4 Kada Berkolaborasi dengan UT Menyiapkan Beasiswa untuk Putra Daerah

Selasa, 23 Agustus 2022 – 20:20 WIB
Ki-Ka: Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor, Gubernur Bali Wayan Koster, Rektor UT Prof. Ojat Darojat, Wali kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie, Penjabat Wali kota Tebing Tinggi Muhammad Dimiyathi. Foto Mesya/JPNN.com

jpnn.com - TANGERANG SELATAN - Sebanyak empat kepala daerah (kada), yakni Gubernur Bali Wayan Koster, Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor, Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie, Penjabat Wali Kota Tebing Tinggi Muhammad Dimiyathi berkolaborasi dengan Universitas Terbuka (UT). 

Para kepala daerah itu menandatangani nota kesepahaman dengan UT. Penandatangan nota kesepahaman itu dilakukan bertepatan dengan wisuda mahasiswa dan mahasiswi UT, Selasa (23/8). 

BACA JUGA: Ayah Brigadir J Hadiri Wisuda UT, Ada Cerita soal 2 Keinginan Tak Terlaksana

Rektor UT Prof Ojat Darojat mengungkapkan kerja sama yang dilakukan dengan empat kepala daerah tersebut salah satunya adalah dalam upaya meningkatkan angka partisipasi kasar (APK) dan memenuhi target satu juta mahasiswa.

"Menuju perguruan tinggi negeri berbadan hukum (PTNBH), UT terus mengembangkan kerja sama dengan berbagai instansi," kata Prof Ojat Darojat di sela-sela prosesi wisuda di UTCC, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten, Selasa (23/8).

BACA JUGA: Suasana Haru Wisuda di UT, Keluarga Brigadir J: Ini Bunga untuk Yosua

Pada kesempatan itu, Gubernur Wayan Koster mengatakan pihaknya terus mendorong putra daerah Bali untuk melanjutkan studi hingga ke perguruan tinggi yang salah satu pilihannya adalah UT. 

Gubernur Isran Noor juga memastikan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur menyiapkan beasiswa miliaran rupiah menuju Kaltim cerdas. "Anak-anak di daerah dari jenjang SD sampai perguruan tinggi kami siapkan beasiswanya. Yang memilih UT juga banyak," ujar Isran Noor.

BACA JUGA: UT Bisa Menghemat Pengadaan Barang dan Jasa hingga 55%, UPN VJ & USK Tertarik

Benyamin Davnie menyiapkan beasiswa untuk anak-anak Tangerang Selatan yang ingin sekolah hingga ke jenjang perguruan tinggi. UT yang berada di wilayah Tangsel jadi salah satu pilihan utama.

Sementara,  Muhammad Dimiyathi mengakui keberadaan UT sangat membantu anak-anak daerah. UT mendekatkan putra daerah dengan perguruan tinggi.

"Putra daerah kami tidak lagi merantau ke kabupaten/kota lainnya karena sudah ada UT. Kami mendukung dengan memberikan beasiswa kepada anak-anak daerah," ujarnya 

Jumlah mahasiswa yang masuk masa yudisium 2022 dibagi menjadi tiga tahap, yakni Tanggal SK 19 April 2022 jumlah lulusan 129. No SK 2095/UN31/HK.02/2022, tanggal  SK 21 April 2022 jumlah lulusan 9.723, dan tanggal SK 23 Mei 2022 jumlah lulusan 28.815.  

Pada periode II tahun 2022 ini, wisudawan terbaik (No.SK 2759/UN31/HK.02/2022) jenjang strata 2 (S-2) Ridawati Sirait Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris UPBJJ-UT Medan dengan IPK 4,00 (Predikat Kelulusan Dengan Pujian).

Jenjang Strata 1 (S-1) Arya Dwari Rahmani, Program Studi Administrasi Publik Bidang Minat Kepegawaian, UPBJJ-UT Bogor dengan IPK 4,00 (Predikat Kelulusan Dengan Pujian).

Jenjang Diploma 3 (D-III) Mochammad Fu’ad Islam Program Studi Perpajakan, UPBJJUT Batam IPK 3,97 (Predikat Kelulusan Dengan Pujian).  

Salah satu wisudawan dengan predikat sangat memuaskan mencapai memperoleh IPK 3,28, yaitu almarhum Nofriansyah Yosua alias Brigadir J. UT menyerahkan ijazah almarhum Brigadir J kepada Samuel Hutabarat yang mewakili putranya.

Pada kesempatan ini pula figur publik Bayu Oktara juga menyelesaikan S2-nya dan diwisuda di periode II ini. Bayu Oktara juga menyelesaikan S1-nya di UT pada Prodi Ilmu Komunikasi FHISIP UT di tahun 2016. (esy/jpnn)

 


Redaktur : M. Kusdharmadi
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler