40 Bakal Calon Kada Daftar ke Gerindra untuk Pilkada di Aceh

Selasa, 14 Mei 2024 – 22:19 WIB
Bacalon Bupati Bener Meriah Tagore Abubakar (kiri) saat menyerahkan berkas pendaftaran ke Sekretaris DPD Gerindra Aceh Abdurahman Ahmad, di Banda Aceh, Selasa (14/5/2024) (ANTARA/Rahmat Fajri).

jpnn.com - BANDA ACEH - Dinamika perpolitikan di sejumlah daerah di Aceh mulai semarak jelang pelaksanaan Pilkada serentak 2024.

Sebanyak 40 tokoh tertarik maju sebagai bakal calon kepala daerah lewat Partai Gerindra.

BACA JUGA: Pilkada Bogor 2024, PKS Sodorkan 2 Nama ke Gerindra

"Sampai dengan hari ini sudah ada 40 bakal calon yang mendaftar ke kami melalui DPC Gerindra di 23 kabupaten/kota se Aceh," ujar Sekretaris Gerindra Aceh, Abdurrahman Ahmad, di Banda Aceh, Selasa (14/5).

Pernyataan itu disampaikan Abdurahman seusai menerima berkas pendaftaran dan penyampaian visi-misi bakal calon Bupati Bener Meriah Tagore Abubakar bersama calon Wakilnya Armia, di kantor Gerindra Aceh, di Banda Aceh.

BACA JUGA: Pengawas Pilkada Penting Mendapatkan BPJS Ketenagakerjaan

Dirinya menyampaikan, dari 40 bakal calon tersebut yang baru diterima untuk penyampaian visi-misi kepada Gerindra Aceh hanya tujuh kandidat.

Yaitu, asal Aceh Utara, Bener Meriah, Banda Aceh, Subulussalam dan tiga dari Simeulue.

BACA JUGA: Lulus Verifikasi PPS, 602 Orang Segera Ikuti Ujian CAT

"Untuk penyampaian visi-misi bakal calon yang mendaftar masih terus berlangsung. Sudah dijadwalkan waktu mereka datang ke kantor Gerindra Aceh," ucapnya.

Selain itu, dirinya juga menuturkan bahwa dari semua kandidat mendaftar hanya enam daerah yang merupakan kader Gerindra murni. Yakni, dari Abdya, Subulussalam, Aceh Tenggara, Aceh Utara, Nagan Raya dan Aceh Tamiang.

"Karena tidak terbatas, selebihnya pendaftar ke Gerindra itu dari berbagai kalangan, hingga pengusaha," katanya.

Anggota DPR Aceh itu menambahkan terhadap semua bacalon yang mendaftar segera dilakukan survei terlebih dahulu jika memungkinkan, atau nantinya melalui pembahasan secara internal melihat elektoral kandidat.

Setelah semua mekanisme partai dilaksanakan selanjutnya ditetapkan siapa pasangan calon dengan elektabilitas tinggi untuk dibawa ke pimpinan pusat.

"Jadi nantinya Aceh meneruskan ke DPP siapa yang tinggi elektoralnya, serta pertimbangan lainnya dari bacalon untuk ditetapkan dukungan," ucapnya.

Jika sudah ada keputusan DPP, lanjut dia, maka Gerindra Aceh hingga kabupaten/kota bakal bekerja semaksimal mungkin untuk memenangkan pasangan calon yang didukung.

"Kita bekerja semaksimal mungkin untuk pasangan calon yang ditetapkan DPP. Termasuk menggerakkan semua sayap partai di seluruh Aceh," kata Abdurrahman Ahmad. (Antara/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

BACA ARTIKEL LAINNYA... MoU NPHD Pengamanan Pilkada 2024, Pj Gubernur Sumsel: Mari Bersama Menjaga Iklim yang Kondusif


Redaktur & Reporter : Kennorton Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler