3 Spot Wisata Tersembunyi di Kuta Mandalika yang Anti-Mainstream

Senin, 28 Maret 2022 – 11:36 WIB
TWA Gunung Tunak berlokasi di Desa Mertak yang hanya ditempuh 10 menit berkendara dari Sirkuit Mandalika menawarkan pantai pasir putih, pemandangan perbukitan hijau yang langsung menghadap ke laut lepas, serta keindahan pulau-pulau kecil, seperti Gili Penyu, Atol maupun Padang Savana. Foto: @tengakarta

jpnn.com, LOMBOK - Tak hanya MotoGP 2022 yang sukses digelar, ada yang Sobat Negeriku wajib ketahui tentang Mandalika.

Di Kuta Mandalika tersimpan spot wisata yang tersembunyi dan belum banyak dikunjungi lho...!

BACA JUGA: Cek di Sini! 3 Destinasi yang Bikin Kamu Senang dan Betah di Kuningan

Namun, sebelum Sobat Negeriku merencanakan liburan untuk menjelajahi spot wisata di seputar Kuta Mandalika yang terunik, jangan lupa ikutan PUKIS atau Pesona Punya Kuis yang diadakan setiap dua pekan.

Caranya gampang banget, follow akun Instagram @pesona.indonesia, lalu like postingan terbaru PUKIS pada feed.

BACA JUGA: Cek di Sini! 3 Destinasi Primadona Bali yang Siap Dikunjungi

Jawab pertanyaan di kolom komentar dan jangan lupa mention juga 3 temanmu untuk ikutan kuis ini, ya! Raih beragam hadiah menarik dari Pesona Indonesia.

Berikut 3 spot wisata di Kuta Mandalika yang anti-mainstream dan belum banyak dikunjungi itu:

BACA JUGA: Ingin Nikmati Sejuknya Bali? Jangan Lewatkan 3 Destinasi Ini!

Goa Sumur, Prabu

Salah satu daya tarik Goa Sumur, Prabu. Pengunjung bisa berpose di tengah spotlight yang oleh masyarakat setempat menyebutkan dengan 'Cahaya Tuhan'. Foto: @adhy_nata

Buat yang suka wisata unik dan hobi fotografi, harus banget mencoba jalan-jalan ke Goa Sumur, Prabu.

Lokasinya di Jalan Pantai Kuta-Mawun, tepatnya di Desa Prabu, yang merupakan salah satu desa penyangga Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

Goa Sumur hanya berjarak sekitar 10 kilometer, dengan waktu tempuh 21 menit dari Sirkuit Mandalika.

Di sini pengunjung bisa berpose di tengah spotlight yang terpancar lurus dari liang gua yang berada di atasnya dan oleh masyarakat setempat menyebutnya dengan 'Cahaya Tuhan'.

Saat kita berada di dalamnya, cahaya matahari masuk ke gua melalui dua celah lubang di atasnya yang terbentuk secara alami.

Sejatinya gua ini merupakan istana kelelawar, jadi jangan heran saat menjumpai puluhan kelelawar yang bersemayam di dalamnya.

Selain itu, pengunjung juga harus berhati-hati ketika menjumpai ular piton yang bertengger di dinding gua tersebut, karena ular piton merupakan predator mereka.

Namun jangan khawatir, ada pemandu wisata lokal yang siap menjaga wisatawan selama berada di dalam gua.

Harga tiket masuk ke Goa Sumur adalah Rp 25 ribu per orang untuk wisatawan lokal, dan Rp 60 ribu untuk wisatawan mancanegara.

Jika ingin mendapatkan tata cahaya yang bagus di dalam Goa Sumur disarankan berkunjung antara pukul 11.00 hingga 14.00 siang.

TWA Gunung Tunak, Mertak

TWA Gunung Tunak berlokasi di Desa Mertak, Kecamatan Pujut dengan jarak tempuh hanya 10 menit berkendara dari Sirkuit Mandalika. Foto: @aditralfath

Puluhan pantai pasir putih berhias tebing batu yang indah, hutan tropis dengan aneka fauna, semuanya berada di satu lokasi.

Itulah gambaran sekilas tentang Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Tunak.

TWA Gunung Tunak berlokasi di Desa Mertak, Kecamatan Pujut dengan jarak tempuh hanya 10 menit berkendara dari Sirkuit Mandalika.

TWA Tunak bisa menjadi pilihan destinasi yang tepat bagi Sobat Negeriku yang ingin keluar dari zona mainstream di wilayah Kuta Mandalika.

Kawasan ekowisata ini menawarkan sejumlah pantai pasir putih, pemandangan perbukitan hijau yang langsung menghadap ke laut lepas, keindahan pulau-pulau kecil, seperti Gili Penyu, atol maupun padang savana.

Jika beruntung, pengunjung akan disambut ribuan kupu-kupu di sepanjang jalan menuju Pantai Bilesayak.

Satu-satunya akomodasi yang terdapat di dalam kawasan TWA Gunung Tunak adalah Tunak Cottage & Restaurant yang berada persis di gerbang masuk Kawasan TWA Tunak dengan kisaran harga Rp 600 ribu per malam.

Adapun harga tiket masuk TWA Gunung Tunak hanya Rp 10 ribu per orang.

Waktu terbaik untuk berkunjung adalah pagi hari agar bisa menjangkau lebih banyak spot serta menghindari terik matahari.

Tips buat wisatawan, jangan lupa membawa topi dan juga memakai tabir surya saat berwisata ke tempat ini, ya!

Batu Rudal, Mekarsari

Batu Rudal menawarkan suasana pantai yang tidak biasa menarik untuk dijelajahi, terutama bagi wisatawan yang berjiwa petualang. Foto: @ijonk.re

Berlokasi di Desa Mekarsari, Lombok Tengah, waktu tempuh ke Batu Rudal hanya sekitar 20 menit dari Kuta Mandalika.

Batu Rudal menawarkan suasana pantai yang tidak biasa.

Deretan batu-batu raksasa berjajar rapi dengan kolam alami di bawahnya yang langsung menghadap ke laut lepas dijamin membuat para landscape photographer jatuh cinta.

Namun karena ketersediaan akses yang masih minim, jalan menuju Batu Rudal cukup licin dan terjal.

Buat para wisatawan yang menyukai petualangan pastinya sangat berminat, tetapi ada baiknya tetap didampingi pemandu lokal agar tidak tersesat dan selamat hingga kembali ke penginapan.

Tiket masuk ke lokasi masih tergolong murah hanya dikenakan biaya Rp 5 ribu per orang.

Penginapan terdekat di Desa Selong Belanak yang berjarak 6 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 23 menit dari lokasi wisata.

Bagaimana Sobat Negeriku, sudah siap liburan? Pastikan sudah vaksin dan selalu mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 6M di mana pun berada.

Mulai dari menggunakan masker dengan benar, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan, membatasi mobilitas, dan menghindari makan bersama agar aktivitas berwisata tetap aman dan nyaman.

Informasi mengenai destinasi wisata dan inspirasi ekonomi kreatif #DiIndonesiaAja bisa kamu dapatkan dengan cara follow akun Instagram: @pesona.indonesia, Facebook: @pesona.indonesia, Twitter: @pesonaindonesia, TikTok: @pesonaindonesia, YouTube: Pesona Indonesia, dan mengunjungi website www.indonesia.travel. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler