne berkomitmen untuk memberikan hiburan yang berkaitan dengan sejarah.

Bulan ini, tvOne kembali menyuguhkan 3 film spesial sejarah berlatar waktu dan kejadian sejarah pada September 1984 dan 1965.

BACA JUGA: Moeldoko Punya Misi Khusus Ajak Generasi Milenial Nonton Film Sayap Sayap Patah

Berikut sinopsis ketiga film spesial yang bakal tayang di tvOne:

1. Singa Lodaya

Film berdurasi 1,5 jam ini tayang pada Minggu (4/9) pukul 21.00 WIB. Singa Lodaya yang dirilis pada 1978 ini bercerita tentang kisah pasukan Mobrig (mobile brigade) yang berjuang untuk kemerdekaan melawan penjajah Belanda dan penumpasan pemberontakan PKI Muso di Madiun pada 1948.

BACA JUGA: Ini 5 Film China Terbaik Sepanjang Sejarah, Wajib Ditonton!

Dalam kisah perjuangan itu, ternyata terselip sebuah dendam dalam pasukan. Berawal dari seorang warok bernama Mujo Sang Singa Lodaya, yang pernah berambisi menjadi warok di atas para warok.

Mujo jatuh cinta pada istri Gembong (warok yang sudah mengundurkan diri). Terjadilah pertarungan antara Singa Lodaya dan Gembong, yang berakhir dengan tewasnya Gembong.

BACA JUGA: Rayakan Hari Kemerdekaan, tvOne Tayangkan Film De Oost dan Kereta Api Terakhir

Kejadian itu disaksikan anak lelaki Gembong, bernama Kasim yang masih kecil. Kasim yang sudah besar dan berada dalam satu pasukan dengan Mujo.

Kasim menantang Mujo untuk berkelahi. Duel terhenti oleh datangnya kawan-kawan seperjuangan, apalagi kemudian salah satu komandan yang tahu kisah Mujo, menceritakan kejadian sebenarnya pada Kasim.

Film yang disutradarai Yudhi DH dan Soeparmin ini dibintangi Ami Jaya, S Naryo Hadi, WD Mochtar, Pipiet Sandra, serta Soeryoedi Ananta Yudha.

2. Surat dari Praha

Film bergenre drama romansa yang disutradarai Angga Dwimas Sasongko ini akan tayang pada Minggu (18/9) pukul 21.00 WIB.

Surat dari Praha terinspirasi dari kisah sejarah para pellajar Indonesia di luar negeri yang tidak bisa pulang ke tanah air pascatragei Gerakan 30 September 1965.

Film ini berkisah tentang Larasati (Julie Estelle) yang terpaksa memenuhi wasiat ibunya, Sulastri (Widyawati) untuk mengantarkan sebuah kotak dan sepucuk surat untuk Jaya (Tio Pakusadewo) di Praha.

Dibesarkan di tengah kehidupan keluarga yang tidak harmonis, hubungan Larasati dan ibunya tidak pernah benar-benar baik. Jaya, mantan tunangan ibunya, gagal memenuhi janji untuk kembali puluhan tahun silam akibat perubahan situasi politik.

3. Pengkhianatan G 30/S PKI

Film ini akan tayang pada penghujung September, Jumat (30/9) pukul 20.00 WIB. Tahun ini menjadi kelima kali tvOne menayangkan film kontroversial ini.

Pengkhianatan G 30/S PKI diproduksi pada 1984 ini disutradarai dan ditulis oleh Arifin C Noer, dengan produser G Dwipayana. 

Film yang dibintangi oleh Amoroso Katamsi, Umar Kayam, Ade Irawan, dan Syubah Asa, ini dibuat untuk mengenang momen sejarah yang diperingati tiap akhir September.

Peristiwa berdarah, pembunuhan beberapa jenderal yang kemudian dikubur dalam sumur sempit, Lubang Buaya. Sebuah dokudram yang dibuat dengan sangat detail dan meyakinkan dari sudut pandang tertentu. (jlo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler