3 Ramuan Alami Bakalan Bikin Kolesterol Tinggi Langsung Ambyar

Minggu, 01 Mei 2022 – 05:07 WIB
Bawang Merah. Foto : Ricardo/JPNN com

jpnn.com, JAKARTA - TIDAK ada orang yang ingin kolesterolnya meningkat terlalu tinggi karena bisa memberikan efek samping berbahaya untuk tubuh.

Kolesterol tinggi biasanya disebabkan karena naiknya kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

BACA JUGA: Turunkan Kolesterol Tinggi dengan 3 Ramuan Alami Ini

Kolesterol tinggi ini bisa memengaruhi kesehatan jantung dan otak.

Untuk menurunkannya, ada beberapa ramuan alami yang bisa Anda konsumsi.

BACA JUGA: Atasi Bau Badan dengan 5 Ramuan Alami Ini

Berikut penjelasanya, seperti dikutip laman Thehealthsite.

https://www.thehealthsite.com/diseases-conditions/3-easy-home-remedies-to-reduce-cholesterol-levels-153661/?fbclid=IwAR3euVIH0Qm3eWN8uaSSQrbvnpCoQST29mEq_jnAy4kVFH_6RkMtnAoI70c.

BACA JUGA: 4 Olahraga Ringan Ini Ternyata Ampuh Menurunkan Kolesterol Tinggi Lho

1. Biji methi

Biji fenugreek atau methi adalah ramuan alami kaya konstituen yang dikenal sebagai saponin steroid.

Saponin steroid membantu mengurangi penyerapan kolesterol oleh tubuh yang masuk melalui makanan kaya lemak yang kita makan.

Untuk memaksimalkan makanan ini, masukkan biji methi ke dalam wajan dan panggang kering menggunakan api sedang selama sekitar dua menit, sambil terus diaduk.

Biarkan biji mendingin dan kemudian jadikan bubuk. Tambahkan satu sendok teh bubuk ini ke air panas atau dingin dan minum ini sekali atau dua kali sehari.

Anda juga bisa menaburkan sedikit bubuk ini di akhir memasak sayuran dalam saus jika kamu tidak keberatan dengan sedikit rasa pahit yang ditimbulkannya.

Para peneliti juga berspekulasi bahwa saponin yang terkandung dalam methi mungkin berperan dalam mengurangi produksi kolesterol tubuh.

Ini, bersama dengan serat yang ada di kulit biji fenugreek membuat methi menjadi senjata yang berharga dalam memerangi kadar kolesterol dan trigliserida yang tinggi.

2. Biji rami

Biji rami adalah sumber yang kaya asam lemak omega-3 yang memiliki tindakan protektif pada kesehatan jantung.

Seperti fenugreek, biji ini juga mengandung banyak serat dan ini mengikat kolesterol, mencegah penyerapannya.

Penggunaan biji rami secara teratur dikatakan bisa mencegah pengerasan arteri karena pengendapan kolesterol, juga membantu mengurangi risiko penyakit arteri koroner dan hipertensi.

Biji rami juga memiliki efek meningkatkan konsentrasi apolipoprotein A1 yang membentuk kolesterol HDL.

3. Bawang

Bawang mengandung konstituen yang disebut quercetin yang dikenal sebagai antioksidan kuat, ini berarti bisa mencegah efek merusak dari radikal bebas pada jaringan manusia.

Para peneliti telah menghubungkan quercetin bawang dengan peningkatan kadar kolesterol HDL serta rendahnya kadar kolesterol LDL.

Untuk membantu menurunkan kadar kolesterol, konsumsi bawang bombay mentah dalam bentuk salad, lalu dibuat jus dengan cara dikukus dan diperas.

Jika Anda bisa mengatur bau bawang mentah, potong saja bawang tanpa mengukus dan ambil jusnya dan minum, atau campur beberapa sayuran lain sambil membuat jus.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany Elisa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler