4 Bekas Sandera Harus Jalani Tes Kesehatan, Hasilnya?

Jumat, 13 Mei 2016 – 11:58 WIB
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi memberikan keterangn pers, usai empat mantan sandera (di belakang Menlu) tiba di Halim Perdanakusuma Jakarta. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) rencananya akan menyerahkan empat anak buah kapal (ABK) TB Hendry pada keluarganya masing-masing, Jumat (13/5) hari ini. 

Namun demikian, masih ada satu tahapan lagi yang harus dipenuhi para sandera sebelum dilepaskan pada keluarganya.

BACA JUGA: 4 Mantan Sandera Abu Sayyaf Belum Boleh Pulang

Menurut Menlu Retno Marsudi, keempat bekas sandera kelompok militan Abu Sayyaf itu harus melewati serangkaian tes kesehatan terlebih dahulu.

“Setelah ini saudara-saudara kita akan dibawa ke Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat untuk menjalani medical chek up,” ujar Retno saat menyambut para ABK di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

BACA JUGA: GP Ansor Gelar GUF Demi Perdamaian Lintas Agama

Dia menjelaskan, pemerintah tidak akan melepas empat ABK itu jika hasil kesehatannya tidak sehat. Sebab, negara ingin memastikan hak para sandera terpenuhi baik fisik maupun psikisnya.

“Kalau dipastikan sehat, mereka akan diserahkan ke keluarga masing-masing. Negara hadir untuk memberikan kesehatan saat tiba," terangnya.

BACA JUGA: Jangan Biarkan DPP Golkar Tempat Berkumpulnya Para Calo

Patut diketahui, empat sandera tersebut ditawan kelompok bersenjata Abu Sayyaf. Selama 28 hari, mereka berada di bawah penyanderaan kelompok tersebut. 

Dari informasi yang dihimpun, mereka disandera dengan posisi berpindah-pindah tempat untuk menghindari militer Filipina di Pulau Zulu, Filipina. Oleh karena itu, tes medis ini diperlukan untuk memastikan mereka sehat secara fisik dan psikis.(Mg4/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Menlu: Pelepasan Ini Hasil Kerja Bersama!


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler