4 Manfaat Kesehatan Dari Apel

Jumat, 08 Desember 2017 – 17:13 WIB
Apel: FOTO: Puguh Sujiatmiko/Jawa Pos/JPNN

jpnn.com - Apel atau Malus domestica adalah buah yang pada mulanya berasal dari Asia Tengah, namun seiring dengan perkembangannya buah apel saat ini sudah tersebar merata keseluruh dunia.

Apel merupakan buah yang identik dengan warna kulit buah yang berwarna merah. Hampir semua orang tentu sudah tidak asing lagi dengan bentuknya yang bulat.

BACA JUGA: 5 Makanan ini Mengandung Serat Tinggi

Karena apel digolongkan ke dalam jenis buah-buahan, maka apel mengandung berbagai nutrisi dan vitamin yang sangat berperan penting untuk meningkatkan kualitas kesehatan.

Berikut ini beberapa manfaat kesehatan dari apel, seperti dilansir laman Gayot, Kamis (7/12).

BACA JUGA: Yuk Rutin Konsumsi Buah Apel

1. Apel Kaya Antioksidan.

Sesuai dengan namanya, antioksidan mencegah oksidasi sel, yang merusak sel, meningkatkan penuaan dini dan membuat rentan terhadap penyakit.

BACA JUGA: Makan Apel Setiap Hari Bikin Awet Muda

Di sisi lain, antioksidan menetralkan radikal bebas.

Secara khusus, apel kaya akan antioksidan anti-virus dan anti-inflamasi yang disebut flavonol (jangan dikelirukan dengan flavanol yang ditemukan dalam dark chocolate).

Mengonsumsi apel mengurangi peradangan dan membuat tubuh Anda lebih basa.

2. Apel Melawan Kanker.

Untuk memecahnya lebih jauh lagi, jenis super flavonol yang ditemukan di apel mengandung quercetin.

Quercetin bisa melawan berbagai penyakit serius termasuk kanker, menurut American Cancer Society. Quercetin pada pada dasarnya membantu tubuh mengatasi radikal bebas.

3. Apel adalah Fiber Champs.

Apel juga kaya akan serat dan mengandung empat gram per buah sedang. Serat khusus ini disebut pektin, yang berfungsi sebagai zat pengental di usus.

Itulah sebabnya di banyak budaya, apel secara tradisional disajikan untuk mengobati diare. Serat sangat penting karena berbagai alasan, mulai dari menurunkan kolesterol, mencegah plak menyumbat arteri Anda dan menstabilkan kadar gula darah untuk melawan diabetes tipe dua untuk mencegah kanker.

Selain serat, apel merupakan sumber vitamin C yang baik, aneka vitamin B, beta karoten dan beberapa mineral seperti kalsium dan potassium.

4. Apple A Day.

Cara terbaik untuk menikmati banyak manfaat kesehatan dari apel adalah memakannya dalam keadaan mentah, bersama kulit dan sebagainya.

Karena itu, pastikan membeli apel organik bila memungkinkan untuk menghindari menelan pestisida atau residu kimia.

Bahkan saat Anda membeli buah organik, ada baiknya mencuci kulit dengan air dingin dan menggosoknya seperti yang Anda lakukan saat mencuci piring.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 3 Buah Ini Ampuh Bikin Tubuh Ramping loh


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
apel  

Terpopuler