Cek di Sini! 3 Destinasi yang Bikin Kamu Senang dan Betah di Kuningan

Kamis, 30 Desember 2021 – 17:49 WIB
Resort yang berada di Jalan Raya Panawuan Nomor 98 Sangkanurip, Cigandamekar, Kuningan ini menjadi salah satu pilihan favorit untuk staycation. Foto: Dokumentasi Kemenparekraf.

jpnn.com, KUNINGAN - Destinasi wisata berbasis alam, staycation, dan roadtrip menjadi pilihan favorit selama pandemi bagi mereka yang butuh melepaskan penat atau sekadar rindu jalan-jalan.

Salah satu destinasi di Jawa Barat yang bisa jadi pilihan berwisata selama pandemi adalah Kuningan.

BACA JUGA: Pengin Liburan Bareng Keluarga di Kuningan? Ajak ke Destinasi Ini Pasti Menyenangkan

Selain jaraknya yang tak terlalu jauh dari Jakarta dan bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi, Kuningan memiliki tempat-tempat menarik yang membuat Anda betah.

Terlebih destinasi berikut ini sudah memiliki sertifikat Cleanliness, Health, Safety, Environmental Sustainability (CHSE) dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

BACA JUGA: Ingin Nikmati Sejuknya Bali? Jangan Lewatkan 3 Destinasi Ini!

Sembari merencanakan liburan, jangan lupa ikutan PUKIS atau Pesona Punya Kuis setiap hari Selasa di setiap pekannya.

Caranya? Follow akun Instagram @pesonaid_travel, lalu like postingan terbaru PUKIS pada feed.

BACA JUGA: Mau Liburan? Sukabumi Bisa Jadi Pilihan Wisata Akhir Pekan!

Jawab pertanyaan di kolom komentar dan jangan lupa mention juga 3 temanmu untuk ikutan kuis ini, ya!

Raih beragam hadiah menarik dari Pesona Indonesia.

Berikut ini 3 destinasi yang bikin kamu senang dan betah di Kuningan:

1. Tirta Sanita Resort by Horison

Resort yang berada di Jalan Raya Panawuan Nomor 98 Sangkanurip, Cigandamekar, Kuningan ini menjadi salah satu pilihan favorit untuk staycation.

Tirta Sanita Resort by Horison menyediakan 4 tipe kamar berbeda dengan pilihan pemandangan taman atau gunung.

Berbagai aktivitas menarik bisa dilakukan di resort ini, mulai dari olahraga, bermain di kolam renang, berendam di kolam air panas, bersantap di restoran yang menghadap langsung ke Gunung Ciremai, hingga berburu spot foto di taman yang ada di sekeliling resort.

Tersedia pula coffee shop Triple A dengan menu andalan kopi walik untuk Anda yang rindu menikmati kopi dengan cara tradisional yakni menyeruput dari piring tatakan gelas.

Kopi walik menjadi salah satu menu andalan yang tersedia di coffee shop Triple A, Tirta Sanita Resort by Horison. Foto: Dokumentasi Kemenparekraf.

Liburan akhir tahun ini, Tirta Sanita Resort by Horison menawarkan kamar tipe deluxe business dengan harga mulai Rp 1,1 juta per malam hingga tipe ariandra cottage seharga Rp 4,5 juta per malam.

Bagi tamu yang menginap tersedia fasilitas gala dinner di malam tahun baru dengan sajian menu tradisional seperti nasi jamblang dan balakutak yang berlaku untuk 2 orang.

Bagi yang ingin sekadar menikmati fasilitas kolam renang dengan water slide tanpa menginap, akan dikenakan tiket masuk Rp 35 ribu per orang.

Fasilitas ini dibuka untuk umum setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

2. Wisata Sawah Lope

Wisata Sawah Lope yang berada di Jalan Cikaso, Desa Cikaso, Kecamatan Kramatmulya, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Foto: Dokumentasi Kemenparekraf.

Suasana alam pedesaan yang asri, instagramable, jauh dari hiruk-pikuk kota, dan biaya yang murah menjadi daya tarik utama Wisata Sawah Lope.

Sesuai namanya ‘lope’ yang merupakan singkatan dari lokasi pesawahan adalah destinasi wisata berbasis pertanian.

Desa wisata yang masuk 300 besar dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 ini berada di Jalan Cikaso, Desa Cikaso, Kecamatan Kramatmulya, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 5 ribu untuk dewasa dan Rp 3 ribu untuk anak-anak, Anda sudah bisa menikmati pesona alam yang memanjakan mata.

Saat memasuki kawasan wisata ini, Anda akan disambut dengan pematang sawah dan aneka mural di sepanjang dinding hasil kreasi warga setempat.

Deretan saung di tepian sawah disewakan untuk pengunjung yang ingin duduk-duduk santai sembari menikmati keindahan Gunung Ciremai, suara gemericik air, semilir angin, dan udara yang segar.

Beragam spot instagramable juga tersedia untuk Anda yang hobi berfoto.

Di sini pengunjung juga bisa membawa bekal makanan sendiri atau kulineran di Saung Kopi Sawah yang menyuguhkan aneka menu masakan Sunda.

Anak-anak juga bisa bermain papalidan yakni menaiki ban dalam bekas yang mengambang di aliran irigasi sawah.

Jika berkunjung pada hari Minggu, suasana akan dimeriahkan oleh para pedagang yang menawarkan aneka jajanan maupun hasil pertanian dan juga pentas seni seperti karawitan atau dangdut.

Wisata Sawah Lope dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

3. Teras Cibulakan

Teras Cibulakan menyediakan berbagai fasilitas wisata dan cocok sebagai destinasi favorit untuk liburan keluarga. Foto: Dokumentasi Kemenparekraf.

Di usia yang baru menginjak 2 tahun, Teras Cibulakan sudah berhasil menarik minat wisatawan dari berbagai kota dan menjadi destinasi favorit untuk liburan keluarga.

Bagaimana tidak? Teras Cibulakan menyediakan berbagai fasilitas wisata.

Ada kolam renang lengkap dengan wahana permainan untuk anak-anak maupun dewasa, spot-spot instagramable, perlengkapan untuk pesta barbeku, hingga vila unik untuk staycation dengan pemandangan Gunung Ciremai dan persawahan hijau yang memesona.

Sebanyak 11 vila dengan berbagai tipe yang bisa disewa mulai dari Rp 500 ribu hingga Rp 1,45 juta.

Harga ini sudah termasuk sarapan dan akses untuk menikmati semua fasilitas yang ada di Teras Cibulakan.
Pengunjung yang ingin sekadar menikmati kawasan wisata tanpa menginap bisa membeli tiket masuk sebesar Rp 15 ribu untuk dewasa dan Rp 10 ribu untuk anak-anak.

Teras Cibulakan berlokasi di Jalan Taman Nasional Gunung Ciremai, Desa Randobawagirang, Kecamatan Mandirancan, Kabupaten Kuningan.

Bagi yang berkunjung menggunakan kendaraan roda 4 diimbau untuk berhati-hati karena harus melalui area perkampungan dengan akses jalan yang cukup sempit.

Namun tak perlu khawatir, Anda akan dibantu petugas yang akan mengatur alur keluar masuk kendaraan secara bergantian.

Sudah siap liburan? Pastikan selalu mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 6M di mana pun berada.

Mulai dari menggunakan masker dengan benar, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan, membatasi mobilitas, dan menghindari makan bersama agar aktivitas berwisata tetap aman dan nyaman.

Informasi mengenai destinasi wisata dan inspirasi ekonomi kreatif #DiIndonesiaAja bisa Anda dapatkan dengan cara follow akun Instagram: @pesonaid_travel, Facebook: Pesonaid_travel, Twitter: @pesonaid_travel, TikTok: @indonesia.travel, YouTube: Pesona Indonesia, dan mengunjungi website www.indonesia.travel. (mrk/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Paket Lengkap! Rasakan Sensasi Berlibur di Desa Wisata Batulayang, Bogor


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler