4 Khasiat Teh Kembang Sepatu yang Ampuh Mengatasi Penyakit Ini

Minggu, 26 Mei 2024 – 02:01 WIB
Ilustrasi teh kembang sepatu. Foto: Laman Prevention

jpnn.com, JAKARTA - TEH merupakan minuman yang disukai banyak orang. Salah satu teh yang populer ialah teh kembang sepatu.

Kembang sepatu memang merupakan bunga yang indah, tetapi tidak banyak yang mengetahui segudang manfaatnya bagi kesehatan Anda.

BACA JUGA: Ketahuilah, Ini Manfaat Teh Kembang Sepatu bagi Kesehatan

Teh kembang sepatu merah dengan rasa yang tajam tidak hanya enak, tetapi juga membantu Anda menjadi sehat.

Konon masyarakat kawasan Afrika sudah sering memanfaatkan kembang sepatu untuk kesehatan jantung.

BACA JUGA: 7 Khasiat Rutin Mengonsumsi Pare Rebus, Bantu Obati Penyakit Ini

Anda bisa meminumnya dingin atau panas, tetapi pastikan untuk memasukkan teh kembang sepatu ke dalam rutinitas harian kamu.

Melakukannya akan memberi Anda banyak manfaat, mulai dari jantung yang lebih sehat hingga kulit bercahaya.

BACA JUGA: 3 Khasiat Teh Kembang Sepatu, Wanita Pasti Suka

Terkejut mendengarnya? Nah, berikut beberapa alasan yang akan membuat Anda memasukkan teh kembang sepatu ke dalam hidup Anda dan mendapatkan manfaatnya yang luar biasa.

Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Healthshots.com.

1. Membantu penurunan berat badan

Jika Anda ingin menurunkan berat badan beberapa kilogram agar kembali bugar, teh kembang sepatu bisa membantu, tentu saja bersama dengan rutinitas olahraga kamu.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di PubMed Central mencatat bahwa teh kembang sepatu tidak hanya membantu menurunkan berat badan, tetapi juga mengurangi lemak tubuh. Selain itu, juga bisa membantu mencegah obesitas.

2. Mencegah infeksi bakteri

Infeksi bakteri bisa menyebabkan Anda menjadi sangat sakit. Oleh karena itu, yang terbaik adalah mengambil tindakan untuk mencegahnya.

Ternyata kembang sepatu bisa membantu mencegah bakteri.
Studi lain yang dipublikasikan di PubMed Central mengamati bahwa kembang sepatu bisa menghambat aktivitas E. Coli, bakteri yang diketahui menyebabkan infeksi saluran kemih.

3. Membantu mengontrol tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi bisa membuat jantung bekerja ekstra keras dan dalam jangka panjang akan membahayakan kesehatan jantung. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengendalikannya.

Teh kembang sepatu memiliki khasiat yang bisa membantu menurunkan penyakit tekanan darah tinggi.

Faktanya, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition menunjukkan bahwa teh kembang sepatu efektif menurunkan tekanan darah pada orang-orang dengan tingkat tekanan darah agak tinggi serta mereka yang berisiko terkena tekanan darah tinggi.

4. Penuh dengan antioksidan

Anda membutuhkan antioksidan untuk melawan radikal bebas yang merupakan senyawa penyebab kerusakan sel kita.

Mengingat kembang sepatu sangat kaya akan antioksidan, bunga ini mengatasi penumpukan radikal bebas dan membantu Anda menghindarinya.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di PubMed Central bertajuk “Potensi antioksidan dan detoksifikasi obat dari ekstrak Hibiscus sabdariffa anthocyanin” mencatat bahwa ketika tikus diberi ekstrak kembang sepatu, efek radikal bebas dalam tubuhnya berkurang sebesar 92 persen.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 4 Manfaat Makan Bawang Putih Mentah, Baik untuk Penderita Penyakit Kronis Ini


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler