4 Teh dengan Segudang Manfaat untuk Tubuh

Selasa, 15 Februari 2022 – 05:33 WIB
Teh (Ilustrasi). Foto: Erwin/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - SELAIN kopi, teh juga merupakan minuman yang disukai banyak orang.

Anda bisa minum teh di pagi, bahkan di sore hari dengan biskuit enak mengisi perut kamu.

BACA JUGA: 5 Manfaat Teh Daun Salam Campur Madu, Wanita Pasti Suka

Teh banyak disukai karena selain rasanya yang enak, juga mengandung berbagai manfaat sehat.

Beberapa jenis teh ini bisa memberi keajaiban untuk tubuh. Apa saja itu?

BACA JUGA: 6 Manfaat Teh Bawang Bombay Campur Daun Salam, Nomor 3 Bikin Anda Bahagia

Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Medicalnewstoday.

1. Teh hijau

BACA JUGA: 3 Pilihan Teh yang Ampuh Atasi Sembelit

Favorit bagi peminum teh di mana-mana, teh hijau telah dipuji karena khasiat obatnya selama bertahun-tahun.

Beberapa penelitian terbaru telah mengkonfirmasi beberapa manfaat teh hijau, menunjukkan teh hijau bisa melindungi berbagai aspek kesehatan kita.

Pertama-tama, minuman ini telah ditemukan untuk meningkatkan fungsi kognitif, dengan satu penelitian menghubungkannya dengan memori kerja yang lebih baik.

Peneliti dari University Hospital of Basel di Swiss menemukan orang sehat yang setuju untuk mengonsumsi minuman ringan yang mengandung 27,5 gram ekstrak teh hijau menunjukkan aktivitas yang lebih intens di area otak yang terkait dengan memori kerja.

Oleh karena itu, partisipan yang mengonsumsi ekstrak teh hijau memiliki konektivitas yang lebih baik antara lobus frontal dan parietal otak, yang merupakan dua wilayah yang terlibat dalam aspek pembelajaran, proses memori, dan pengambilan keputusan.

Manfaat kesehatan yang dibawa oleh teh hijau telah dikaitkan dengan kandungan polifenolnya, yang merupakan mikronutrien dengan sifat antioksidan.

Sebagai antioksidan, zat ini bisa melindungi terhadap aksi radikal bebas, yang menyebabkan jenis kerusakan sel yang konsisten dengan penuaan.

2. Teh melati

Teh melati adalah jenis minuman yang biasanya berbahan dasar teh hijau, yang ditambahkan bunga melati untuk menambah aroma.

Namun, manfaat teh melati tidak semata-mata karena efek antioksidan dari tanaman teh.

Dalam buku Ikigai: Rahasia Jepang untuk Hidup Panjang dan Bahagia, penulis Héctor García dan Francesc Miralles mencatat penduduk komunitas yang sehat dan berumur panjang di Prefektur Okinawa Jepang adalah peminum Sanpin-cha, campuran khusus teh hijau dan melati.

3. Teh Rooibos

Jenis teh lain dengan sifat antioksidan adalah rooibos, atau “teh redbush,” yang dibuat dari tanaman Aspalathus linearis asli Afrika Selatan.

Penelitian telah menunjukkan efek antioksidan rooibos mirip dengan, jika tidak sekuat, teh hijau.

4. Teh kembang sepatu

Anda yang menikmati rasa menyegarkan dari minuman yang lebih asam mungkin juga akrab dengan infus herbal kembang sepatu, tanaman yang bunganya bisa digunakan tidak hanya untuk membuat minuman yang menyegarkan, tetapi juga untuk memberikan "pukulan" halus pada salad, atau sebagai hiasan elegan untuk hidangan canggih.

Teh kembang sepatu adalah antioksidan dan bisa membawa manfaat kardiovaskular.

Varietas yang paling umum digunakan adalah Hibiscus sabdariffa, juga dikenal sebagai “roselle.”

Untuk teh atau, lebih tepatnya "tisane" (teh herbal) kelopaknya biasanya digunakan, meskipun bagian lain dari tanaman, seperti daun, biji, dan akar, aman untuk dikonsumsi.

Studi menunjukkan ekstrak dari kelopak kembang sepatu dan daun kembang sepatu memiliki efek antioksidan dan antitumor.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler