3 Nama Ini Diusulkan jadi Pj Gubernur Sumsel, Salah Satunya Sekda SA Supriono

Jumat, 01 September 2023 – 22:36 WIB
Ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan Anita Noeringhati memimpin rapat bersama fraksi menetapkan 3 calon Pj Gubernur Sumsel, Jumat (1/9). Foto: Dokumentasi Humas Pemprov Sumsel

jpnn.com, PALEMBANG - DPRD Provinsi Sumatera Selatan akhirnya memilih tiga nama diusulkan menjadi penjabat (Pj) Gubernur Sumsel ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Ketua DPRD Sumsel Anita Noeringhati menyampaikan pihaknya bersama sembilan fraksi telah bersepakat ada tiga nama diusulkan menjadi pj gubernur menggantikan Herman Deru yang masa jabatannya akan berakhir pada 1 Oktober 2023.

BACA JUGA: Pemprov Sumsel Bekali Tenaga PPEP Agar Siap Mengikuti Sertifikasi Penyuluh Pertanian

Dia menyebutkan ketiga nama tersebut, yakni Sekretaris Daerah (Sekda) Sumsel SA Supriono, Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Prof Nizar Ali, dan Staf Ahli Menteri Bidang Logistik dan Multimoda Kementerian Perhubungan Robby Kurniawan.

Anita menjelaskan sebelumnya DPRD Sumsel telah menyaring lima nama.

BACA JUGA: Sekda Sumsel: Rumusan Penyusunan KLHS RPJPD Harus Bermuara Pada Kesejahteraan Masyarakat

Selain tiga nama yang dipilih untuk diusulkan ke Kemendagri tersebut, ada pula nama Deputi Hukum Advokasi dan Pengawasan Regulasi Kemas Tajudin, dan Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Kemendagri Agus Fatoni.

Anita juga menyampaikan alasan dipilih tiga orang tersebut, karena masing-masing fraksi mempunyai pertimbangan, salah satunya Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) tentang Pengajuan Pengusulan Penjabat Jabatan Pimpinan Madya.

Di Sumsel, kata Anita, hanya ada satu orang yang memenuhi syarat tersebut, yaitu Sekda SA Supriono.

“Kemudian untuk tingkat pusat, ada Prof Nizar Ali. Jadi, ada beberapa fraksi, termasuk Partai Golkar, mengusulkan Robby Kurniawan, yang beliau memang sudah kami kenal,” tegas Anita.

Sementara itu, Robby Kurniawan mengatakan sebagai aparatur sipil negara (ASN) yang memiliki hubungan emosional yang erat dengan Sumsel, dirinya siap apabila diamanatkan pemerintah sebagai penjabat gubernur.

Menurut Robby, hal ini menjadi suatu kehormatan dan kesempatan yang baik baginya untuk membangun dan memajukan daerah bersama seluruh komponen masyarakat Sumsel.

"Namun demikian, sebagaimana diketahui saat ini semua masih berproses, baik di DPRD maupun Kemendagri," ungkap Robby.

Untuk itu, menurut Robby, biarlah prosesnya mengalir dan proses seleksi terus berjalan.

“Insyaallah pada saatnya pemerintah akan menetapkan dan memilih sosok yang terbaik sebagai Penjabat Gubernur Sumsel,” ujar Robby. (mrk/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler