4 Dampak Obesitas Pada Kehamilan

Rabu, 30 Oktober 2019 – 22:20 WIB
Perempuan mengandung. Foto: thebreastcancer

jpnn.com - Obesitas pada ibu hamil biasanya diakibatkan oleh makan berlebih dan mengonsumsi makanan yang minim gizi. Obesitas bisa dialami ibu hamil terlalu sering mengonsumsi makanan tidak sehat dan tidak bernutrisi baik seperti makanan manis, makanan berlemak, dan makanan berminyak.

Meski hamil, tetapi bukan berarti porsi makan mesti dobel atau makan sebanyak-banyaknya.

BACA JUGA: 5 Penyebab Obesitas Saat Hamil

Dampak obesitas pada kehamilan

Ada sejumlah komplikasi yang dapat terjadi pada ibu hamil dengan kegemukan berlebih, di antaranya adalah:

BACA JUGA: Obesitas jadi Ancaman Mewujudkan Indonesia Emas 2045

1. Diabetes gestasional dan preeklamsia

Diabetes gestasional adalah diabetes yang terjadi saat kehamilan. Ibu hamil yang obesitas berisiko empat kali lipat untuk mengalami diabetes gestasional dibandingkan ibu hamil dengan berat badan normal dan berlebih. Ibu hamil dengan diabetes gestasional juga memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami diabetes melitus di kemudian hari.

BACA JUGA: 3 Cara Rumahan yang Aman Untuk Mengatasi Jerawat Ibu Hamil

Preeklamsia adalah salah satu komplikasi kehamilan yang ditandai dengan meningkatnya tekanan darah. Ibu hamil yang obesitas juga memiliki risiko 50 persen lebih tinggi untuk mengalami preeklamsia dibandingkan ibu hamil dengan berat badan normal. Selain itu, ibu hamil yang obesitas memiliki risiko lebih tinggi terhadap kematian ibu.

2. Keguguran

Kejadian keguguran lebih banyak dialami ibu hamil yang obesitas, terutama pada trimester pertama. Risiko terjadinya bayi lahir mati juga meningkat sebanyak dua kali lipat pada ibu hamil obesitas dibandingkan dengan ibu hamil berat badan normal.

Selain itu, ibu hamil yang obesitas juga lebih berisiko untuk memiliki anak dengan cacat bawaan lahir seperti spina bifida dan kelainan jantung.

3. Komplikasi pascapersalinan

Ibu hamil yang obesitas lebih berisiko mengalami perdarahan setelah persalinan. Mereka juga lebih rentan mengalami infeksi saluran kemih, infeksi saluran genital, dan infeksi pada luka.

4. Anak juga mengalami obesitas dan gangguan kesehatan lainnya

Anak dari ibu hamil yang obesitas juga lebih berisiko untuk mengalami obesitas, hipertensi, intoleransi glukosa, dan dislipidemia. Komplikasi ini dapat terjadi sejak lahir hingga usia 11 tahun.

Demikianlah sejumlah penyebab obesitas saat hamil. Untuk menghindarinya, ibu hamil direkomendasikan untuk cek BMI dan konsultasi dengan dokter mengenai batasan kenaikan berat badan yang aman.

Selain itu, pastikan menerapkan pola makan sehat bergizi seimbang, melakukan aktivitas fisik rutin, tidur cukup, tidak melewatkan sarapan sehat, serta mampu mengelola stres dengan baik. Kontrol kehamilan rutin.(MS/RN/klikdokter)


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler