4 Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil yang Tidak Terduga

Selasa, 13 Februari 2024 – 07:01 WIB
Alpukat. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - APAKAH Anda suka mengonsumsi alpukat? Alpukat merupakan buah yang kaya akan berbagai nutrisi dan baik untuk ibu hamil.

Hal ini karena buah alpukat mengandung asam lemak tak jenuh tunggal sehingga mempunyai manfaat bagi perkembangan sang jabang bayi.

BACA JUGA: 10 Manfaat Luar Biasa Alpukat, Bantu Cegah Serangan Penyakit Ini

Anda bisa mengonsumsi alpukat dalam bentuk jus, smoothie, salad, dan lainnya.

Berikut ini beberapa manfaat buah alpukat untuk ibu hamil, seperti dilansir laman Genpi.co.

BACA JUGA: 4 Teh Herbal Terbaik yang Aman Dikonsumsi Ibu Hamil

1. Mempunyai kandungan asam folat

Asam folat adalah nutrisi utama pada masa kehamilan yang memproduksi dan memelihara sel-sel baru sehingga mencegah terjadinya cacat lahir pada bayi.

Memenuhi kecukupan folat selama trimester pertama kehamilan sangat penting karena sistem saraf pusat bayi (termasuk otak dan sumsum tulang belakang) sedang terbentuk di masa ini.

BACA JUGA: 6 Buah yang Harus Dihindari Ibu Hamil

Selain itu, asam folat juga bermanfaat untuk mencegah komplikasi kehamilan seperti depresi, anemia, cacat lahir, keguguran, dan preeklampsia.

2. Sumber lemak baik

Alpukat diperkaya dengan kalori dan lemak tak jenuh tunggal. Lemak tak jenuh tunggal adalah lemak baik yang membantu Anda mencukupi kebutuhan kalori yang dibutuhkan.

Manfaat lain dari lemak baik di dalam alpukat untuk ibu hamil adalah meningkatkan kesehatan jantung, mengatur kadar gula darah, dan membuat Anda tetap kenyang.

Tidak hanya itu, lemak baik juga dapat membantu memperkuat struktur sel membran bayi hingga meningkatkan kualitas tidur ibu hamil.

3. Terdapat kandungan serat yang dibutuhkan ibu hamil

Seorang ibu yang tengah hamil pastinya tersiksa jika merasakan sembelit.

Oleh karena itu, mengonsumi buah alpukat sangat disarankan karena di dalamnya terkandung serat yang baik untuk metabolisme.

Tidak hanya itu saja, dikutip dari sebuah penelitian yang terbit dalam jurnal Food Science & Nutrition, mengonsumsi makanan yang kaya akan serat seperti alpukat juga bisa membantu mengurangi risio diabetes gestasional dan preeklampsia.

4. Kaya akan kandungan antioksidan

Tahukah Anda bahwa alpukat mengandung likopen dan beta karoten? Kedua zat ini merupakan antioksidan yang sangat bermanfaat untuk tubuh.

Oleh sebab itu itu, manfaat alpukat yang satu ini baik untuk ibu hamil atau bumil karena antioksidan bisa meningkatkan regenerasi sel reproduksi di dalam tubuh.(genpi/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 3 Manfaat Alpukat untuk Rambut yang Bikin Kaget


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler