35 Ribu Penonton Bersenang-senang di Joyland Festival 2023

Kamis, 07 Desember 2023 – 16:59 WIB
Otoboke Beaver saat tampil dalam Joyland Festival 2023 di GBK Baseball Stadium, Jakarta pada Minggu (26/11). Foto: Dedi Yondra / JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Joyland Festival 2023 berlangsung meriah di GBK Baseball Stadium, Jakarta pada akhir bulan lalu.

Sepekan telah berlalu sejak bergaungnya kord-kord terakhir dari lagu klasik Slow Hands milik Interpol, testimoni positif dari para penampil, media maupun penonton masih terus berdatangan untuk program andalan promotor Plainsong Live tersebut.

BACA JUGA: Interpol dan Otoboke Beaver Tutup Kemeriahan Joyland Festival 2023

Sebanyak 35 ribu hadirin secara keseluruhan berkumpul dari 24 hingga 26 November 2023 untuk berpartisipasi dalam edisi Joyland Festival terbesar sejauh ini.

Joyland Festival 2023 dipuji sebagai festival yang ramah keluarga, salah satunya berkat area White Peacock yang mencakupi taman bermain dan aktivasi orang tua bersama anak.

BACA JUGA: Joyland Festival 2023 Hari Kedua, Pesona Mildlife Hingga Fleet Foxes

Sementara itu, panggung Shrooms Garden yang dikurasi dan dipandu oleh Soleh Solihun memberi peluang bagi komika-komika yang tampil di festival kali ini.

Selain itu, area outdoor cinema Cinerillaz menayangkan film-film pendek hasil kurasi Palari Films, termasuk Basri & Salma dalam Komedi yang Terus Berputar yang telah meraih penghargaan dari berbagai festival film internasional.

BACA JUGA: Joyland Festival 2023 Hari Pertama, Fazerdaze dan Mew Tampil Sempurna

Para pengunjung festival pun dibuat makin nyaman dengan hadirnya Joyland Village yang menyediakan beraneka ragam makanan, minuman dan barang belanjaan.

Tentu saja, tidak ketinggalan juga penampilan-penampilan musik yang berlangsung di Joyland Stage dan Plainsong Live Stage yang berdampingan, serta di Lily Pad Stage yang lebih intim.

Panggung-panggung Joyland Festival 2023 menghadirkan perpaduan yang eklektik antara artis-artis lawas dan baru dari seluruh dunia, yakni Interpol, Fleet Foxes, d4vd dan eaJ dari Amerika Serikat.

Selanjutnya ada Alvvays dan Homeshake dari Kanada, lalu Bloc Party, Squid dan Kamaal Williams dari Inggris; Mew dari Denmark; Last Dinosaurs, Mildlife dan Glass Beams dari Australia; Wednesday Campanella, Luby Sparks dan Otoboke Beaver dari Jepang; Benny Sings dari Belanda; The Beths dan Fazerdaze dari Selandia Baru.

Kuartet artis Asia Tenggara pilihan Whiteboard Journal turut tampil di Lily Pad Stage, yakni Bayangan dari Malaysia; Yonlapa dari Thailand; serta CURB dan Sobs dari Singapura.

"Terima kasih Joyland karena sudah mengundang saya, ini sungguh sebuah berkah,” kata eaJ.

Accorinrin dari Otoboke Beaver juga sangat terkesan dengan penonton Joyland Festival 2023.

"Penonton di luar sana sungguh gila. Kami benar-benar bisa merasakan energi hebat yang kalian punya," ucapnya.

Banyak dari energi hebat itu juga ditujukan kepada para artis Indonesia yang menarik perhatian dan apresiasi penonton Joyland Festival 2023.

Para musisi lokal mencakupi nama-nama yang kembali hadir di Joyland seperti The Adams, Maliq & D’Essentials, White Shoes & The Couples Company, Ali, Grrrl Gang, Reality Club, dan BAP.

Ada juga artis-artis yang masih produktif seperti Mocca, Sore, The Brandals, David Bayu, Rock n Roll Mafia, Santamonica, L’Alphalpha, The Panturas, Jevin Julian, Avhath dan Gabber Modus Operandi; serta wajah-wajah baru seperti Kurosuke, Thee Marloes, Dongker, Leipzig, Bernadya, Lair dan White Chorus.

Secara keseluruhan, Joyland Festival Jakarta 2023 sukses besar berkat semua yang terlibat, baik yang di
atas panggung, di balik layar maupun di barisan penonton.

"Terima kasih kepada semua artis yang bekerja begitu keras untuk mempersiapkan penampilannya. Kami sangat bangga bisa menyediakan panggung bagi artis-artis ini dan kami berharap Anda pulang dengan menemukan band baru favorit,” kata Ferry Dermawan, Direktur Program Joyland Festival.

"Dan yang paling penting, terima kasih kepada kalian. Kalian adalah penonton terhebat yang dapat diharapkan oleh sebuah festival dan kami bukan apa-apa tanpa kalian," tambahnya.

Adapun Joyland Festival Bali selanjutnya digelar pada 1-3 Maret 2024 yang akan menampilkan Kings of Convenience. (ded/jpnn)


Redaktur & Reporter : Dedi Yondra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler