4 Manfaat Kunyit yang Bikin Kaget

Jumat, 14 Juni 2024 – 02:00 WIB
Ilustrasi kunyit. Foto: Laman MSN

jpnn.com, JAKARTA - KUNYIT merupakan salah satu bumbu dapur populer yang biasanya digunakan dalam berbagai hidangan gurih.

Kunyit merupakan salah satu bahan utama untuk hidangan seperti nasi kuning, gulai, rendang, dan lainnya.

BACA JUGA: 6 Khasiat Teh Kunyit yang Tidak Terduga

Namun selain itu, kunyit juga telah lama terkenal sebagai herbal yang bisa membantu mengatasi beberapa masalah kesehatan.

Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Healthshots.com.

BACA JUGA: 6 Manfaat Kunyit yang Cukup Unik dan Tidak Biasa

1. Kunyit adalah akar kehidupan

Digunakan untuk membumbui segala macam olahan, kunyit, akar dari keluarga jahe juga mendapat tempat dalam perawatan kecantikan dan digunakan untuk mencerahkan kulit kusam.

Namun, tahukah Anda bahwa kunyit yang ramah lingkungan ini memiliki sifat antiinflamasi dan dikatakan bisa membantu mengatasi nyeri radang sendi dan kekakuan sendi?

BACA JUGA: 5 Bahaya Mengonsumsi Kunyit Berlebihan, Penyakit Ini Bakalan Mengintai Anda

Faktanya, sebuah penelitian tahun 2017 yang meninjau efek kurkumin pada kesehatan manusia, pigmen kuning cerah yang memberi warna pada kunyit, menyatakan bahwa kunyit memiliki efek yang sama dengan ibuprofen dalam menghilangkan rasa sakit dan gejala radang sendi lainnya.

2. Melindungi Anda dari sindrom metabolik

Ditandai dengan tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, berat badan berlebihan di sekitar pinggang, dan kadar kolesterol tinggi, sindrom metabolik meningkatkan risiko Anda terkena penyakit jantung dan diabetes.

Manfaat kunyit, menurut studi tahun 2017 yang diterbitkan dalam jurnal Foods, bisa meningkatkan interaksi tubuh Anda dengan insulin, menurunkan tekanan darah, dan mengendalikan stres oksidatif.

Ini juga bisa menurunkan kadar trigliserida Anda, sehingga menjaga kesehatan jantung Anda.

3. Bisa menyembuhkan luka

Selain mengurangi rasa sakit dan peradangan, manfaat kunyit juga bisa menyembuhkan luka dengan cepat.

Sebuah makalah penelitian tahun 2016 yang diterbitkan dalam jurnal Current Pharmaceutical Biotechnology menyatakan bahwa kurkumin tidak hanya merangsang proses penyembuhan luka, tetapi juga mempercepatnya.

Kunyit juga memiliki khasiat antibakteri, antijamur, dan antivirus.

Belum lagi, bisa mengurangi nyeri otot pasca olahraga. Karena kunyit terkenal sebagai antiinflamasi yang kuat, banyak penelitian yang memujinya sebagai cara yang bagus untuk meredakan nyeri otot setelah olahraga intensif.

4. Kendalikan gejala depresi

Sebuah studi tahun 2013 yang diterbitkan dalam jurnal Phytotherapy Research mengklaim bahwa dalam menghilangkan gejala gangguan depresi mayor, efek kurkumin dalam kunyit bisa dibandingkan dengan obat antidepresi.

Penelitian tertentu juga menunjukkan bahwa hal itu meningkatkan aktivitas otak, khususnya dengan membantu pertumbuhan protein yang mengatur kelangsungan hidup sel saraf dan meningkatkan kadar serotonin dan dopamin.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Segudang Manfaat Kunyit untuk Kecantikan


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler