4 Kader Berebut Jadi Sekjen PKB

Rabu, 27 Agustus 2014 – 06:43 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Mukatamar yang digelar Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dipastikan hanya memperbutkan posisi Sekretaris Jenderal (Sekjen). Pasalnya, kandidat Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) boleh jadi mengarah pada incumbent Muhaimin Iskandar.

Ada sejumlah nama mulai mencuat sebagai kandidat Sekjen PKB periode 2014-2019. Mereka adalah Imam Nachrowi, Marwan Ja’far, Hanif Dakhiri, dan Jazilul Fawaid.

BACA JUGA: 3 Opsi Untuk Arsitektur Kabinet Jokowi-JK

Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PKB Daniel Johan membenarkan nama-nama tersebut masuk dalam bursa pemilihan Sekjen PKB. Menurutnya, mereka semua memiliki kemampuan dan layak duduk di kursi Sekjen.

 “Iya benar, mereka masuk kandidat sekretaris jenderal PKB periode nanti,” katanya kepada wartawan kemarin.

BACA JUGA: Situasi Kondusif, Polri Cabut Siaga 1

Menurutnya, nama-nama itu muncul dari DPC dan sayap partai, seperti Gemasaba dan Garda Bangsa. Namun, DPP takkan campur tangan terhadap pencalonan dan pemilihan Sekjen. “Untuk pemilihannya kami serahkan kepada sekitar 510 pemilih atau yang punya hak suara saat Mukernas. 505 DPC dan 5 suara lagi dari luar negeri ,” imbuhnya.

Dia berharap, siapapun yang terpilih jadi Sekjen, mampu membawa PKB lebih baik lagi dan kembali menambah kekuatan partai di pemilu 2019.

BACA JUGA: Kartu Indonesia Sehat Jokowi Sejalan dengan JKN

Pengamat politik dari Universitas Nasional (Unas) Firdaus Syam juga menilai keempat kandidat sekjen PKB tersebut sangat layak dan pas untuk membantu Muhaimin Iskandar di partai sembilan bintang.

"Empat nama itu kandidat kuat semua. Mereka mempunyai nilai plus dan minus, tapi semuanya memenuhi kriteria dan punya track record yang baik," ujar Firdaus kepada wartawan.

Firdaus mengataka Imam Nahrawi saat ini menjabat sebagai sekjen PKB, walaupun baru menjabat beberapa tahun, Imam cukup bagus di dalam menjalankan roda kepartaian. Marwan Jakfar yang saat ini menjabat sebagai Ketua Fraksi PKB DPR RI sekaligus salah satu Ketua DPP PKB.

"Marwan sangat vokal dan cukup baik di partai." Kalau Hanif, diterangkan Firdaus, juga menjabat sebagai ketua DPP PKB dan sekretaris fraksi PKB. Namun, Hanif kurang vokal. Sedangkan Jazilul, saat ini sebagai wakil sekjen dan sekretaris OC muktamar PKB. Kayaknya yang bakal menjadi kuda hitam ini Jazil, karena posisinya saat ini startegis yakni sebagai sekretaris OC Muktamar," katanya.

Terlepas dari siapapun nanti yang terpilih, Firdaus berpesan jika posisi sekjen sangat strategis, karenanya harus bisa mengkomunikasikan dengan semua unsur penunjang kebangkitan partai. "Harus bisa komunikasi dengan kader, pengurus maupun sama ekternal," ucapnya.

Perlu diketahui, Muktamar PKB yang akan digelar di Hotel Empire Palace, Surabaya, Jawa Timur. Acara muktamar juga digelar tanggal 31 Agustus - 1 September 2014. (awa/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pemohon Suntik Mati Tarik Gugatan ke MK


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler