3 Suplemen Ini Bisa Menaikkan Berat Badan

Sabtu, 09 Mei 2020 – 14:18 WIB
Ilustrasi suplemen untuk tubuh. Foto: vanhoadoanhnghiepvn

jpnn.com - Bagi beberapa orang menaikkan berat badan merupakan hal yang mudah, tetapi tidak semua berpikiran sama. Pada beberapa kasus, dibutuhkan pola makan tertentu dan suplemen penambah berat badan agar tujuan mereka berhasil.

Apa saja zat gizi dalam suplemen yang dapat menambah berat badan seseorang? Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui jawabannya.

BACA JUGA: Ingat! Vitamin dan Suplemen Tidak Melindungi Anda dari Corona

Pilihan suplemen penambah berat badan

Masalahnya tidak semua orang dapat menaikkan angka timbangan dengan mudah. Tidak jarang mereka memerlukan suplemen tertentu yang berperan sebagai penambah berat badan seperti berikut

BACA JUGA: 6 Kiat Agar Anak Tetap Fit Selama Berpuasa

1. Protein

Salah satu suplemen penambah berat badan yang sangat populer adalah protein. Sudah bukan rahasia umum lagi protein adalah senyawa yang penting untuk menambah massa otot. 

BACA JUGA: Didekati Vicky Prasetyo, Jenita Janet: Aku Sudah Telanjur

Menurut sebuah penelitian dari jurnal Sports Medicine, suplemen yang mengandung protein dapat menambah massa otot pada orang dewasa yang sering berolahraga. Namun, sangat dianjurkan untuk memperoleh protein dari makanan. 

Meski begitu, masih banyak orang yang memandang bahwa suplemen protein sangat membantu mereka untuk menambah berat badan.

Hal ini dikarenakan makanan berprotein cenderung membutuhkan waktu yang laman untuk dikonsumsi dan dicerna. Sedangkan, suplemen protein lebih mudah dimakan di sela-sela jam sibuk. 

Karena itu, banyak beredar suplemen protein yang menawarkan kemudahan bagi mereka yang tidak sempat makan makanan berprotein tinggi. 

Akan tetapi, perlu diingat bahwa untuk menambah berat badan dengan suplemen protein pun harus memenuhi kebutuhan kalori harian Anda. 

2. Kreatin

Selain protein, suplemen lainnya yang dapat dijadikan sebagai penambah berat badan adalah kreatin. 

Kreatin merupakan senyawa kimia alami yang diproduksi oleh tubuh. Namun, Anda juga memperolehnya dari makanan dan suplemen. 

Senyawa kimia yang menjadi sumber energi ini ternyata bisa digunakan untuk meningkatkan berat badan. Hal ini pun dibuktikan melalui sebuah penelitian dari Journal of International Society of Sports Nutrition. 

Di dalam penelitian tersebut disebutkan suplemen kreatin dapat meningkatkan kekuatan dan massa tubuh tanpa lemak jika dilakukan dengan olahraga rutin. 

Senyawa kreatin pun bisa Anda peroleh melalui susu, suplemen, dan daging. Dengan begitu, Anda bisa menambah berat badan untuk meningkatkan fungsi tubuh menjadi lebih baik melalui kreatin. 

3. Zinc

Sebenarnya, zinc tidak secara langsung bisa digunakan sebagai suplemen peningkat berat badan. Manusia membutuhkan zinc (seng) sebagai pembentuk protein dan DNA serta meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. 

Mendapatkan asupan zinc tambahan memang tidak berarti langsung meningkatkan berat badan Anda. Akan tetapi, kehilangan berat badan dan kehilangan nafsu makan berhubungan dengan orang yang kekurangan asupan seng. 

Maka itu, dengan meningkatkan asupan seng untuk tubuh dapat membantu sebagian orang untuk menambah berat badan. 

Walaupun demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut apakah kemanjuran dari suplemen zinc untuk menambah berat badan bisa digunakan pada orang yang tidak kekurangan zinc. 

Kenyataannya, suplemen tertentu tidak bisa dijadikan sebagai zat tambahan berat badan satu-satunya. Anda tetap perlu memenuhi kebutuhan kalori harian atau menambah porsi makan agar angka timbangan semakin naik.(HelloSehat)


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler