3 Perbedaan Beras Asli dengan Beras Plastik

Kamis, 21 Mei 2015 – 05:21 WIB
Hasil masakan beras yang diduga berbahan baku plastik yang berwarna putih bersih dan menggumpal setelah menjadi nasi. Bila dipegang, terasa lembek tapi kenyal. Foto: Ariesant/Radar Bekasi/JPNN.com

jpnn.com - JPNN.com BEKASI - Dewi Seftiani menceritakan pengalamannya saat menemukan beras plastik. Dari pengalaman pemilik warung nasi uduk di ruko Granade Blok F19 No 37 Kelurahan Mustikajaya, Bekasi, Jawa Barat inilah, beras sintetis itu terbongkar.

Dewi mengatakan bahwa ada tiga perbedaan yang mencolok dari beras sintetis atau yang dikenal dengan beras plastik dengan beras asli.

BACA JUGA: JK: Saya akan Bantu, Insya Allah Selesai

1. Warna

BACA JUGA: Garap Istri PNS di Rumah Dinas, Hakim Hastono Dipecat

Beras sintetis lebih berwarna putih dan terlihat bersih. Beda dengan warna beras asli yang berwarna putih tapi sedikit keruh.

”Butiran beras yang baru saya beli terlihat bening tanpa kotoran dan warna pun sangat mencolok. Kalau beras asli, di dalam butiran akan terlihat warna putih kecil di tengah-tengah,” terangnya.

BACA JUGA: Wakili Presiden, Bu Menteri ini Disambut Meriah

”Kalau dilihat sekilas saja, memang sama. Tapi, kalau dilihat lebih teliti lagi, baru terlihat perbedaannya,” kata Dewi.

2. Wujudnya

Beras sintetis bila dipegang agak licin. Sementara beras asli terasa kasar.

3. Menggumpal Setelah Dimasak

Perbedaan yang mencolok ketika dimasak. Dewi mengatakan beras plastik akan menggumpal setelah menjadi nasi. Bila dipegang, terasa lembek tapi kenyal.

”Setelah jadi nasi, kok saya lihat bentuknya beda, nggak kayak nasi pada umunnya,” ucap Dewi saat ditemui di warungnya. (awa/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ini Kritik Tajam Sekjen PDIP Terhadap Kinerja Pembantu Jokowi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler