4 Cara Mencegah Kanker Kulit

Sabtu, 13 Maret 2021 – 04:13 WIB
Ilustrasi kulit wajah. Foto: sukalive

jpnn.com - Kopi memang bisa menjadi minuman untuk mencegah kanker kulit akibat sinar UVB matahari.

Namun, ingatlah bahwa mengonsumsi kafein bukanlah satu-satunya atau bahkan dijadikan pengganti dari cara pencegahan kanker kulit yang sudah ada sebelumnya. 

BACA JUGA: 7 Manfaat Main Sepatu Roda untuk Kesehatan, Nomor 4 Diincar Para Pediet

Selain mengonsumsi kopi, Anda juga bisa mencegah kanker kulit dengan cara-cara berikut:

1. Gunakan Tabir Surya

BACA JUGA: Benarkah Kafein pada Kopi Bisa Mencegah Kanker Kulit?

Penggunaan tabir surya sangat penting, terutama saat akan beraktivitas di luar rumah. Tabir surya yang direkomendasikan minimal memiliki SPF 30 atau lebih dan memiliki perlindungan terhadap UVA dan UVB.

Jadi, untuk mencegah kanker kulit, pastikan Anda menggunakan tabir surya sebelum keluar rumah, dan mengaplikasikan kembali tabir surya setiap 2 jam saat beraktivitas di luar.

BACA JUGA: Benarkah Madu Bisa Menyuburkan Kandungan?

2. Hindari Paparan Sinar Matahari yang Terlalu Lama

Sebisa mungkin, hindari beraktivitas di bawah sinar matahari terlalu lama, terutama di antara pukul 10 pagi sampai dua siang. Carilah tempat yang teduh selama beraktivitas di luar. 

Selain itu, hindari juga berjemur, baik di bawah sinar matahari langsung atau tanning booth.

3. Gunakan Pakaian yang Dapat Melindungi Tubuh dari Sinar Matahari

Cara mencegah kanker kulit berikutnya adalah pastikan Anda mengenakan pakaian yang menutupi kulit Anda, terutama tangan dan kaki saat beraktivitas ke luar ruangan. 

Perlu Anda ketahui, tipe kain dengan jahitan yang erat dan berwarna gelap memiliki proteksi yang lebih baik. Selain itu, jangan lupa gunakan topi yang lebar untuk melindungi wajah dan leher Anda.

4. Kenali Faktor Risiko dan Lakukan Pengecekan Kulit Mandiri

Orang-orang dengan kulit yang lebih terang dan riwayat terbakar sinar matahari sering memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker kulit.

Risiko juga tinggi pada orang yang sehari-harinya berkegiatan di luar ruangan dan riwayat kanker kulit pada keluarga.

Salah satu hal terpenting dalam pencegahan adalah deteksi. Anda bisa melakukan langkah-langkah di bawah ini untuk deteksi dini:

  • Lakukan pengecekan kulit di seluruh tubuh Anda secara rutin sebulan sekali. Pengecekan dilakukan di ruangan yang terang, di depan cermin satu badan. Untuk memeriksa bagian kepala dan rambut, gunakan cermin tangan.
  • Secara teliti, periksa kulit Anda untuk melihat ada atau tidaknya bercak kulit atau tahi lalat yang sebelumnya tidak ada.
  • Periksakan diri Anda ke dokter bila ada bercak yang terlihat tidak beraturan dan lebih dari 6 milimeter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Demikian penjelasan mengenai manfaat kopi untuk mencegah kanker kulit. Kafein pada kopi memang dapat mencegah kanker kulit akibat sinar UVB matahari.

Namun, konsumsi kopi bukanlah satu-satunya cara yang bisa Anda lakukan. Jadi, Anda tidak perlu menambah konsumsinya.

Pencegahan kanker kulit bisa Anda lakukan dengan beberapa langkah di atas. Anda juga dapat berkonsultasi kepada dokter kulit seputar kondisi kesehatan kulit Anda.(WA/klikdokter)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Simak Saran Psikolog Gracia dalam Memilih Calon Suami


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler