4 Parpol Dapat Penghargaan Keterbukaan Informasi

Jumat, 12 Desember 2014 – 17:20 WIB
4 Parpol Dapat Penghargaan Keterbukaan Informasi. Foto INDOPOS/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA -- Komisi Informasi Pusat (KIP) memberikan penghargaan keterbukaan informasi pada badan publik yang selama ini mengedepankan transparansi. Termasuk terhadap partai politik.

Menurut Ketua KIP Abdulhamid Dipopramono dari 12 partai politik hanya 4 yang mendapatkan nilai dan masuk kategori transparan.

BACA JUGA: JK Tantang Ical Pecat Kader Golkar Penolak Perppu

"Dari 12 parpol yang diberikan kuesioner penilaian mandiri oleh Komisi Informasi, hanya 4 parpol saja yang mengembalikannya. Jadi mereka yang mendapatkan nilai keterbukaan informasi," ujar Abdulhamid yang membacakan kategori penghargaan tersebut di hadapan Wakil Presiden Jusuf Kalla di Istana Wapres, Jakarta, Jumat, (12/12).

Empat partai politik itu adalah Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) yang mendapatkan nilai tertinggi yaitu 57. Disusul Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan nilai 31. Dilanjut Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan nilai 22 dan Partai Amanat Nasional (PAN) nilai 16.

BACA JUGA: Alex Noerdin Ternyata Kirim Utusan di Munas Ancol

Abdulhamid mengatakan, seperti badan publik lainnya, keempat parpol tersebut melalui tahapan penilaian yaitu penilaian mandiri dan verifikasi website serta visitisasi. Hasil penilaian berdasarkan penilaian akhir dari kuesioner yang dikembalikan parpol pada KIP. Tidak ada politikus dari empat parpol itu yang hadir dalam pemberian penghargaan oleh wapres tersebut. Hanya ada PAN dan Gerindra yang diwakili kadernya.

Sementara itu, JK usai memberikan penghargaan mengaku turut mengapresiasi dan memberi selamat pada Partai Gerindra. Ia berharap parpol lainnya juga mengedepankan transparansi pada publik.

BACA JUGA: JK Setuju Ada Munas Rekonsiliasi Golkar

"Saya ucapkan selamat kepada kementerian, lembaga, BUMN, universitas, termasuk parpol yang dapat penghargaan. Termasuk Gerindra, karena jadi pemenang tunggal," ujar wapres. (flo/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Idrus Tuding Ada Oknum Parpol Pro-Jokowi Recoki Golkar


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler