4 Fakta Terbaru Heboh 4 Mayat di Perumahan Citra 1 Kalideres, Fokus ke-4, juga Misteri

Rabu, 16 November 2022 – 07:24 WIB
Petugas Puslabfor Mabes Polri memeriksa rumah tempat penemuan 4 mayat dalam satu keluarga di Perumahan Citra 1 Kalideres, Jakarta Barat, Minggu (13/11/2022). Foto: ANTARA/Walda

jpnn.com - JAKARTA - 4 Fakta Terbaru Heboh 4 Mayat di Perumahan Citra 1 Kalideres, Fokus ke-4, Misteri.

Polisi belum memastikan penyebab kematian empat orang dalam satu keluarga di Perumahan Citra 1 Kalideres, Jakarta Barat.

BACA JUGA: 4 Mayat 1 Keluarga di Perumahan Citra 1 Kalideres, Anwar Abbas: Ungkap Sejujur-Jujurnya

Empat mayat dalam satu keluarga ditemukan di sebuah rumah yang beralamat di Blok AC5 Nomor 7, Perumahan Citra 1, Kecamatan Kalideres, pada Kamis (10/11) malam.

Identitas para korban, yakni inisial RY (71), RN (68), DF (42), dan BG (69).

BACA JUGA: Polisi Ungkap Fakta Terbaru Kematian Satu Keluarga di Kalideres

Berikut fakta-fakta terbaru yang terungkap dari proses penyidikan kasus penemuan 4 mayat dalam 1 keluarga tersebut:

1. Penyebab Kematian Bukan karena Kelaparan

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan menjelaskan, analisis awal terkait satu keluarga yang ditemukan tewas di Kalideres, Jakarta Barat, bukan disebabkan oleh kelaparan.

BACA JUGA: Penyebab Kematian Satu Keluarga di Kalideres Bukan Kelaparan, tetapi....

"Bisa dikatakan untuk sementara memang tidak mengarah kepada kelaparan yang menyebabkan kematian satu keluarga," kata Kombes Endra Zulpan saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa (16/11).

Lantas, apa penyebab kematian mereka? Kombes Zulpan menjawab,” Belum bisa saya sampaikan dulu ya karena nanti sudah mengarah kepada kesimpulan. Jadi, belum dapat saya sampaikan."

Kombes Zulpan hanya menyatakan tim penyidik masih bekerja dan akan menyampaikan hasil temuan penyidik setelah proses investigasi dinyatakan selesai.

2. Mobil Telah Dijual

Polres Metro Jakarta Barat, memastikan mobil milik keluarga yang ditemukan tewas di Prumahan Citra 1 Kalideres telah dijual sejak awal tahun.

"Setelah proses penyelidikan, kami berhasil mendapatkan titik terang terkait kabar hilangnya kendaraan mobil Honda Brio milik korban berpelat nomor B 2601 BRK. Kendaraan tersebut telah dijual langsung oleh saudara Budianto Gunawan selaku pemiliknya," kata Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Pasma Royce di Jakarta, Selasa.

Sebelumnya beredar kabar bahwa mobil tersebut hilang sebelum jenazah mereka ditemukan warga setempat.

Kombes Pasma memastikan mobil tersebut sudah dijual ke sebuah toko penjual mobil atau dealer milik seseorang berinisial R.

Namun demikian, lanjutnya, belum diketahui apa motif korban menjual mobil tersebut.

3. Polda Tunggu Hasil Uji Forensik dan Penyelidikan

Polda Metro Jaya masih menunggu hasil uji forensik dan hasil penyelidikan lainnya sebelum menyimpulkan dan mengumumkan penyebab utama kematian 4 orang dalam satu keluarga tersebut.

"Penyebab utamanya kita sampaikan beberapa hari ke depan, setelah hasil dari laporan keluar semua dari kepolisian, forensik, temuan di TKP (tempat kejadian perkara) oleh penyidik," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa.

Hasil investigasi sementara penyidik menunjukkan bahwa penyebab kematian bukan karena kelaparan.

4. Penganut Aliran Tertentu?

Terkait adanya kabar yang mengatakan bahwa keluarga tersebut adalah pengikut aliran kepercayaan tertentu, polisi mengatakan hal itu masih diselidiki oleh petugas.

"Sementara bukan karena kelaparan tetapi penyebabnya apa, apakah karena menganut aliran tertentu atau ada hal lain ini masih didalami," ujar Kombes Endra Zulpan.

Harus Diungkap Sejujur-jujurnya

Sebelumnya, Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Anwar Abbas meminta pihak yang berkompeten, seperti kepolisian dan dokter forensik, bergerak cepat menuntaskan kasus penemuan 4 mayat tersebut.

Anwar Abbas juga mengingatkan kepolisian agar mengungkap kasus tersebut dengan sejujur-jujurnya.

"Muhammadiyah meminta kepada pihak yang berkompeten itu agar dapat mengungkap masalah ini secepatnya dan dengan sejujur-jujurnya," kata Anwar Abbas saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat (11/11).

Dia mengatakan, jika terungkap secara gamblang, maka seluruh pihak dapat mengambil pelajaran dari peristiwa tersebut dan melakukan langkah-langkah yang tepat ke depannya agar peristiwa serupa tidak terjadi lagi.

Inilah Kronologis Penemuan 4 Mayat di Citra 1

Kanit Kriminal Umum Polres Metro Jakarta Barat AKP Avrilendy mengatakan, pihaknya mendapatkan informasi penemuan empat jenazah itu dari Polsek Kalideres sekitar pukul 20.00 WIB, Kamis (10/11).

Saat itu, Polsek mendapatkan informasi awal dari ketua RT yang mencium bau tidak sedap dari dalam rumah.

Setelah memeriksa sumber baru tersebut, warga mendapati ada empat jenazah di dalam rumah tersebut.

Laporan itu diteruskan ke Polsek Kalideres dan dilanjutkan ke Polres Metro Jakarta Barat.

Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Pol Pasma Royce menyebutkan, setelah menerima laporan dari Ketua RT di Perumahan Citra 1 Kalideres, pihaknya menuju tempat kejadian perkara (TKP).

"Bersama dengan polisi, Ketua RT akhirnya memaksa masuk ke dalam rumah tersebut," katanya di Jakarta, Jumat.

Saat polisi dan Ketua RT memasuki rumah itu, kondisi pagar dan pintu utama rumah terkunci.

Ketika pintu utama dibuka, petugas mendapati empat mayat di tiga ruangan berbeda yakni ruang tamu, kamar tengah dan ruang belakang. (antara/sam/jpnn)


Redaktur & Reporter : Soetomo Samsu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler