3.384 Mahasiswa Terima Beasiswa MDJ Dari Baznas Bazis DKI

Minggu, 25 Desember 2022 – 05:04 WIB
Sebanyak 3.384 mahasiswa menerima beasiswa Masa Depan Jakarta (MDJ) program unggulan Baznas (Bazis) DKI Jakarta. Foto: Baznas Bazis DKI

jpnn.com - Sebanyak 3.384 mahasiswa menerima beasiswa Masa Depan Jakarta (MDJ) program unggulan Baznas (Bazis) DKI Jakarta.

Penyerahan beasiswa dilakukan secara simbolik oleh Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Uus Kuswanto didampingi Ketua Baznas (Bazis) DKI DR. KH Akhmad Abubakar di Stadion Tenis Indoor Senayan, Sabtu (24/12).

BACA JUGA: Bupati Sukamara Siapkan Beasiswa S1 untuk Guru PAUD & TK Kuliah di Universitas Terbuka 

Hadir pada kesempatan itu, sejumlah pejabat dari Pemprov DKI, dan lebih kurang 3500 mahasiswa dari lima wilayah DKI.

DR KH Akhmad Abubakar melaporkan bahwa program MDJ dimulai pada 2019 dengan jumlah penerima manfaat mencapai lebih dari 12.000 mahasiwa.

BACA JUGA: Kuota Beasiswa Kedokteran dan Fellowship 2023 Bertambah, Cek Infonya di Sini

"Program MDJ ini kita harapkan berhasil mendorong generasi muda Jakarta agar mereka dapat menuntaskan pendidikan menjadi sarjana, sehingga mereka memiliki masa depan yang cerah. Kelak, 10 tahun kedepan adik-adik mahasiswa ini menjadi orang yang sukses, menjadi pembayar zakat yang hebat," kata Akhmad Abubakar.

Usai penyerahan secara simbolik beasiswa, para mahasiswa mendengarkan testimonis, motivatorJamil Azzaini.

BACA JUGA: 25 Mahasiswa Berprestasi Ini Dapat Beasiswa, Keren!

Atas nama Pemprov DKI Jakarta, Uus Kuswanto menyampaikan apresiasi kepada Basnaz (Bazis) DKI yang telah menginisiasi sejumlah program untuk peningkatan bidang SDM, kesejahteraan rakyat dan sosial.

"Terima kasih dan apresiasi kepada Baznas (Bazis) DKI yang telak menjalankan program-program yang baik ini. Ke depan harus ada inovasi-inovasi agar pengumpulan zakat, infaq, sedekah dan dana sosial keagamaan dapat ditingkatkan," kata Uus.

Selama ini ASN Pemprov DKI menjadi penopang pengumpulan dana ZIS dan dana sosial keagamaan lainnya.

"Kita harapkan pengumpulan dana ZIS bisa dari masyarakat dunia usaha, BUMD dan lain-lain," tutur Uus Kuswanto lagi.

Achmad Abubakar menyampaikan, pengumpulan dana ZIS dan sosial keagamaan lainnya pada 2021 mencapai Rp 178 miliar.

"Alhamdulillah, perolehan ZIS kami terus  meningkat. Tahun lalu sebesar Rp 187 miliar dan untuk periode Januari 23 Desember 2022 ini sudah mencapai Rp 200 miliar lebih," ucapnya.

Akhmad Abubakar menambahkan, dengan perolehan ZIS yang semakin tinggi maka semakin banyak warga Jakarta yang bisa terbantu melalui berbagai program pemberdayaan yang dilakukan Baznas Bazis DKI.

"Kami juga memberikan perhatian besar kepada penyandang disabilitas, salah satunya melalui program kewirausahaan melalui Kafe Difabis," ucapnya.

Melalui milad ke-54 Baznas Bazis DKI Jakarta, Akhmad berharap dukungan, sinergi dan kerja sama dengan berbagai pihak semakin meningkat untuk memberikan kontribusi bagi warga Jakarta.

"Kita ingin penerima bantuan semakin berkembang baik secara materiil dan spiritual agar bisa hidup mandiri, sejahtera dan berbahagia. Hingga nantinya bisa menjadi muzaki untuk membantu orang lain," tandasnya.

Untuk diketahui, HUT ke-54 Baznas Bazis DKI Jakarta yang mengangkat tema "Maju Bersama Membangun Masa Depan Jakarta".

Selain penyerahan simbolis bantuan pendidikan bagi mahasiswa, dlam giat ini juga diserahkan bantuan alat bantu dengar dan penyerahan bantuan tunggakan sekolah, serta penyerahan hadiah pemenang lomba Jakbee dari tiga kategori yakni, bidang digital, sosial dan bidang produk.

Untuk Kategori Bidang Produk, Juara 1 diraih SMK Negeri 50 Jakarta Timur, Juara 2 SMA Negeri 38 Jakarta Selatan, dan berhak atas Juara 3 SMA Negeri 78 Jakarta Barat.

Juara 1 Lomba Jakbee kategori Bidang Digital dimenangkan SMK Negeri 50 Jakarta Timur, Juara 2 diraih SMK Negeri 40 Jakarta Timur, dan Juara 3 dimenangkan SMK Bunda Kandung Jakarta Selatan.

Sementara itu, untuk Juara 1 kategori Bidang Sosial diraih SMK Negeri 41 Jakarta Selatan, Juara 2 SMK Negeri 20 Jakarta Selatan, dan Juara 3 adalah SMA Negeri 85 Jakarta Barat.

Bagi pemenang Juara 1, 2 dan 3 diberikan piala dan hadiah berupa uang pembinaan. Juara 1 berhak atas hadiah uang pembinaan senilai Rp 10 juta, Juara 2 Rp 7 juta dan Juara 3 Rp 5 juta. (dil/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Adil Syarif

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler