4 Kesalahan yang Sering Anda Lakukan Terhadap Softlens

Kamis, 19 Maret 2015 – 19:52 WIB
yahoo

jpnn.com - LONDON- Bagi wanita aktif, menggunakan kontak lensa atau softlens biasanya, menjadi pilihan dibandingkan mengenakan kacamata. Namun, ukurannya yang kecil dan tipis membuat Anda malas untuk merawat softlens.

Padahal, kesalahan dalam merawat softlens dapat mengakibatkan iritasi bahkan kebutaan bagi mata. Untuk itu, sediakan waktu sebentar saja guna membersihkan softlens agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

BACA JUGA: Ladies.. Tidur Bisa Bikin Bercinta Makin Hot Lho...

Berikut beberapa kesalahan saat merawat soflens:

1. Anda membersihkan softlens dengan air

BACA JUGA: Ini Macam-Macam Teh yang Bagus Bagi Kesehatan

"Banyak orang tidak menyadari bahwa Anda tidak bisa mencuci lensa kontak dengan air," kata dokter mata senior di UCLA Jules Stein Eye Institute, Vivian Phan, seperti dilansir laman Yahoo Health, Rabu (18/3).

Air dapat menyebabkan lensa kontak berubah bentuk, membengkak dan menempel ke mata. Hal ini dapat menyebabkan lensa kontak menggores kornea dan memberikan kuman akses mudah ke mata. Ujung-ujungna bisa menyebabkan infeksi. Lensa kontak dilarang dipakai saat berenang dan mandi.

BACA JUGA: Ini Tiga Macam Gangguan Kesehatan yang Dipicu Gadget

2. Anda tidak membersihkan softlens setelah dipakai

Setiap kali menggunakan lensa kontak, Anda perlu membilasnya dengan larutan segar dan biarkan kering

3. Anda memiliki softlens yang sama selama satu tahun.

Dalam kebanyakan kasus, menjadi hemat dan setia adalah hal yang baik. Tetapi tidak ketika datang ke kasus lensa kontak Anda. Anda harus mengganti softlens Anda setiap tiga bulan.

Penelitian menunjukkan, tidak mengganti softlens dalam enam bulan meningkatkan risiko sedang hingga keratitis mikroba berat hingga lima kali lipat.

4. Anda tidak mencuci tangan sebelum menyentuh softlens

Banyak orang tidak mencuci dengan sabun dan air sebelum menyentuh lensa kontak. Ketika Anda menyentuh lensa kontak dengan tangan kotor, maka Anda meninggalkan residu pada permukaan lensa. Artinya, Anda menempatkan bakteri kembali mata. (fny/jpnn)

 

 

 

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Hati-Hati! Ngemil Tengah Malam Bisa Rusak Otak


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler